Kamis, 28 April 2011

Lima Tahun Menjadi Ibu

Mendapatkan pendamping hidup yang baik sesuai kreteria adalah keinginan setiap manusia, memiliki keluarga bahagia saling pengertian adalah harapan setiap insan. Wanita menjadi ibu adalah anugrah...pria menjadi pemimpin yang sempurna adalah impian. Hingga hadir di tengah2 kita permata hati yang mungil sempurna adalah harta yang tak ternilai bagi kita.

Alhamdullilah Enam tahun sudah pernikahan kami berjalan.....meskipun kata orang masih seumuran jagung tetapi perjalanan yang tidak mudah untuk di lalui...ada banyak hal yang ditemui, di tambah lagi tugas extra yang harus dilakukan yaitu mendidik anak-anak supaya kelak besar nanti bisa menjadi anak yang dapat berbakti pada kedua orang tua, nusa dan bangsa ini. Sebenarnya aku hanya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang apa yang aku alami pada keluarga kecilku..

Impianku memiliki keluarga Alhamdulllah telahpun terkabulkan, ...meskipun menjadi istri dan ibu yang baik bagi keluarga tidak mudah ..tetapi aku harus tetap berusaha untuk menjadi yang terbaik, ' dari tidak bisa masak menjadi bisa karna suami dan anak suka makan, dari gak bisa bikin kue jadi bisa bikin kue karna suami dan anak suka ngemil, yang dulunya malas beres2 sekarang rajin banget karna ingin menjaga kesehatan suami dan anak, dari suka nonton drama jadi suka nonton karun gara2 sering nemenin anak, dari gak suka nonton bola jadi pernah nonton bola gara2 suami hebohnya minta ampun waktu piala dunia dan AFF ….dan banyak hal lainnya. Karna itu untuk menjadikan sebuah keluarga yang aman damai maka lakukanlah dengan keiklasan, kesabaran, jika yang satu panas maka harus ada yang dingin, jika ada keras maka harus ada yang lembut, jika istri marah suami cukup mendengarkan hehehe, jika suami menasehati istri berusaha menerima. (sedikit nasehat untuk aku dan keluarga sahabat yang baru atau ingin dibina ).

Nama anak saya Dini..udah pada tau dong ya...soalnya hampir setiap minggu ada postingan tentang Dini ku tercinta itu, kini usianya sudah 5 tahun 1 bulan. Dini yang mulai cerewet, banyak maunya, protes, banyak ngelesnya kalau disuruh, belum lagi melawannya. Tapi itulah anak-anak pada saat usia yang keingin tahunya banyak sekali.....membuat kita para ibu dibuat kewalahan olehnya. Apakah kita menghadapinya dengan Emosi, marah mungkin...atau kesel atau mungkin sabar banget. Hanya sang ibu yang tau apa yang harus dilakukannya. Alhamdullilah aku masih dapat melakukannya dengan baik semenjak ia lahir hingga ia berumur 5 tahun 1 bulan...dan akan tetap terus menjaga, melihat, mendidik dan sampai akhirnya ia mandiri bisa dilepaskan untuk keluarganya nanti.

Menjadi ibu itu melatih kesabaran dan emosi....apalagi anak2 seusia dini , kita kudu sabar banget menghadapinya.... karna anak-anak tidak bisa dididik dengan kekerasan justru dengan kekerasan anak tersebut akan berontak dan melawan. Hingga anak tidak menurut pada orang tua.

Ada banyak kendala dan hal yang sedang kita alami pada anak , tapi apakah kita punya solusinya...aku punya sedikit masukan berdasarkan pengalaman aku merawat anakku tercinta selama lima tahun menjadi Ibu ini....yuk mari :


1. Bagimana mendidik dan mengarahkan anak-anak.

Biarkan anak melakukan apa yang ia inginkan...kita sebagai ibu dan ayah cukup melihat dan memperhatikan apa yang menjadi keinginannya. Ada saatnya kita datang untuk menanyakan...yaitu pada saat ia dalam kesulitan , kita berusaha membantu dan mencari solusi sehingga jalan terbaik akan didapatkan olehnya. Jangan paksakan sesuatu hal yang anak-anak tidak suka karna dengan memaksakan kehendak anak tidak akan sepenuh hati melakukannya.

2. Mendapati anak Nakal dan susah diatur

Anak nakal itu biasa namanya juga anak-anak ya...kalau gak nakal bukan anak2 namanya ( pengalaman pribadi ). Aku masih inget banget ponakanku yang pertama anaknya Nakalllllll banget...sampai2 kakakku udah kewalahan mendidiknya dari dipukul, dipaksa makan cabe, dikurung ..gak dibukain pintu..tetep juga nakal ....sebenarnya hal begini bukan memecahkan suatu masalah atau anak menjadi baik dan penurut...justru anak akan semakin marah, dendam dan mungkin berontak ( ini hal nyata ).

Seharusnya kita belajar dari apa yang orang tua kita ajarkan kepada kita dulu. Ayahku gak pernah marah kepada anak2nya dia sangat pendiam dan sedikit bicara......cukup beri pilihan pada anak apa yang ia inginkan, jika apa yang ia inginkan gagal maka harus ikuti kata2 Ayah, berikan dia pilihan mau A atau B...tapi tetap memperhatikan dari kejauhan. Alhamdullilah cara ini ternyata berhasil ( pengalaman pribadi )

“ seperti Dini, ..mungkin dia masih terlalu kecil tapi jangan salah, anak2 seperti ini harus mulai diajarkan bagaiman berdisiplin, saling berbagi, bertanggung jawab dan menghormati agar kelak ia dapat mengendalikan dirinya jika besar nanti.

Beri sedikit sanjungan, pujian kepada anak, karna anak2 hanya suka akan hal sanjungan dan pujian tapi jangan berlebihan dan sewajarnya saja.....sanjungan yang di berikan agar sianak bersemangat untuk melakukan hal-hal baik dan menjauhi hal2 jahat.

Contoh : Dini pintar ya....adek Sasa pun pintar, adek Sasa gak nakal ....kalau anak sholeh itu habis selesai main di rapikan, kalau mau masuk surga itu makannya duduk yang sopan dan jangan lupa baca doa. Dini mau sehat gak...kalau mau sehat makan sayur yang banyak yaaaaa, kalau anak Nakal itu gak punya kawan ( dijamin anak nakal yang susah diatur akan nurut karna pengalaman pribadi )

3. Perlukah menggunakan kekerasan

Kekerasan itu sebenarnya tidak menyelesaikan semua masalah...justru mengudang masalah....

Contoh : Diniiiiiiii beresin gak mainanya, awas ya kalau gak dibereskan ibu cubit nanti , Diniiiiiiiiii belajar gak..kalau gak belajar gak usah ikut ibu, Diniiiii tidur gak kalau gak mau tidur biar besok gak usah sekolah aja, pasti Dini akan berkata Ibu nich jahat kali lah sama Dini..ibu nich marah2 terus sama Dini...ibu gak sayang Dini ya..kalau sayang gak bolehlah marah2 , atau mungkin Dini hanya duduk diam tanpa melakukan apa2 yang diperintahkan...sehingga dia menjadi depresi.

Keras boleh terhadap anak tapi ada batasnya....jika anak tidak lagi bisa di kasih tau diperbolehkan kita orang tua untuk memukul...di kaki mungkin, atau pantat mungkin tapi jangan dengan rotan atau sebangsa yang membahayakan anak...cukup dengan pukulan peringanatan dan pukulan kasih sayang seperti di gelitikin nah dengan cara ini Dini paling ampuh...

4. Zaman yang mulai canggih dan mudah

Anak2 itu banyak maunya ….itu sudah tentu, karna kita juga dulunya pernah menjadi anak-anak yang banyak keinginan. Pengen ini dan itu...tinggal kita sebagai orang tua memilihkan apa yang menjadi keinginannya tapi???? harus sesuai dengan usianya. Sementang banyak duit pengen anaknya seneng masih SD di kasih HP BB , mau naik motor dibebaskan naik motor sendiri kesekolah, mau berangkat ngaji sendiri naik sepeda atau jalan kaki aja....nah kalau si anak bisa lihat Vidio Porno, jatuh dari motor tabrakan misalnya...jangan salahkan si anak...ini murni salah orang tua yang begitu memberi kemudahan kepada anak. Jadi untuk menghidari itu cukup berikan apa yang sesuai dengan usianya. Kasih kepercayaan pada anak sesuai dengan usia dan apakah benar2 si anak sudah bisa dikasih kepercayaan atau belum.

Contoh : bu belikanlah Dini komputer biar bisa main game..., bu pinjamlah laptop ibu dini mau ngeblog ( hehehhe 5 th emang bisa ngeblog ...ada2 aja ). Zaman yang mulai canggih sekarang ini jangan kita para orang tua bisa dipermainkan atau di bodohi....belajar dari pengalaman kita dulu aja, jadi lebih dekatlah kita pada anak karna sebenarnya anak-anak itu butuh perhatian. Jika punya duit boleh aja nurutin si anak yang minta dibelikan Komputer kayak permintaan Dini , kebetulan ayahnya punya duit dapet deh dia komputer tapi komputer Tutor khusus untuk anak-anak.Kalau gak punya duit...bilang aja nanti ya, Dini belajar yang rajin biar juara, trus duit yang di kasih ayah, oma di tabung biar banyak nanti bisa beli komputer.

**

Ada banyak cara untuk menghadapi anak, membahagiakan anak, tinggal kita pilih saja jalan apa yang kita pilih dan yang dapat kita berikan kepada anak. Berusaha lebih dekat , memahani dan perhatikan tanpa membuat si anak kesal kepada kita. Insyaallah semua bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita inginkan ...lebih bahagia dan bersyukur sekali kita para orang tua jika anak usia dini menurut hingga ia berumur dewasa.

Alhamdullilah dengan caraku sekarang ini, Dini yang usia 5 tahun susah bisa bertanggung jawab, disiplin, nurut dan dia mulai tau ... kapan dia musti main, kapan dia mandi, kapan dia tidur, kapan dia mengaji dan sekolah semua dilakukan tanpa paksaan dan dia melakukannya juga dengan senang hati...tidak jarang dia yang mengingatkan ibunya jika lupa..... Semoga saja ia dapat menjalankan ini sampai dewasa. Amin.....

Postingan ini untuk Giveaway Bayu Family yang sebentar lagi akan menjadi ayah dan sang istri menjadi ibu …..semoga bisa bermanfaat dalam mendidik anaknya kelak sampai seusia Dini. Karna kelanjutan Dini dewasa masih samar-samar.



Untuk istri tercintanya Bayu Family Uzlifahtul Fitriah selamat Milad yang ke 20 tahun ya ...semoga panjang umur, murah rejeki, menjadi istri Sholehah juga ibu yang sabar , baik bagi anak-anak, sehat selalu, dilancarkan apa yang menjadi impian dan keinginan.

Selamat pada usia pernikahan yang pertama.....hidup berumah tangga itu banyak rintangan jadi kita sebagai istri kudu sabar, dan iklas …. juga suami kudu perhatian dan jadilah pemimpin yang baik untuk keluarga...semoga pernikahannya langgeng sampai kakek nenek, sakinah mawadah warahmah...hingga akhir hayat memisahkan. Aminnnn.


Terimakasih



Rabu, 27 April 2011

Award Persahabatan Bayu Family

Pagi ini cuma mau kasih kabar bahagia karna aku dapat Award lagi yang diberikan oleh Arief Bayu Saputra pemilik Blog Flash .
Award yang diberikan ini sebagai penyemangat Giveaway yang diadakan olehnya sebagai kado istimewa untuk istri tercinta yang sedang merayakan Miladnya yang ke 20 tahun pada tanggal 23 April kemarin.

Untuk Sang istri selamat Milad ya....semoga dimurahkan rejeki, panjang umur , sehat selalu serta persalinan yang lancar tanpa hambatan ibu dan anak diberikan kesehatan dan keselamatan. Untuk Bayu Family keluarga kecil bahagia , sejahtera dan akur selamanya....begitu juga kami...Amin.

Salam Persahabatan dari kami di Bintan-Riau.


Award Bayu Family

Selasa, 26 April 2011

Apakah ini Arti Sahabat

Sosok itu akan selalu dalam ingatanaku....ingatan yang tidak mungkin aku lupa. Satu sosok yang sudah kami abadikan dalam ikatan persahabatan sejak pertama kali aku menginjakkan kota kecil ini. Beberapa tahun bersamanya aku merasakan kalau kami sudah sangat kenal seperti dimulai sejak masa kanak-kanak...padahal perkenalan kami ketika itu hanya beberapa tahun, meskipun berjauhan kami masih selalu saja berkirim kabar.

Mungkin naluri persahabatanku bersamanya sangat kuat, sehingga pada saat gempa dasyat yang menimpa kota Padang... , pertama kali yang aku khawatirkan adalah sosok itu.....meskipun sulit menghubunginya , aku tetap terus berusaha.

Hingga akhirnya mengetahui kabarnya bagaimana, telfonku adalah kedatangan yang paling bahagia untuk dia......karna ketika itu kesempatannya untuk berkirim kabar tidak bisa, jaringan telfon yang mati dan tidak memiliki pulsa. Meminta agar aku mengisikan pulsa XL...supaya dapat menghubungi sanak saudaranya entah dimana.

Lamunanku sejenak setelah mengirim pulsa , apakah ini yang dinamakan arti sahabat? Jika ia rasanya benar-benar sungguh Indah.

Senin, 25 April 2011

Saatnya Mendengarkan (10)

Ibu...ibu...Bibi kok lama sekali datangnya, katanya kalau Dini udah bangun tidur sama udah mandi Bibi baru nyampe kerumah Dini.
bu...kok cuma Bibi sama dek Alif aja yang datang kerumah Dini, mama Sasa, Sasa sama Bude Putra kok gak datang juga...rame-rame kayak kemarin itu bu...sampai penuh rumah Dini.
bu...adek Alif masih nakal gak...masih pelit gak, nanti kalau nakal malaslah Dini kawan adek Alif..
Bu...nanti kita ajak adek Alif beli donat ya jalan2 pagi..( bentar lagi Bibi datang, adek Sasa gak datang karna Bapak adek Sasa lagi sakit...gak lah..adek Alif gak nakal sekarang udah baik dia )...oooo

Bu...tengoklah ayah tuch bu, kasetnya di serak2 gak di rapikan....tapi kok ayah lama sih bu, katanya cuma bentar aja antar mbah..tapi kok gak pulang-pulang. Ayah nih..lama kali lah mms ayah dulu lah bu ( dia jalan sambil ngambil hp mainannya ) bukan mms ..tapi sms..ehh iya dini lupa ( sambil ketawa tutup mulut ).

Bu...ibu masak apa ( sambil garu2 perut yg udah lapar ).

Bu..nanti sore kata Umi nanti Dini ngajinya jam 3 ada cerdas cermat, nanti ibu antar dini gak...nanti ibu jemput gak.
Bu..dini nanti tidur dimana...tempat nenek apa rumah tg permai. Bu nanti kalau ngaji masukin ipak lah ...infak...ehh iya dini salah ( sambil senyum tutup mulut ).

Bu..adek Sasa ngajinya udah Iqro berapa bu, adek Sasa pintar gak bu...lancar gak bu ngajinya. Bu Dini lanjutkan bu ngajinya semalam...iya.
Bu..nanti Dini mau jadi anak pintar lah , mau jadi anak sholeh biar masuk surga....nanti ibu masuk Surga gak...iyalah sama Dini, masuk neraka panas kan bu...ihh Dini takutlah.

Sudah-sudah makan dulu sarapannya nanti bentar lagi Bibi sama adek Alif datang...iya bu

**
Hari Jumat kemarin Dini tak sabar menunggu Bibinya ( adek saya no 5 ) datang, pagi2 udah bangun ...dia juga sudah menyiapkan mainan apa yg boleh di mainkan Alif, trus malamnya Alif boleh tidur dimana, dia juga mau ajak Alif jalan2 pagi sambil beli donat....
Rencana dia udah banyak banget...maklumlah mereka jarang2 sekali berkunjung kerumah karna jauh, jadi sekali ada kabar mau datang aja Dini senangnya minta ampun...kalau udah gini hari2 yang ditanyak pasti tentang kedatangan.


Kamis, 21 April 2011

Ibu Kartini & Ibu Mertua

Ingin tau lengkap siapa itu Ibu Kartini yuuuukkk mari silahkan baca disini, aku rasa para sahabat sudah pada tau ya...siapa itu Ibu Kartini, dia seorang wanita yang hebat pada masa dulu hingga dikenang sampai sekarang, dan untuk mengingat beliau setiap tahunnya kita semua selalu memperingatinya setiap tanggal 21 April adalah Hari Kartini.

Hari ini saja aku sudah membaca beberapa postingan tentang Kartini dari blog sahabat, belum lagi siaran di televisi....banyak hal yang dilakukan para ibu-ibu, anak-anak dan sekolah bagaimana cara mereka memperingatinya. Untuk itu aku perpartisipasi juga membuat satu postingan tentang Kartini.

" Tapi kenapa Ibu Kartini dan Ibu Mertua.

Sambil mikir....garuk2 kepala, usap wajah...dan pijit lengat yang sudah hampir pegal....
Ibu Kartini itu hebat, begitu juga dengan Ibu Mertuaku....dia hebat sekali bahkan, aku salut sama ibu mertuaku dan aku mungkin tidak akan bisa sepertinya.
Ibu Mertuaku ditinggal suaminya ( meninggal dunia ) sejak usia suamiku itu berumur 4 tahun....jadi kurang lebih 26 tahun ibu menjaga, mendidik, membesarkan, mengasuh anak semata wayangnya seorang diri...dan dibantu oleh Ibu kandungnya yang sekarang menjadi buyutnya Dini.

Banyak hal yang ibu lalui tetapi ia tidak pernah mengeluh apalagi ingin menikah lagi ketika itu, ia hanya berusaha agar apa yang ia lakukan bisa menjadikan anakknya sehat, tumbuh besar dan dapat menjaganya ketika Tua.

Ibu mertuaku sudah seperti ibuku....dialah pengganti ibuku yang sudah tiada, dia sangat pengertian, baik, tak pernah masuk dalam hal rumah tanggaku...meskipun banyak orang menakuti sosok ibu Mertua tetapi tidak aku. Karna sifatku diam dan tak banyak bicara...jadi hanya sedikit pembicaraan yang dapat aku lakukan kepada ibu Mertua.
Aku juga hanya sebagai pendengar yang baik jika ibu Mertuaku mengeluh, curhat dan sebagainya...sesekali hanya menaggapi jika diperlukan. Itulah caranya aku menjaga agar hubungan aku dengan ibu Mertua tetap baik dan harmonis.

Tak jarang ia memberikan makanan untuk kami, memberikan oleh-oleh bila perpergian, selalu menyisihkan makanan enak untuk kami karna itu setiap hari raya lebaran aku selalu berkumpul bersama ibu Martuaku baru aku pulang kekampung halaman.

Untuk sahabatku : jangan kau jadikan Ibu Mertua itu musuhmu, jauhkan perasangka jelek tentang ibu mertua yang banyak cerita menakutkan, jadikan ia sama seperti ibu kita...perlakukan ia dan hormati ia dengan baik dan sempurna. Karna sesungguhnya ibu yang harus di hormati selain ibu kandung adalah ibu Mertua.

Hari ini adalah Hari Kartini bertepatan juga dengan Hari Kelahiran Ibu Mertuaku yang ke 56 tahun.

Selamat Milad Ibu....
Semoga Ibu selalu diberi kesehatan, keselamatan, umur panjang, dimurahkan rejeki selalu sayang sama anakmu, menantumu dan cucumu. Harapanku semoga Ibu selalu menyayangi kami begitu juga kami akan selalu menyayanyi Ibu sampai maut memisahkan kita.

Sun sayang dan kecup rindu dari kami....i love u mother.


Ibu Mertuaku dan Suamiku ( foto ini diambil waktu pesta pernikahan kami 6 th yg lalu)

Award Ibu Haryanti Sukma

Pagi-pagi sudah bertandang kerumah tetangga ...ehhh begitu sampai di sana langsung disuguhi yang indah banget. Tau aja tuch si Tuan rumah...kalau aku ini pecinta yang indah-indah.

Siapakah tetangga baikku itu...dia dalah ibu Sukma seorang guru yang lembut hati dan tutur katannya sopan banget. Tidak memuji atau melebihkan meskipun aku belum pernah bertemu dengannya tapi aku dapat merasakan kalau beliau itu benar2 lembut. Salah satu yang terbukti adalah pemberiannya yaitu berupa Award Anggrek Bulan berwarna putih...award ini diberikan kepada beberapa sahabatnya termasuk aku di dalamnya...seneng...seneng.

Ibu Sukma tepat sekali memberikan Bunga Anggrek ini kepada aku..." kenapa?, karna aku salah satu wanita pecinta bunga Anggrek. Dulu aku sempat bela-belain beli bunga yang sudah hidup maklumlah didaerah tempat tinggalku sekarang susah sekali hidupnya untuk bunga Anggrek.
Beda sama rumah kami di Tg Pinang...bunga apa aja di tanam semua bisa hidup dengan subur , segar dan indah....ada banyak tanaman Bunga Anggrek disana, tapi sayang karna kurang perawatan karna aku disini jadi sebagian bunga ada yang mati.

Dan kebetulan juga dulu waktu kami pertama kali membentuk Dasa Wisma dan organisasi tersebut kami beri nama Dasa Wisma " Anggrek". Ibu Sukma terimakasih banyak ya...udah memberikan Award yang indah untuk aku dan sebelum melakukan aktifitas yang lain dengan cepat kilat aku ambil dan aku pajang....buktinya ini dia....
Sehat selalu untuk Ibu Sukma.


Award Anggrek Bulan dari Ibu Sukma

Rabu, 20 April 2011

Bawalah Cintaku

Sumpah tak ada lagi
Kesempatan untuk ku
Bisa bersamamu
Kini ku tau
Bagaimana cara ku
Untuk dapat trus denganmu

Bawalah pergi cintaku
Pada ke mana pun kau mau
Jadikan temanmu
Temanmu paling kau cinta
Di sini ku pun begitu
Trus cintaimu di hidupku
Di dalam hatiku
Sampai waktu yang pertemukan
Kita nanti


Lagu : Afgan

Alhamdullilah Selesai

Kegiatan Minggu kedua

Setelah 2 hari tanda tanya dan konflik yang meresahkan tidur malam aku...akhirnya terselesaikan dengan lancar dan baik-baik tadi malam. Seperti pada postinganku disini, dan sesuai rencana awal malam itu juga kami mendatangi rumah Ibu Neneng dengan tujuan mengucapkan selamat jalan, sukses selalu dan maaf yang tak terhingga atas kelalaian dan ketidak sempurnaan kami selaku pengurus yang tidak begitu baik menjalankan sebuah Organisasi.

Awalnya hanya bersilahturahmi dan memberikan berupa kenang-kenangan tetapi aku selaku bendahara dan temanku Erni , Bu Sumi, dan Bu Nia selaku pengurus juga ingin benar2 masalah ini terselesaikan sehingga tidak ada lagi salah paham dengan kurangnya informasi. Akhirnya kami memaksa ketua untuk berterus terang .....mungkin malam itu ibu Neneng agak kaget begitu juga ibu Dewi yang sebagai menyimpan rahsia Ibu Neneng yang sudah menyampaikannya kepada kami. Karna menurut aku menutupi tidak menyelesaikan masalah....aku hanya menginginkan kita yang ditinggalkan akan lebih tenang dan lebih berhati-hati lagi dalam menjalankan kepengurusan begitu juga dengan Ibu Neneng...pergi dengan hati tenang tanpa kesal, gembira dilingkungan baru dan mungkin ia bisa menjalankan organisasi dengan baik di tempat barunya.

Malam itu kami semua anggota dasa wisma hadir kecuali ibu Yati ,Melda dan ibu Mulyati yang kebetulan berhalangan hadir. Panjang lebar keinginan kami di sampaikan oleh Ibu ketua kepada Ibu Neneng, kami juga memohon maaf juga pada keluarganya....hingga malam itu terungkaplah apa yang sudah menjadi keganjalan di hati Ibu Neneng..unek-unek pun keluar ( disini aku hanya menilai kalau ia dan tetangga sebelahnya ibu Eva anggota dasa wisma juga selaku ibu RT juga kurang bersilahturahmi karna terlihat dari penyampaiannya tadi malam kalau dia bertanya ada apa dengan Ibu Eva kepada Dia ....mungkin ada masalah pribadi yang kami tidak ketahui ).

Tapi sudahlah semua sudah berakhir dan sudah berlalu...hal seperti ini menjadi pelajaran buat kami untuk lebih sensitif lagi, perhatian lagi, berhati-hati lagi. Agar organisasi yang di buat ini benar2 untuk memajukan komplek kami dan menjalin silahturahmi untuk lebih erat lagi antara satu sama lain. Bukan menciptakan permusuhan, kerenggangan antar tetangga dll )

Malam itu kami juga memohon kepada ibu2 anggota untuk lebih peduli lagi jika ada sesuatu yang harus kita perhatikan untuk segera di informasikan kepada pengurus karna jika tidak ada kerjasama yang baik dari anggota maka kepengurusan dan organisasi mungkin tidak akan berjalan dengan baik...yang hanya mengadalkan pengurusnya saja. Karna pengurus juga manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan dan memiliki kesibukan.

Setelah libur panjang Ibu Neneng akan pergi ke Papua karna dia mendapat panggilan Honor di Kantor Perhubungan. Yang sudah di rencanakan sejak awal...hanya saja kejadiannya pas tidak mengenankan bagi dia juga kami.

Bersyukur aku kepadaMu karna sudah memudahkan masalah ini sehingga terselesaikan dengan baik-baik, Alhamdullilah yang tak terhingga kepadaMu Ya Allah semua masalah terselesaikan dan tidak ada lagi selisih paham sesamanya.

**

Sebenarnya aku memiliki sifat susah tidur dan susah makan jika sedikit saja mendengar sesuatu yang tidak mengenakkan dengan apa yang sudah aku lakukan atau tanpa sengaja terucap dari mulutku. Jika ada hal-hal seperti ini maka aku ingin sekali benar2 selesai dengan secepatnya...meskipun berkata jujur terkadang menyakiti tetapi ini lebih baik dari pada menyimpan didalam hati sehingga suatu masalah tidak selesai tanpa sebagai tersalah mengetahui apa sebenarnya.

Ada bebrapa foto sebagai Documentasi Dasa Wisma...tapi untuk melengkapi postingan ini aku menghadirkan 2 foto sebagai pelengkap.

Ibu Eko ( Ketua ) dan Ibu Neneng


Selasa, 19 April 2011

Maafkan Kelalaian Kami

Kegiatan Minggu kedua

Hari ini anggota Dasa Wisma kami berkurang lagi satu yang tadinya 17 orang dan mulai besok tinggal 16 orang. Sedih juga....rata-rata mereka yang mengundurkan diri dengan alasan pulang kampung. Rencanamya nanti malam kami semua anggota mau mengunjunginya untuk memberikan kado kenang-kenangan dan ucapan terimakasih juga maaf yang tak terhingga. Karna selama bergabung dalam organisai banyak kesalahan yang ditimbulkan baik itu sengaja ataupun tidak diantara kami.

Namanya ibu Neneng, mau pulang kampung lantaran perusahaan tempat ia bekerja tutup...semua pekerja di beri pesangon dan uang terima kasih. Rencananya setelah anak-anak terima Raport dan libur panjang mereka akan pulang kekampung halaman untuk memulai suatu usaha yang sudah di rencanakan jauh2 hari sebelumnya.

Sedikit tentang Ibu Neneng..

Ibu Neneng ini pendiam, tidak banyak bicara selalu sedikit kata-kata yang keluar dari mulutnya bila ada pertemuan. Tidak pernah telat dalam membayar cicilan maupun Arisan. Tapi sering datang terlambat bila pertemuan. Anaknya dua semuanya cantik dan manis...meskipun aku tak begitu akrab dengannya lantaran rumah kami berjauhan dan jarang ketemu kecuali pertemuan atau goro tetapi aku yakin dia orangnya baik dan sabar.

Tapi ada yang mengganjal dihatiku....sehingga aku memikirkannya dan akhirnya diapun datang dalam mimpi tidur malamku. Dalam mimpiku itu rumahnya sudah kosong dan mereka sekeluarga sudah siap-siap hendak pulang kampung. Mimpi ini sebenarnya pertanda kalau ada masalah yang harus jelas, lurus dan terselesaikan diantara Ibu Neneng dan kami semua anggota terutama pengurus Dasa Wisma.

Pagi Minggu saat goro kami menerima curhatan , membuat kami semua kaget dan berfikir awalnya bermaksud mengatakannya namun tidak dibenarkan lantaran Ibu Neneng mau pergi jadi Saran dari Pokja Keagamaan sebaiknya tidak usah karna jika disampaikan akan melukai hatinya. Karna Ibu Neneng curhat sama Ibu Dewi yang diamanatkan untuk tidak mengatakannya kepada semua anggota. Tetapi Ibu Dewi mengatakannya sehingga kami semua jadi tau apa masalahnya.

Ceritanya begini :

Sudah kegiatan kami bila ada anggota ataupun jiran yang sakit minimal 2 minggu atau masuk rumah sakit kami anggota datang menjenguk. Kegiatan ini sudah disepakati dan sudah berjalan dengan baik dan tertib kurang lebih 3 th. Karna dengan cara begini bisa menjalin silaturahmi dan meringankan sedikit beban bagi yang terkena musibah.

Ternyata ada masalah yang timbul tanpa kami ketahui semua....curhat Ibu Neneng kepada Ibu Dewi saat anaknya sakit kami tidak datang menjenguk, saat suaminya sakit kami juga tidak datang menjenguk. Kabar ini sangat mengagetkan kami semua terutama para pengurus dan Pokja sosial . Terus terang kami semua tidak mengetahuinya sama sekali dan bukan kesengajakan kami untuk tidak menjengunya. Mungkin ada yang memaklumi...aku dan beberapa ibu lainnya juga punya kesibukan sehingga tidak mengetahui masalah ini....tapiiiiiii yang membuat aku heran dan tidak habis pikir sama sekali KENAPA tetangga sebelahnya pun tidak mengetahui hal ini padahal tetangga sebelah ibu Neneng itu anggota dasa wisma.

Begitu juga Ibu Dewi....kenapa dia tidak mengatakannya jika ibu neneng kena musibah justru dia hanya mendengarkan curhatan Ibu Neneng yang sudah terlanjur kesal dengan organisasi ini.

Pertanyaan saya apakah hubungan mereka tidak baik atau tidak pernah ngobrol atau tidak pernah komunikasi sesama tetangga.

Karna?? meskipun bukan anggota dasa wisma saja jika masih dalam satu lingkungan jika sakit berlarut dan terkena musibah kami pasti datang menjenguknya, apatah lagi anggota ..rasanya tidak mungkin kami cuek dan tidak perduli. Kecuali kami benar2 tidak mengetahuinya sama sekali....tapi paling tidak pasti mendengar anak si A sakit, atau anak si B kecelakaan...namanya juga tetangga Perumnas...seberapa sih jauh jarak antara rumah satu dengan satunya.

Kami sempat bertanya dan mikir2 kapan kejadian itu kamipun lupa...bukan pengurus saja yang tak tau, anggota yang rumahnya dekat sama Ibu neneng pun tidak tau. Tapiiiii Ibu Dewi selalu mengatakan pernah anaknya di rawat, pernah kok...( ini yang saya kesal sekali ) Ibu Dewi mengatakan pernah tapi dia tidak pernah mengatakan waktu kejadian itu dan dia juga tidak menjenguknya jangankan dirumah..kerumah sakit juga tidak. Duhh siapa yang salah ini.....pusing juga bila di pikirkan.

Harapanku semoga dengan kedatangan kami nanti malam tidak membuat Ibu Neneng kesal dan kesal terus terhadap kami, karna terus terang saya selaku Bendahara juga merasa tidak enak hati....dengan kejadian ini.

**

Minggu siangnya Ibu Neneng datang kerumah tapi dia tidak mengatakan apa-apa hanya menyampaikan kalau ia ingin mengundurkan diri dan mau pulang kampung. Dia juga meminta aku untuk menyelesaikan sisa hutangnya dengan uang koperasinya. Awalnya aku ingin mengatakan tapi takut ia tak enak hati....sehingga aku hanya mengatakan datanglah pertemuan nanti sore ucapkan kata2 perpisahan dan bersalam-salaman.

Hati Ibu Neneng yang terlanjur kesal hanya mengatakan aku sebenarnya malas ikut ini udah lama tapi hanya ngerame-ramein aja, tapi TENGOKLAH....( duhhh sedih sekali aku....bagaimana ini....apa yang harus aku lakukan ...aku tidak ingin ia salah paham meninggalkan komplek dan organisasi kami...aku ingin dia tenang seperti pertama kali gabung...aku ingin dia punya kesan baik dengan organisasi ini ).

Ya Allah maafkanlah atas kelalaian kami, sesungguhnya kami tidak mengetahuinya dan ini bukan kesengajaan kami Ya Allah.

Dini Mulai Bertanggung jawab

Dini jangan lupa habis maem dibersihkan sisa makanannya yang jatuh-jatuh...iya bu
Dini habis minum susu gelasnya letak di tempat cuci piring ya..iya bu
Dini habis pakai bedak sama minyak jangan lupa letak lagi di laci ..iya bu
Dini kalau ambil baju tidur jangan berantakan ya..iya bu
Dini tolong ibu tutup depan ya..iya bu
Dini kewarung belikan itu tepung bumbu sama daun sop..iya bu

Duhh enaknya kalau punya anak udah bisa disuruh-suruh ya, sedikit ringan beban ibunya dirumah. Tapi tak semua anak dapat melakukannya karna bisanya kalau si anak lagi baik hati mau aja melakukannya tapi kalau udah lagi asik dengan yang lain nonton misalnya...wuhhh jangan harap mau beranjak dari duduknya, dan kalaupun mau pasti mulutnya muncung beberapa centi ( pengalaman pribadi waktu kecil ).

Semua perintah diatas kalau aku meminta dengan baik sambil mengatakan Dini anak pintar maka semua akan dijawab dengan..” iya bu, dan dia akan melakukannya dengan senang hati meskipun terkadang suka ngeledek ' ibu lah. Tapi semua dilakukannya...tanpa merengut muncung bibir, tanpa ngomel atau ngedumel.

Tapi ada satu pekerjaan yang tidak langsung dijawab dengan kata-kata “ iya bu”. Yaitu pada saat dia selesai bermain..boneka, mewarnai, main masakan.......ketiga mainan ini dia akan mengatakan “ ala ibu nich, nanti dini capek gimana, nanti dini lemes gimana, ibu ajalah....siapa yang main, ala ibu nich...tapi nanti ibu bantu ya...( sambil merayu minta aku membantu membereskan juga ).

Beginilah suasananya....kalau dia sudah mewarnai , semua yang ada diatas meja bisa turun.... pertama dari buku , pinsil tulis, pinsil warna, crayonnya ,....belum lagi buku tulisnya dan buku mewarnainya. Terkadang ditambah dengan bermacam-macam mainan barbie dan alat2 masaknya....nanti kalau udah berantakan semua giliran beresin aja perang sama ibunya.

Dini sedang membereskan mainan, buku dan alat tulis

Suka gak tega...apalagi kalau udah lihat dia tak iklas melakukannya...dengan ngedumel, dan ocehannya itu. Dengan ini semua aku hanya bisa senyum2 sebagai pemerhati......yang membuat dia susah karna ia tak mau mengikuti saranku...( pilihlah salah satu mainan apa yang mau dimainkan...bila bosan dengan mainan yang satu makan bereskan baru ganti kemainan lain....nah dengan cara begini pasti anak-anak tidak akan lelah untuk membereskannya ).

Tapi meskipun begitu pada akhirnya aku selalu datang untuk membantunya, karna menyuruh anak2 seperti ini butuh process dan tidak boleh dengan bentakan atau kekerasaan...dengan bentakan atau kekerasaan justru anak2 akan diam tanpa melakukan apa-apa. Beda bila kita datang membantu...dengan bantuan mengajari, bagaimana cara mengumpulkan.....maka ia akan melakukannya dengan senang hati dan dengan wajah ceria juga dia akan mengatakan ibu pintar ya Dini sayang ibulah..( ini kata-kata yang keluar dari mulutnya ).

**

Sebenarnya dari semua ini aku hanya ingin melatih dia agar bisa bertanggung jawab dengan apa yang ia sudah lakukan. Karna jika tidak dengan begini mungkin ia akan malas dan apa2 harus mengandalkan ibunya untuk membereskan apa yang sudah dilakukannya. Dan mungkin akan kebawa sampai kesekolah, rumah pengasuhnya dan juga rumah temannya.

Awalnya sulit dan butuh waktu ....tapi alhamdullilah Dini sekarang sudah lebih bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan dan mulai mengikuti saranku. Meskipun masih suka berantakan tapi biarlah yang penting dia senang dan mau membereskan kembali.


Senin, 18 April 2011

Barbie and the Diamond Castle

Ketika Barbie dan Teresa sedang asyik menulis lagu sambil bermain gitar, mendadak Stacie masuk kedalam kamar sambil marah-marah ke sahabatnya Courtney. Melihat sikap sang adik, Barbie memutuskan untuk menceritakan kisah tentang dua sahabat bernama Liana dan Alexa.

Alkisah, Liana dan Alexa adalah dua teman akrab yang bekerja sebagai penjual bunga serta selalu berbagi dalam semua hal (termasuk kecintaan mereka dalam bernyanyi). Suatu hari, Liana menemukan dua intan berbentuk hati di pinggir sungai, dan menjadikannya sebuah kalung yang indah. Sudah tentu, kalung yang satu diberikan pada Alexa.

Keesokannya saat bangun, mereka mendapati kebun bunga yang telah dibangun dengan susah-payah hancur oleh terpaan badai. Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk hidup adalah menjual bunga yang tersisa dengan seharga tiga koin, yang tidak mungkin bisa membuat Liana dan Alexa bertahan hidup hingga musim panen berikut.

Dalam perjalanan pulang, keduanya bertemu dengan seorang pengemis tua dan meski kondisi pas-pasan, Liana memberikan bekal makan siangnya yaitu Roti selai pada sang nenek. Sebagai balasan atas kebaikan hati gadis itu, si pengemis memberikan sebuah cermin ajaib. Awalnya Liana tidak mau menerima hadiah tersebut namun atas anjuran sang Nenek akhirnya Liana mau mengambilnya.

Cermin menjadi mengkilat seperti barang yang sangat berharga...timbul pada pikiran mereka untuk mengembalikannya kepada Nenek tua tersebut...saat mereka sedang bernyanyi bahagia tiba2 terdengan suara nyanyia yang bersumber dari balik kaca...” Ya didalam cermin tersebut muncul wajah seorang peri bernama Melody di permukaan kacanya, yang mengisahkan tentang sebuah tempat bernama Diamond Castle dimana semua musik indah ada disana. Tempat itu sendiri awalnya dijaga oleh tiga orang peri namun seorang peri jahat Lydia mengubah segalanya.

Tidak ingin Diamond Castle jatuh ke tangan orang jahat, Phaedra dan Dori memberikan kunci kastil tersebut ke Melody sebelum keduanya diubah menjadi batu. Demi menjaga kunci Diamond Castle dari Lydia, Melody sengaja masuk kedalam cermin ajaib meski untuk itu ia tidak bisa keluar lagi untuk sementara waktu.

Melody juga mengatakan Satu-satunya harapan untuk bebas dan menyelamatkan Diamond Castle adalah kalian Liana dan Alexa,..akhirnya mereka bersedia membantu...tentu saja sangat banyak halangan dan rintangan, sejumlah mahluk unik dan (tentu saja) pada akhirnya harus berhadapan langsung dengan si peri jahat Lydia. Peri jahat Lidya yaang menginginkan Melody.

Saat sedang bernyanyi disebuah rumah makan disebuah desa mereka berkenalan dengan 2 pria tampan yang awalnya menyebalkan karna mereka merasa kalau Liana dan Alexa telah merebut lokasi dimana 2 pemuda itu bernyanyi, tapi akhirnya pemuda tersebut menyelamatkan mereka berdua.

Alexa yang selalu saja tertipu oleh sifatnya yang sangat mengingikan kehidupan layak..siapa sangka dia tertipu oleh samaran peri jahat yang berubah menjadi kedua orang tua melody..persahabatan mereka terpisah karna Liana lebih memilih jalan yang benar sementara Alexa pilih tinggal dirumah etrsebut.

Liana berjalan sendiri namun di perjalanan dia merasa ada yang aneh ternyata tebakannya benar sahabatnya sudah dibuat tidak sadar oleh Peri jahat...Dengan kalung yang ditemukan dipinggir suangi itulah mantar peri jahat dapat dikalahkan karna Liana, Alexa sadar dan mereka berdua berhasil menyelamatkan diri dan sampai akhirnya mereka dapat bertemu kembali dan atas bantuan 2 pemuda mereka berhasil sampai ketujuan yaitu istana yang sudah terkubur. Satu kunci adalah beberapa bantu yang harus ditutupi oleh pergiasan melody. Sempat terjatuh kedalam danau air berputas , atas kecerdikan mereka Lidya dapat dikalahkan.

Istana pun mucul dari dasar laut yang indah dan besar..menyusuri tempat Melody akhinya terlepas dari persembunyiannya disebuah cermin. Lagi2 Lidya mengacaukannya...tetapi belum sempat terjadi Alexa dan Liana berhasil mengalahkan Lidya.

Mereka diberi penghargaan namun kini Alexa sadar sahabat lebih penting dari pada kemewahan, mereka memilih kembali kedesanya dan dan tidak ingin tinggal diistana. Lidya yang kini menjadi patung batu atas ulanya...2 pria tampan diberi masing2 alamt musik yang cangih...Yang Liana dan Alexa minta hanya rumahnya kembali..dengan pemberian putri untuk menebar beberaa bibit dihalaman kini rumah mereka telah penuh ditumbuhi bunga2 yang indah dan canti.

**

Cerita ini hanya dongeng dan mungkin tidak nyata....tetapi anak-anak dan kita bisa mengambil hikmahnya bahwa harta dan kemewahana tidak membuat kita hidup bahagia bila ada yang terkorban. Justru kita akan kehilangan orang2 yang sudah atau tanpa kita sadari merekalah penyebab kesuksesan kita.

Seperti biasa....Dini beli kaset baru dan ibunya ikut menonton karna penasaran.....

Kabar Gembira dari Rahmawati

Saya dulu punya tetangga Rahmawati namanya....saya pikir dulu umurnya kurang lebih sama dengan aku ternyata dia lebih tua 6 tahun. Tetapi wajahnya tak terlihat ketika itu kalau ia lebih tua jadi aku selalu memanggil nama saja begitu supaya lebih akrab ) tapi bener lhoi kami menjadi akrab...
Sebagai tetangga baru tentunya aku ingin bersosialisai dengan tetangga lainnya juga, maklumlah aku bekerja....pagi berangkat dan pulang sore hari, jadi gak ada waktu untuk hari2 atau sesekali ngumpul sama ibu2 di depan rumah.

Sampai akhirnya aku ikut Organisasi Dasa Wisma, ikut Senam juga...dan dari sini membuat aku lebih akrab lagi dengan Rahmawati. Yang kebetulan di dalam Organisasi dia sebagai ketua Pendidikan Sosial dan aku sebagai anggotanya. Ditempat senam yang sama hingga kami sering bertemu.

Alhamdulliah Organisasi kami sudah berjalan hingga hari ini, tetapi tidak dengan pertemanan kami sebagai tetangga karna dia harus pindah rumah dikarenakan ibunya yang suka sakit2 yang kebetulan tinggalnya jauh. Tak ada lagi curhat darinya , tak ada lagi cerita darinya...waktu itu aku lumayan kehilangan karna menurut aku dia adalah sahabat, tetangga yang enak, cocok dan nyambung begitu juga sebaliknya. Meskipun berbeda umur tetapi seperti satu usia.

Yang membuat aku salut darinya adalah tak pernahnya ia mengeluh apalagi putus asa dengan apa yang ia inginkan yaitu seorang anak. Dia tak pernah lelah dan selalu ikhtiar...meskipun Tuhan belum mengijinkannya tetapi ia tetap berdoa, bersyukur dengan atas apa yang Tuhan berikan untuknya. Seluruh keluarga dan sahabat yang mendukungnya itulah penyemangat ia untuk tetap menerima meskipun ia belum juga diberi seorang anak.

Akhirnya kesabaran selama 11 tahun yang ia tunggu-tunggu terbayarkan , dan kabar baikpun datang ketelinga kami semua minggu tanggal 17 sore dimana waktu itu kami para ibu2 sedang menjalankan aktifitas Dasa Wisma , kalau Rahmawati sekarang sedang hamil dan usia kehamilannya genap memasuki bulan ke 5.
Rasa gembira bukan hanya pada dirinya kami semua 16 orang para ibu turut bahagia dan bersyukur sekali dengan kabar tersebut. Pada usia perkawinannya yang ke 11 tahun , bertepatan dengan tanggal lahirnya Rahmawati dan pada hari itu di nyatakan kalau dia sedang hamil. Waktu itu ia sengaja tidak memberitahukannya kepada kami tadinya ia ingin bikin kejutan sampai melahirkan tetapi atas perhatian kami ternyata kami jauh lebih ingin tahu. Sampai akhirnya genap usia 5 bulan kami sudah mengetahuinya......

Semoga saja temanku, sahabatku juga tetanggaku ketika dulu selalu diberi kesehatan, keselamatan, kehamilan yang baik2 saja dan dilancarkan sampai hari persalinan. Saat ini ia benar2 tidak boleh melakukan aktifitas apapun oleh suaminya...lantaran suaminya tak ingin terjadi sesuatu yang tidak di inginkan karna penantiannya yang cukup lama.

Mohon doanya dari sahabar semua agar Rahmawati temanku ini sehat selalu , dimudahkan dalam kehamilan, di lancarkan sampai melahirkan bayi , mendapat bayi yang sehat tidak kurang satu apapun....Amin...Amin...
karna terus terang aku sangat gembira sekali mendengar kabar ini bagaimana ia yang mengalaminya....tentu bahagia sekali.

Jumat, 15 April 2011

Award Bunda Loving

Beberapa hari yang lalu ada seseorang yang sengaja nyolong koleksi perhiasanku yang bisa dibilang mahal-mahal ( berupa award )...tapi apalah daya, aku tak mengetahuinya bila seseorang itu masuk. Coba aja kalau aku tau ..pasti tangannya udah aku tangkap dengan tanganku , karna aku ingin berjabat tangan dengannya.... Seseorang itu adalah Bunda Loving.

Bunda yang baik hati, dan tidak sombong sifatnya kurang lebih sama dengan aku....baik hati, murah hati, murah senyum, baik budi, pinter masak......apalagi ya, pokoke yang baik2 ada sama kita ya Bunda...hehehhehe ( biasalah air laut kan asin sendiri..jadi daripada nunggu orang muji kebaikan kita gak tau itu kapan mending muji diri sendiri aja ).

Sahabat sudah tau tentunya...Bunda Loving memiliki beberapa hektar kebun yang ditanamani buah Strowberry lho...kalau tidak percaya datang aja kerumahnya, karna sahabat akan lihat bila masuk kerumahnya pasti buah Strowberrynya udah bergelantungan bikin orang ngiler aja. Jadi dari pada beli di Supermarket mahal , mending an minta aja langsung sama Bunda.

Ngomongin soal koleksi tadi, kebetulan waktu Bunda ambil koleksi perhiasanku tanpa permisi sebelumnya jadi Bunda ingin meminta maaf dan sebagai permohonanya itu Bunda Loving memberikan aku oleh2 yang sudah kunanti-nanti sebelumnya yaitu Award Strowberry...yang rasanya seger, asam-asam manis gimana gitu.....

Bunda...terimakasih ya, aku gak marah kok asal bunda jangan ambil rumah blogku aja udah. Semoga kita selalu menjadi sahabat yang baik ya Bunda....salam hangat dan sehat selalu untuk Bunda Loving....Sun sayang dari Dini.


Award Bunda Loving

Kamis, 14 April 2011

Dini dan Komputer Tutor

Komputer Tutor adalah komputer yang di rancang khusus untuk anak-anak pada usia dini sampai anak-anak masuk sd. Karna di dalamnya terdapat 28 menu dan memiliki 10 tingkat ... disini anak-anak di ajarkan bagaimana ia dapat belajar abjad, angka, berhitung, gambar dan melukis, nebak gambar dan nama, puzzel ....terdapat juga perkalian , pengurangan dan belajar dalam berbahasa inggris, tanyak jawab ...dan masih banyak lagi.

Karna itu aku memilih satu untuk Dini di rumah sebagai hadiah karna dia tidak nakal di sekolah ....ternyata dia sangat bersemangat untuk mempelajarinya, awalnya ia merasa bosan karna tak mengerti dan tak tau harus bagaimana melakukannya..sebentar-sebentar ganti menu, dan ganti menu.

Meskipun terlihat sudah sangat mahir ketika ia memegang mouse nya...tapi ia tak begitu mengerti tentang menunya, namun setelah ia membuka dan melihatnya setiap hari akhinnya setelah berjalan selama 1 minggu dia dapat juga mengendalikan tuch komputer. Mulai belajar menghafal dan mengingat gambar apa yang muncul dan apa yang harus ia pilih ...meskipun sebenarnya aku juga tak begitu memahami bagaimana melakukannya...untungnya dia lebih mudah mengerti cepat dibanding ibunya.

Tapi aku sedikit khawatir untuk masalah ini , karna komputer tutor tersebut harus di sambungkan ke tv...meskipun kabel yang diberikan untuk menyambung ke tv lumayan panjang tetapi tetep aja aku merasa takut kalau lama-lama melototin tv ia akan mendapat ganguan penglihatan. Saat ini ia sedang semangat-semangatnya...saat bangun tidur, pulang ngaji, malam hari habis sholat magrib ….dia pasti minta untuk main komputer walaupun sebentar.

Dan untuk mencegah dari gangguan penglihatan aku sedikit mengurangi atau menjadikan waktunya main komputer lebih sedikit...awalnya dia merajuk dan mengatakan ibu pelit, atau malaslah kawan ibu nich. Tapi setelah bujukan dan rayuan mautku akhirtnya dia mengerti dan menurut juga...untuk 1 jam atau lebih dikit saja main komputer pada waktu malam dan disambung dengan mewarnai atau belajar menulis... jika hari sabtu dan minggu karna hari libur jadi boleh berlama-lama. Sebenarnya selain menghindari dari keruskan mata juga menghindari supaya ia tak bosan...maklumlah anak2 terkadang sangat serius dengan mainan baru dan akan lupa dengan mainan lama.

Kegiatan Dini diwaktu malam....selain main boneka barbie, dia juga suka mewarnai karna aku suka membelikannya buku mewarnai dan sayangnya meskipun ia rajin sekali tapi dia gak pernah juara mewarnai..hehehhe.

Dini sedang mewarnai dan Ibunya masak...

Jadi tugas Exstra yang harus dilakukan ibu adalah ...... aku jadi harus rajin memberinya makanan dengan banyak sayur terutama wortel , awalnya ia tak suka tapi setelah Noi temannya bilang kalau wortel itu biar mata kita jadi ting-ting, akhirnya Dini mau juga dan sekarang tak susah lagi untuk Dini makan wortel.

Dan sekarang kalau makan wortel dia akan bilang biar matanya ting-ting ya bu, biar matanya cerah ya bu, biar matanya gak buta ya bu...( apa buta...rabun nak...bukan buta ). Alhamdullilah Dini termasuk dalam salah satu anak yang doyan sekali makan sayur...karna dirumah pengasuhnya hanya Dini yang suka makan sayur sementara abang dan kakak pemilik rumah tak suka sayur, begitu juga ponakan aku yang di tg pinang rata2 semua tak suka sayur....kapan2 aku posting sayur apa saja yang menjadi kegemaran Dini.


Rabu, 13 April 2011

Menjadi Guru

Pahlawan tanpa tanda jasa, julukan inilah yang si sematkan untuk para Guru. Sebuah pekerjaan yang mulia, aku pernah membayangkan bagaimana pendidikan tanpa kehadiran seorang guru, pendidikan apapun itu mulai dari yang paling dasar sampai yang paling tinggi, tanpa kehadiran guru tak akan bisa berjalan.

Menjadi guru amatlah mulia, meskipun tidak semua guru yang berhati baik, sabar dan mulia. Seseorang yang memiliki satu atau dua anak didik sudah bisa di katakan Guru. Tidak perlu mengajar di dalam kelas, atau memiliki kepala sekolah atau harus menjadi PNS dulu baru bisa di katakan guru. Karna itu guru sangat berperanan penting dalam hal dunia didik-mendidik.

Aku masih ingat , tapi sudah lama sekali..aku pernah mengajarkan bagaimana mengerjakan Drawer yang sedikit sulit bisa menjadi sedikit mudah. Alhasil teman kerjaku itu bisa dengan mudah mengerti apa yang aku ajarkan..dan diapun memberi julukan panggilanku CekGu. Dan sampai sekarang jika ketemu aku dengan panggilan Cekgu lah dia memanggilku.

Mengapa tiba-tiba aku ingin menulis tentang seorang Guru, karna beberapa hari ini aku mengantarkan anakku kesekolah TK. Disana aku lihat bagaimana para guru mengajarkan anak didiknya yang masih di bawah umur 6 tahun.

Dari sini yang bisa kukatakan adalah bagaimana seorang guru harus mencintai anak-anak didiknya. Mengajarkan dengan penuh kesopanan dan kelembutan. Karna dengan perasaan sayang, cinta dan kelembutan yang di berikan maka anak-anak didik akan dekat dengan guru sebagai orang tuanya di sekolah.

Kualitas guru juga sangat mempengaruhi anak didiknya, karna dengan itu para guru bisa menyampaikan materi kepada anak didiknya dengan baik. Meskipun manusia di dunia tidaklah sempurna. Tapi jika kita sudah memilih untuk menjadi pengajar hendaklah kita bertanggung jawab dengan apa yang sudah di sampaikan. Meskipun aku sedikit kurang setuju, jika sang guru mengajar anak muridnya dengan membawa anak kesekolah. Dalam tanda kutip “ jika anaknya sudah besar dan mengerti “ aku rasa tidak ada masalah.

Untuk para Guruku dan temanku yang menjadi Guru, jangan pernah berkata lelah, bosan dan tetap semangatlah untuk dunia pendidikan.

Seperti Tom and Jerry

Ada yang belum tau dengan kartun yang satu ini...pasti udah pada tau semua ya..Tom and Jerry...,sebuah serial animasi Amerika Serikat yang bercerita tentang sepasang kucing dan tikus yang selalu bertengkar, Jerry kecil yang usil dan suka cari gara-gara, tapi meskipun begitu mereka bisa berteman. Dan aku pernah baca juga tapi lupa dimana kalau Tom and Jerry ini sebenarnya gak cocok buat tontonan anak-anak lantaran didalamnya suka ada penyiksaan dan kekerasan.

Tapi disini aku tak menceritaka dua binatang ini melainkan akan menceritakan sedikit tentang Dini dan ayahnya. Dini dan ayahnya bisa dibilang hampir seperti Tom and Jerry bila bertemu....ayah yang kerap kali mengoda sementara Dini yang tak suka di goda...sehingga terjadilah penyiksaan dianataranya ....hanya saja penyiksaan yang diberikan ayah kepada Dini berupa kasih sayang sementara kekerasan yang diberikan dini kepada ayahnya berupa pembelaan dirinya dan untuk ibunya ( dini paling gak terima kalau ayahnya sengaja ganguin aku nanti dini buru2 datang ayahnya dipukul sambil ketawa-tawa dininya )....hahahhaha

Sudah menjadi ciri chas ayahnya bila bertemu Dini dirumah..baik itu pagi, sore, malam maupun tengah malam disaat dini sedang tidur nyenyak. Ayah yang selalu ngeledek Dini..

Ayah : ikut ibu apa ayah...( ikut ibu )

Ayah : ikut ayah aja...( gak mau ikut ibu aja ).

Ayah : tapi ayah punya lho..( mana yah...mana..manaaaaaa )

Ayah : tapi ikut ayah ya...( dini senyum-senyum...iya tapi ayah punya apa, dini liat dulu...)

Ayah : tapi bobo sama ayah ya....( ihhh ayah nich bandal lah...mana yahhh ayah punya apa, ihh malas lah dini kawan ayah nich ).

Ganguan tengah malam....ayahnya selalu jarang ada kesempatan untuk nyium dini karna kalau dini sadar pasti ditolak mentah2 , entah mengapa dini dari kecil sampai sekarang paling gak suka di cium pipinya kecuali ibunya. Sama mbahnya pun gitu kalau mau nyium pasti mbahnya musti berantem dulu sama Dini atau dengan rayuan berupa jajan atau beli es krim baru dapat tuch pipi dini.

Dan aku juga heran dengan dini sinyalnya kuat sekali, dia akan sadar dalam beberapa menit bila ayahnya sudah tidur disebelahnya, dan gak mau kalau dicium atau di peluk ayahnya....kadang kasihan juga liat ayahnya yang sebenarnya pengen sekali deket sama anaknya . Tapi dasar ayah ya meskipun begitu ia tak jera dan kerap kali mengoda meskipun anaknya udah mekik2 sampai satu blok bisa dengar suara Dini. Nanti kalau udah gitu ayahnya mengoda lagi dengan kata2 diatas...ikut ibu apa ayah, dan sambil tidurpun dini akan bicara ikut ibuuu....( lucu.... mata merem, bisa dibilang tidur udah pules tapi kalau ditanyak pasti jawab....ini nyata lho).

“ Dulu waktu hamil Dini aku paling beci sama suami dan gak mau deket....kalau udah deket pasti mabok sama bau minyak wangi, apa mungkin jadinya seperti ini kali ya....maaf ya yah karna itu semua bukan sengaja.

Itulah Dini dan Ayahnya...suasana dirumah akan sangat ramai, ribut dan tak tenang....tidak pernah akur dan damai tapi bisa anteng kalau ayahnya udah buka PS Petualangan...nah..ini berdua bisa akur, tapi kadang masih juga keluar suara dini yang mekak mekik lantaran ayahnya mengoda.

Dan paling damai kalau ayahnya udah janji ajak jalan-jalan, keman ayahnya jalan diikutin tuch dari depan kebelakang, kamar kedepan sambil bertanya berulang-ulang... nanti jalan-jalannya jam berapa yah, ayah nanti dini beli ini ya, nanti dini naik kuda ya....ayahnya hanya menjawab, tapi ikut ayah ya..( ihh ayah nich ) iya..iya..iya kata ayahnya.

Perbedaan dari cerita ini Jerry kecil yang usil Versi Kartun tapi di Versi dikeluargaku Tom besar yang paling usil dan??? untuk episode ini korbanya adalah Ibunya, sang ibu yang selalu mendegarkan pertengkaran anak beranak ini sampai-sampai baca buku pun kadang gak konsen. Sebenarnya masih banyak hal yang mau diceritakan tapi untuk episode Tom and Jerry sampai ini dulu..



Selasa, 12 April 2011

Dini Mulai Pandai Mengaji

Keinginan Dini untuk mengaji sudah sangat lama bisa dibilang sejak ia berumur 4 tahun, waktu itu aku selalu mengajaknya untuk Sholat Tarawih ke Masjid.....maka itu ia ingin sekali mengaji di mesjid dan bukan dirumah dengan Ibunya. Aku tak punya waktu karna bekerja, Omanya juga tak punya waktu karna banyak kesibukan....( Oma ini adalah adek dari Ibu Mertuaku ) sebenarnya aku ingin sekali ia mengaji tapi apa mau di kata aku harus bekerja untuk membantu Suami. Aku juga tak bisa memaksa untuk Omanya mendaftarkan ngaji dan mengantarnya sore hari...karna banyak alasan yang ia uatarakn ...yang dini masih kecil, dini juga sekolah nanti pusing katanya ..ya sudahlah mau gimana lagi ada yang menjaga anakku dengan baik saja itu sudah syukur alhamdullilah.

Akhirnya yang dapat aku kabulkan adalah Dini masuk sekolah TK Kecil.....dia senang karna punya banyak teman dan tempat bermain. Bisa dilihat sebagian anak2 pertama kali masuk sekolah minta ditemani sampai kedalam sementara Dini tidak mau, dan aku juga tak diijinkan masuk olehnya...dua hari setelah itu aku sudah melepasnya dengan naik jemputan sekolah...meskipun begitu aku masih memantaunya selama 1 minggu apakah ia baik2 saja. Syukur alhamdullilah dia tidak banyak menyulitkan para guru dan sopir.

Tepatnya Desember 2010, Dini tidak lagi dijaga oleh Omanya..sempet bingung juga seperti yang kuceritakan disini. Dan alhamdullilah ditempat yang baru ini aku mendapatkan pengasuh dini yang baik dan sabar dan kebetulan juga ditempat yang baru ini aku dapat mengabulkan permintaannya yaitu mengaji.

Akhirnya Dini mulai mengaji pada 1 januari tahun ini di TPA Sabilul Mutta'Qin....setiap hari dia begitu bersemangat dan selalu saja bercerita ketika aku datang menjemputnya. Apa yang ia lakukan disekolah, dirumah nenek dan di tempat mengaji bersama teman-temannya. Sebentar lagi Dini sudah mau Iqro 3 , dia mau membalap Sasa yang sudah Iqro 5....Amin , belajar yang rajin dirumah juga pasti bisa sampai Iqro 5 sama dengan Sasa ya nak....Asikkkk..katanya ( dia paling tak suka kalau aku bilang Dini tak pandai, dan pandai adek Sasa...nanti dia akan bilang Dini juga pandai dan bentar lagi Dini mau Iqro 5...iya..sebenarnya hanya untuk menyemangati dia aja ).

Dini mulai pandai mengaji dan hafalan sudah terbukti karna sudah 2 jumat ini ia selalu saja mendapatkan hadiah buku tulis, dan pinsil. Kebetulan setiap hari jumat TPA tempat dini mengaji selalu diisi oleh para remaja Masjid atau dari Majlis Taqlim. Mereka sengaja menyediakan beberapa hadiah yang akan diberikan kepada anak2 TPA bagi yang berani maju kedepan dan menjawab pertanyaan yang diberikan dan dijawab dengan benar.

Alhamdullilah Jumat sebelumnya Dini dapat menghafal dan membaca dengan benar huruf Hijaiyah dan Jumat kemarin Dini dapat menghafal dan berhitung 1 – 10 dengan menggunakan bahasa arab.

Sebenarnya Dini anakknya sedikit pemalu jika banyak orang meskipun cerewetnya minta ampun, tapi ia selalu berani untuk tampil jika ia menginginkan sesuatu...ini yang aku salut, Pernah pada acara ulang tahun temannya demi mendapatkan balon ia rela menyanyi dan kemarin demi mendapatkan buku juga pinsil ia dengan malu2 mau maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak-kakak Majlis Taqlim.

Aku senang semangat ia untuk mengaji benar2 ada.....dan bukan untuk main2 hanya bertemu teman banyak, Harapanku semoga ia selalu rajin terus dan terus untuk mau mengaji hingga ia dewasa. Karna aku dapat merasakannya jika pandai mengaji dan membaca Al'quran....pikiran ruwet bisa jadi tenang hanya dengan membaca Ayat-ayah Al'quran.

Senin, 11 April 2011

Pasta

Pemeran Pasta

Gong Hyo Jin sebagai Seo Yoo Kyung adalah seorang wanita yang sudah bekerja selama 7 tahun di Restoran Elit La Sfera sebagai assisten koki. Dan ternyata hasil usahanya tidak sia2 ia akhirnya di angkat menjadi koki oleh chef nya yaitu Toti. Yoo Kyung jatuh cinta pada pandangan pertama dan ternyata pria itu adalah chef yang baru yang sangat galat dan tidak mau ada koki wanita di dapurnya. Namun karna kegigihan dan tidak ingin usahanya hilang gitu aja di pecat akhirnya ia dapat bertahan hingga akhir.

Lee Sun Gyun sebagai Choi Hyun Wook adalah seorang pria yang suka marah dan tempramental, pernah di khianati oleh kekasihnya ketika di itali akhinya ia tak menginginkan koki wanita didapurnya. Choi dulunya asistan koki di Hotel Sicily di Italia...karna kegigihan dan dan kepintarannya ia lulus dalan jurusan seni kuliner di Italia dan menjadi Chef.

Sinopsis dari cerita ini

Restoran La Sfera adalah restoran Elit yang menyediakan masakan Italia..hampir setiap hari restoran ini penuh dengan pelanggan. Yoo Kyung bekerja sebagai asisten koki pasta selama 3 tahun dan akhirnya ia di angkat menjadi koki pasta setelah 1 hari chefnya mengundurkan diri.

Hari pertama menjadi koki dia sangat senang tapi sayang ia tak dapat bertahan lama setelah masuk chef yang baru yaitu Choi.....begitu masuk di hari kedua banyak alasan yang di keluarkan oleh Choi untuk bisa memecat koki wanita di restoran tersebut. Dan ternyata benar 4 wanita termasuk Yoo Kyung dipecat dari restoran tersebut.

Tapi Yoo Kyung tak putus asa meskipun ia sudah dipecat ia tetap saja masuk kerja dan melakukan pekerjaannya meskipun Choi tak menggagapnya ia ada. Tapi setelah berjalan beberapa hari akhirnya Yoo Kyung tak bekerja juga.....Dapur La Sfera kekurangan koki , dan lamaran untuk koki pasta pun di buka dan penilainnya di lakukan oleh Choi dengan menutup mata. Yoo Kyung mengikuti lomba tersebut tanpa diketahui oleh Choi..dan akhirnya pasta Yoo Kyung memenagkan dan ia diterima bekerja di Restoran La Sfera...semua para sfat dan kawan-kawannya sangat senang tapi tak dengan Choi.

Sementara 3 koki wanita yang di pecatnya digantikan oleh 3 pria asal italia bawaanya Choi...jelas saya membuat 4 koki asal korea merasa kesal jadi antara koki korea dan koki italia selalu saja ada perdebatan. Bisa dibilang dapur Restoran La Sfera seperti medan perang.

Se Young adalah sahabat direktur pemilik Restoran La Sfera bernama San, San selama 3 tahun menyamar sebagai pelangan setia pada restoran tersebut namun mucul dan bertatap muka pada para karwayan setelah pengurus restoran di pecat lantaran korupsi uang telur. Jelas saja Choi dan Yoo Kyung tak senang merasa di bohongi ...dan yang membuat Yoo Kyung tak percaya lagi padanya lantaran sudah membohonginya selama 3 tahun. Karna itu San tak bisa berterus terang kalau selama 3 tahun dialah yang telah memberikan foto kaktus pada Yoo Kyung di lokernya...karna Santakut ia tak akan bisa menjadi sahabat Yoo Kyung jika ia berterus terang.

Dikarenakan Restoran mengalami kerugian karna banyak menu yang di ganti oleh Choi dan banyak hal yang tak boleh diberikan oleh pelangan...hingga restoran tutup selama 3 hari dan para koki diharuskan menampilkan menu baru tak kurang dari 10 won dan untuk dijadikan menu La Sfera dan menu yang memenagkan akan menjadi menu utama pada restoran tersebut. Se Young ikut audisi tersebut dan Choi tak menyukainya....( Se Young ini adalah mantan pacarnya Chef Choi waktu di itali, Se Young menghianatinya dengan cara curang waktu acara lomba masak mulai dari situ Choi tak menyukai ada wanita di dapurnya dan mengeluarkan peraturan tak boleh pacaran di dapurnya jika kedapatan maka akan di pecat).

Menu yang di lombakan

Akhinya Se Young memenagkan lomba tersebut dan menjadi Chef Pasta jadi ada dua Chef di La Sfera....ternyata hal ini tak berjalan lacar, banyak kejadian lucu, mengerikan, menegangkan …..bisa dibilang dapur sangat mengerikan...selalu saja ada pertengkaran dan ada yang kabur ada juga yang mogok sampai2 suasana dapur itu berantakan karna pesanan yang tak masimal..( aku ngebayangin mungkin bekerja didapur seperti itu kalau banyak para pelangan ya ). San selalu perhatian dan baik pada Yoo Kyung hingga membuat kecemburan pada Chef Choi...Yoo Kyung selalu saja kena marah bila didapur dan selalu menjadi sasaran lantaran ia baru menjadi koki. Lagi-lagi San membantunya....hingga ia berterus terang kalau San menyukainya.

Yoo Kyung mengalami luka bakar akibat pertengkaran Choi dan Se Young dan mulai dari malam itu Choi memberi sedikit hatinya pada Yoo Kyung..pacaran sembunyi2. Tapi semua tak berjalan dengan lancar karna banyak pihak yang tak menyukai korbannya adalah 3 koki yang di pecatnya juga pengurus restoran. Selalu saja mencari tau apa yang terjadi antara Choi dan Yoo Kyung. Ternyata Eun So adalah asisten koki yang mengetahui duluan...( Eun So ini dari Italia lho ).

Dimulai dari masalah gaji yang tak sesuai antara koki korea dan koki italia , antara pelayan baru dan pembantu koki...hingga akhinya pengurus restoran yang sudah bekerja sebagai pelayan restoran mengetahui marah lantaran ia gajinya dipotong oleh Sam memberitahukan antara Chef Choi dan Yoo Kyung pada saat mereka sedang berduaan....Karna kesal akhinya pengurus restoran memberi tau pada staf koki di dapur La Sfera jelas saja membuat semua kaget...dan akhinya Choi mengakui kalau Yoo Kyung tak salah bila menyukainya dan Choi yang bersalahkarna menyukainya akhinya Choi mengudurkandiri dan mengatakan pada pengurus restoran kalau ia akan kembali.

Se Young akhinya menyadari kalau ia tak mungkin dapat bersama Choi di dapur untuk masak bersama lantaran Choi benar2 tak bisa memaafkannya. Sebenarnya Se Young hanya ingin mendapatkan pengakuan Choi kalau ia bisa diandalkan dan tak main curang. Untuk membuat hidupnya lebih berarti dan ketenarannya yang didapat hasil curang akhirnya ia memberitakan pada surat kabar....karna ia sadar resep sup ginseng yang dibuatnya juga tak akan berhasil dengan baik dan gurunya Choi juga Se Young sangat takjub karna Yoo Kyung dapat membuat Sup Ginseng tak berasa pahit. Se Young malu dan menyadari kesalahannya.

Akhinya Chef Choi kembali ke Restoran La Sfera diminta oleh San.....dan ternyata 4 Koki korea yang diam2 mendaftarkan diri mengikuti kompetis New koki Italia diketahui oleh Choi. Seok Ho nama ketua timnya...dia bingung lantaran Se Young yang tadinya mau membantunya sudah tak bekerja lagi di La Sfera karna kasus curang ..dan atas bujukan Yoo Kyung kepada Choi untuk menjadi managernya. Akhinya ia mendaftarkan diri sebagai manager 4 koki korea tersebut tanpa sepengetahuan mereka. ( Sebenarnya Chef Choi ini meskipun ia galak dan sadis bukan berarti ia tak perhatian pada koki2nya....galak yang keterlaluan menurut koki korea dan lainnya lantaran ia juga dulunya seperti itu, jadi untuk menjadi maju itu tak gampang.....Koki italia tau Chef Choi itu seperti apa jadi mereka tak begitu menanggapi sadisnya kalau di marah sementara koki korea mudah patah hati ).

Di Episode 15 ini mereka mulai menyadari galaknya Choi untuk kebaikan dan membuat mereka agar lebih percaya diri. Akhinya Chef Choi membuat sesuatu agar tak ada kecemburan pada koki2nya dengan di pasangkan antara koki korea dan koki italia...tapi tetep aja gak cocok antara koki korea dan koki italia itu berantem dan banyak adegan lucu.

Kompetisi pun dimulai....sementara Yoo Kyung sebagai koki cadangan jika ada yang cedera dan ternyata benar salah satu koki korea yang merasa tangannya sudah sakit sejak awal dipaksanya untuk memasak menjatuhkan pasta dan tangannya terluka karna minyak panas. Yoo Kyung mengatikannya ..awalnya tak percaya diri dan tak tau harus berbuat apa karna bahan yang diberikan untuk kompetisi hanya pas2san...untungnya ada sisa sotong dan itulah Sotong di jadikan Pasta. Pada saat juri mencoba masakan termasuk guru Choi sebagai juri sangat penasaran pasta sotong seperti apa...tegang menerima hasilnya dan akhinya mereka memenagkan kompetisi untuk mendalami masakan selama 3 tahun di Italia...Koki italia dan koki korea akhirnya akur...mereka bekerja di dapur dengan sangat baik tak ada lagi pertengkaran, Hingga tiba waktunya mereka harus ke Italia...Yoo Kyung yang sangat senang ingin ke Italia pun menjadi ragu lantaran ayahnya yang sendiri....

Seok Ho dan Deok salah tingkah hingga Deok mengatakan jangan hanya tinggal di sekolah saja. Pergilah ke banyak tempat sebisa mungkin. Dan jangan hanya pergi ke resto2 terbaik, tapi kinjungi juga toko2 pasta kecil di sekita lingkungan jika sudah di italia ...karna kita bisa belajar banyak dari nenek2 yang memasak pasta di tempat seperti itu. Lalu Seok Ho melepas dasi birunya untuk sous chef dan diberikan kepada Deok. Meskipun Seok Ho tau kalau Chef Choi akan memilihnya nanti tapi Seok yakin kalau Deok pantas menerima posisinya.

Pesta perpisahan pun di lakukan di Restoran La Sfera untuk para koki yang akan ke Italia...semua bergembira dan 3 koki wanita yang dipecat dulu juga datang dan mendapatkan tawaran untuk kembali bekerja di Restoran La Sfera.

Selesai

Pada drama ini banyak sekali makanan aneh yang belum pernah aku makan..porsinya sedikit tapi harganya mahal, dan disini juga kesenjangan sosial terlihat dari mulai gaji, anak kesayangan dll. Chef yang tegas dan tak segan menegur.... ditambah lagi memiliki atasan yang super galak. Jadi harus siap2 mental dan siap2 untuk punya penyakit darah tinggi. Disamping itu ceritanya lucu sekali..meskipun tanpa adegan bicara tapi ekspresi para pemain bisa bikin penonton ketawa ngakak. Di Drama ini Chef berkuasa jika didapur dan diretur juga gak bisa ikut campur apa di dunia nyata juga gak ya...Yang pasti Dramanya lucu abis dan asik.

Jadi pengen belajar buat Pasta

Pasta Charts

Koki Korea

Koki Italia

Jumat, 08 April 2011

Obat Dari Malas

Ternyata benar apa yang di komenatri sama Gaphe pada postinganku Malas Oh Malas : ayooo semangat ibu Dini... cari sesuatu yang baru, makan enak di luar rumah, jalan-jalan pagi cari pemandangan sama Dini.. banyak koq kegiatan yang bisa naikin semangat.

Terkadang pekerjaan yang monoton atau tidak adanya motivasi membuat kita menjadi lelah dan cenderung pada malas. Selain aku mungkin sahabat lainnya sering terjangkiti yang namanya penyakit malas ini. Malas dan membosankan yang datang pada aku waktu lalu ternyata aku menyadarinya kalau sebenarnya sudah lumayan lama kami sekeluarga tak jalan-jalan santai.

Akhirnya kami pun memutuskan Malam minggu itu kami makan diluar sambil melihat Seni Tarian Melayu yang kebetulan sedang di lombakan dikotaku....sayangnya tempat posisiku sangat jauh jadi gak bisa mengabadikan Seni Tarian tersebut. Meskipun begitu lumayan menghibur sampai2 Dini gak mau pulang.....pada saat diajak pulang katanya Bu..nantilah yang lain aja belum pulang, liatlah bu masih banyak orang kan.

Sebelum kami melihat Seni Tari Melayu kami sempat makan dulu....Dini makan sate, ayahnya makan nasi goreng sementara aku udah pengen banget sama Tekwan. Padahal dulunya aku gak suka sekali sama Tekwan baunya yang sangat menyengat membuat mual perut, tapi gara2 Ibu mertua mencoba buat dan aku dipaksa makan akhirnya makan juga...nah mulai dari itu aku jadi lumayan suka sama Tekwan.

Dini dengan Sate

Aku dengan Tekwan

Hari minggu sore kami sempatkan jalan-jalan ke Pantai, awalnya mau berenang tapi dikarenakan Ayah masuk kerja jadi terpaksa nunggu pulang kerja. Nikmat sungguh karna sudah lama sekali tak melihat Pantai...sejuknya angin, ombak di tambah lagi dengan kelapa muda dan matahari yang hampir tenggelam.


Ayah dengan kelapa Muda


Posisi lumayan Enak dengan serupan kelapa muda

Matahari yang hampir hilang

Akhirnya rasa bosan dan malas yang beberapa hari menyerangku ketika itu sudah terobati dengan acara yang lumayan sederhana tetapi menyenagkan. Dengan sedikit memanjakan diri dan bersantai bersama keluarga bisa dibilang obatnya dari malas. Aku bilang sama my hubby 2 minggu sekali kalau kita makan diluar bersama-sama sepertinya menyenangkan..." Gimana?? boleh-boleh kata suamiku...( Ayah Dini bekerja di dept store bagian Ekspor Impor...jadi bisa dibilang hampir setiap hari pulangnya malam dan hari minggu juga masuk jadi hanya ada waktu sedikit dirumah..paling cepat kalau pulang jam 8 malam ). Makanya Dini begitu dekat dengan aku....kalau dekat dengan Ayahnya pasti ada maunya dia.

Jadi jika sahabat terserang penyakit malas....sarannya Om Gaphe bisa jadi solusi...buat menghilangkan rasa jenuh, malas, lelah karna bekerja.
Selamat beraktifitas hari ini.....salam hangat dari Bintan-Riau.

Kamis, 07 April 2011

Tali Asih PakDe Cholik

Pagi ini aku ingin mengabarkan kepada PakDe ku yang ada di Surabaya, kalau Tali Asih bagi penulis tamu di BlogCamp nya PakDe dalam rangka Road to 1000 yang aku ikuti itu sudah sampai kerumahku dengan selamat tanpa cacat. Waktu itu aku mengirimkan Artikel tentang pengalamanku yang bisa dibilang agak malu-maluin sih...tapi ternyata seru juga kalau diinget-inget.

PakDe matur nuwun ...Rasa bahagia, seneng juga kejutan yang tak bisa aku katakan lagi karna terus terang ini pertama kalinya aku mendapat Paket buku...( kasihan.com ). Harapanku PakDe sekeluarga selalu diberi kesehatan, keselamatan, rejeki yang terus mengalir supaya aku dan sahabat lainnya akan terus mendapatkan Tali Asih dari PakDe ku ini..hehhehehe. Meskipun aku belum pernah ketemu PakDe tapi aku bisa membayangkan kalau PakDe Cholik ini penyayang, baik hati dan tidak sombong...juga humoris terlihat bagaimana beliau memperlakukan para sahabat pengunjung rumahnya selalu ada sambutan yang manis dan candaannya.

PakDe sekalian aku mau curhat...kalau dari semalam hingga sekarang kenapa ya aku kok gak bisa masuk ke Artikel Nyaris Masuk Jurang, hingga pagi ini aku juga gak bisa masuk dan tulisan yang keluar Eror. Apa sahabat juga mengalami hal yang sama atau hanya aku aja nich.
Untuk Kuis Reboan juga Pending seharian, semalaman hingga pagi ini tapi barusan aku lihat sudah ada reply dari PakDe..sepertinya sudah masuk komenku.

PakDe jangan bosen ya..sekali lagi terimakasih banyak Salam hangat dari Bintan untuk PakDe dan BuDe sehat selalu.


Paket Buku PakDe Cholik

Judul buku : Hafalan Shalat Delisa

Rabu, 06 April 2011

Perhatian Kepada Anak

Bertemu seseorang dan menjadi pasangan hidup kita kelak, hingga hari itupun tiba dimana janji suci dibuat sepasang remaja menikah. Tercipta keluarga baru...saling mengisi dan berbagi sesama pasangan...dengan berjalannya waktu juga kita diberikan permata hati. Disinilah terbukti buah cinta sepasang yang berumah tangga.

Kita menjadi orang tua yang diberi amanah untuk memelihara anak-anak kita menjadi anak yang berguna, berbakti kepada orang tua , nusa dan bangsa. Tidak mudah untuk menjadi orang tua...bagaimana kita harus mengajarkan sesuatu sehingga anak kita benar2 faham dan mengerti arti kehidupan ini. Agar tak salah jalan dan pilih maka kita orang tua harus benar2 memberikan yang terbaik dan yang terpenting adalah Perhatian kepada anak-anak. Perhatian tak hanya berupa harta benda tetapi perhatian, kasih sayang dan kekhawatiran yang harus diberikan dari orang tua kepada anak-anaknya.

Ini ada cerita nyata dari tempat tinggalku kejadiannya hari Sabtu kemarin...saat aku mendengar ada anak yang meninggal dunia karna tenggelam di danau membuat aku sedih dan mengelus dada, mungkin sedikit rasa kecewa terhadap kedua orang tuanya. Karna sudah membiarkan anak2nya mancing atau main di danau tanpa rasa khawatir.

Ceritanya hari Jumat jam 2 siang lebih Angga dan teman-temannya pada main ke danau seperti biasa mungkin mereka mancing, sampai sore Angga tak pulang sementara teman2nya sudah pada pulang. Ibunya sibuk bekerja jadi tak begitu memperdulikan anaknya dan ibunya hanya berfikir anaknya tidak pulang lantaran ikut Ayahnya. Dia memiliki 4 orang anak 2 perempuan 2 laki2. Hingga malam pun tiba sang anak juga tak pulang begitu juga ayahnya ( dengar kabar kalau ayah dan ibunya habis berantam karna cemburu jadi suaminya tak pulang malam itu ).Ibunya sempat menelfon ayahnya tapi hp gak aktif akhirnya ibunya hanya berfikir Angga bersama ayahnya....sampai pagi pun menjelang.

Paginya ayahnya pulang begitu istrinya tanyak dimana angga suaminya hanya bilang gak sama aku. Baru deh sibuk tuch keluarga nyari si Angga gak ada dirumah...meskipun begitu rasa khawatir tak terlihat dari pasangan suami istri ini berantem lagi .....dan akhirnya mencari juga anaknya yang hilang. Terdengarlah Angga hilang di warung kopi...dan ada yang mengatakan " waahh coba aja lihat di danau semalam waktu saya cuci motor ada lihat sendal anak2 sama baju saya pikir punya anak2 yang ketinggalan.
Tepatnya jam 8 pagi...baru semua warga yang ada di warung kopi menuju ke danau sementara ibu sama ayahnya cari tempat lain. Satu warga tersebut berhasil membawa baju dan sendal yang ketinggalan di bawanya kerumah Angga yang ada dirumah hanya adik2nya angga dan mereka membenarkan kalau itu baju sama sendal abangnya.

Langsung warga meluncur ke danau tersebut mencari disekitar danau ada yang menyelam juga tapi tak ketemu. Pada saat semua sudah lelah akhirnya Angga ditemukan sudah mengapung dalam keadaan telungkup direrumputan sekitar danau dan anehnya tubuh Angga tak kembung karna air melainkan biasa aja.

Mayat Anggapun di bawa pulang dan pada hari itu juga selesai Slohat Zuhur Angga di kebumikan.
Setelah mencari tau kepada teman-teman Angga yang bermain sama ketika itu anak-anak itu cerita kalau Angga masuk danau karna kepleset tapi anak2 tersebut takut jadi pada lari kabur dan gak bilang sama orang tua Angga ....Innallilahiwainailahiro'jiun....Ya Allah.

**
Pada cerita ini aku pribadi hanya tak habis pikir kepada ibunya yang tak begitu mencemaskan anaknya yang tak pulang, paling tidak berusaha bertanya kepada teman-temannya, atau memastikan kepada ayahnya apakah benar Angga bersamanya...baru bisa tidur dengan pulas. Begitu juga dengan suaminya yang sudah punya anak 4 kenapa harus berantem karna cemburu mau cerai segala...sementara buah cinta mereka sudah terlahir 4 anak yang lucu, manis dan ganteng.

Disinilah kita sebagai orang tua dituntut untuk selalu perhatian kepada anak kita mainnya dengan siapa sehingga jika ada keanehan yang tak wajar bisa ditanyakan pada teman-temannya. Atau jangan memberikan kepercayaan berlebihan kepada anak dibawah 9 tahun untuk pergi main kedanau atau kemana aja yang bisa membahayakan nyawa anak-anak. Bukan hanya Ego masing-masing membuat anak menjadi korban. Aku mengakui tidak gampang menjadi orang tua yang baik dan sempurna.