Kamis, 14 April 2011

Dini dan Komputer Tutor

Komputer Tutor adalah komputer yang di rancang khusus untuk anak-anak pada usia dini sampai anak-anak masuk sd. Karna di dalamnya terdapat 28 menu dan memiliki 10 tingkat ... disini anak-anak di ajarkan bagaimana ia dapat belajar abjad, angka, berhitung, gambar dan melukis, nebak gambar dan nama, puzzel ....terdapat juga perkalian , pengurangan dan belajar dalam berbahasa inggris, tanyak jawab ...dan masih banyak lagi.

Karna itu aku memilih satu untuk Dini di rumah sebagai hadiah karna dia tidak nakal di sekolah ....ternyata dia sangat bersemangat untuk mempelajarinya, awalnya ia merasa bosan karna tak mengerti dan tak tau harus bagaimana melakukannya..sebentar-sebentar ganti menu, dan ganti menu.

Meskipun terlihat sudah sangat mahir ketika ia memegang mouse nya...tapi ia tak begitu mengerti tentang menunya, namun setelah ia membuka dan melihatnya setiap hari akhinnya setelah berjalan selama 1 minggu dia dapat juga mengendalikan tuch komputer. Mulai belajar menghafal dan mengingat gambar apa yang muncul dan apa yang harus ia pilih ...meskipun sebenarnya aku juga tak begitu memahami bagaimana melakukannya...untungnya dia lebih mudah mengerti cepat dibanding ibunya.

Tapi aku sedikit khawatir untuk masalah ini , karna komputer tutor tersebut harus di sambungkan ke tv...meskipun kabel yang diberikan untuk menyambung ke tv lumayan panjang tetapi tetep aja aku merasa takut kalau lama-lama melototin tv ia akan mendapat ganguan penglihatan. Saat ini ia sedang semangat-semangatnya...saat bangun tidur, pulang ngaji, malam hari habis sholat magrib ….dia pasti minta untuk main komputer walaupun sebentar.

Dan untuk mencegah dari gangguan penglihatan aku sedikit mengurangi atau menjadikan waktunya main komputer lebih sedikit...awalnya dia merajuk dan mengatakan ibu pelit, atau malaslah kawan ibu nich. Tapi setelah bujukan dan rayuan mautku akhirtnya dia mengerti dan menurut juga...untuk 1 jam atau lebih dikit saja main komputer pada waktu malam dan disambung dengan mewarnai atau belajar menulis... jika hari sabtu dan minggu karna hari libur jadi boleh berlama-lama. Sebenarnya selain menghindari dari keruskan mata juga menghindari supaya ia tak bosan...maklumlah anak2 terkadang sangat serius dengan mainan baru dan akan lupa dengan mainan lama.

Kegiatan Dini diwaktu malam....selain main boneka barbie, dia juga suka mewarnai karna aku suka membelikannya buku mewarnai dan sayangnya meskipun ia rajin sekali tapi dia gak pernah juara mewarnai..hehehhe.

Dini sedang mewarnai dan Ibunya masak...

Jadi tugas Exstra yang harus dilakukan ibu adalah ...... aku jadi harus rajin memberinya makanan dengan banyak sayur terutama wortel , awalnya ia tak suka tapi setelah Noi temannya bilang kalau wortel itu biar mata kita jadi ting-ting, akhirnya Dini mau juga dan sekarang tak susah lagi untuk Dini makan wortel.

Dan sekarang kalau makan wortel dia akan bilang biar matanya ting-ting ya bu, biar matanya cerah ya bu, biar matanya gak buta ya bu...( apa buta...rabun nak...bukan buta ). Alhamdullilah Dini termasuk dalam salah satu anak yang doyan sekali makan sayur...karna dirumah pengasuhnya hanya Dini yang suka makan sayur sementara abang dan kakak pemilik rumah tak suka sayur, begitu juga ponakan aku yang di tg pinang rata2 semua tak suka sayur....kapan2 aku posting sayur apa saja yang menjadi kegemaran Dini.


28 komentar:

Ferdinand mengatakan...

Wah ternyata ada Komputer tutor ya buat anak2 haha.. *Ndeso

Untuk urusan Fungsi sih bagus Mbak, cuma klo harus sambil melototin TV kayanya mesti disiasati tuh hhe.. apa ndak ada kabel yg lebih panjang toh Mbak? jadi nontonnya bisa dari jarak aman dan gak ngerusak mata?

Hem... selamat masak Wortel deh klo gitu Mbak, klo aku tisp hari pasti ketemu sayur yg ad wortelnya makanya mata tetep sehat haha... GUBRAK!!

Met aktivitas ya Mbak.. :D

Gaphe mengatakan...

komputernya lucu bentuknya, nggak kaku seperti layaknya laptop yang biasanya.

hemm soal nonton tv, asalkan masih dalam jarak aman saya rasa nggak masalah. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, seperti kebanyakan nonton TV misalnya.

Tapi ada untungnya juga Dini jadi suka wortel gitu

Nufri L Sang Nila mengatakan...

waaaa..senangnya dini dibelikan komputer tutor....barbie nya cemburu gak tuh cuma malam baru dimainin lagi?...heheeee...belajarnya jadi lebih semangat yaaa...

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Wah beli dimana Mbak laptopnya... itu untuk anak usia berapa...?

Tapi emang iya yah, anak2 kalo sama mainan baru nggak bisa lepas, bangun tidur yang pertama dicari mainannya... hmmph... harus sabar bujukinnya yah Mba?

Wah senangnya Dini udah bisa diberi pengertian... Kalo aku masih harus "sembunyiin" sayurannya di makanan favoritnya Vania.. :-D

joe mengatakan...

enaknya anak jaman sekarang, masih kecil mainannya sudah komputer

Muhammad A Vip mengatakan...

ibu yang bijak.
memang harus dibanyakin aktifitas yang bersifat ragawi seperti menggambar atau bermain bersama teman-temannya. makan sayuran, makan ikan...waw saya jadi ingat masa kanak-kanak

Hariyanti Sukma mengatakan...

wow.. senangnya Dini ya udah punya komputer pribadi. Semakin pintar donk Dini sekarang ... hm gemesin pastiya.

Bunda Loving mengatakan...

Selamat ya Dini..dpt komputer tutor baru...tp Ingat jgn keasyikan main dan jangan lupain belajar ngajinya ya......

Nova Miladyarti mengatakan...

wah, anak2 kalo udah ada komputer tutor bagini makin mantap mbak, kecerdasan nya bisa diasah terus.
Ayo Dini banyak makan wprtel biar matanya ting ting,hehhe

Djangan Pakies mengatakan...

assalamu'alaikum Mbak,
silaturrahim pertama.
saya baru tahu nih kalo ada komputer tutor khusus untuk anak-anak. Spertinya sarana pembelajaran yang menarik untuk anak-anak apalagi jika didampingi dengan penjelasan yang baik dan bijak dari orang tua.
sekalian ijin folo

Ardian Bumi mengatakan...

hahai, jadwal ngajinya tetep lancar kan dini, semoga aja deh..
Wortel, aiih... Enakan juga bayem..hehe.

zasachi mengatakan...

heheh keliatan si dini serius banget memberi warna.. :) wuihhh... zaman udh canggih ya mbak, ada komputer tutor buat anak2. Smg jd penambah semangat dini buat belajar...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dibuat jus wortel aja sis. campurin dg jeruk dan nanas. pasti Dini makin suka.

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah, sepertinya Dini akan lebih semangat lagi nih belajar dan pasti tambah pintar karena punya komputer tutor. Sayangnya masih disambungkan ke tv ya Bu... tapi tak apalah, yang penting Dini semangat terus belajarnya...

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah teknologi semakin canggih aja...... mesti dikontrol penggunaannya.... wah sangat berekspresi sekali dini dalam mewarnai..... semoga Dini tambah pinter & sholeha mbak.......:)

Aina mengatakan...

wow...asyik ya ada komputer wat anak2 yang tentunya edukatif banget...

pakde Cholik mengatakan...

Kegiatan yang bagus, memperkenalkan benda2 ajaib sejak dini sehingga kelak sudah gak asing lagi.
Sedikit demi sedikit perlu diperkenalkan bahasa Inggris mulai dari benda2 yang ada disekitarnya.

Salam hangat dari Surabaya

Ipin's cool mengatakan...

Anakku merengek minta di belikan komputer tutor seperti ini nih Mbak...boleh pinjem gak..?? hehhe

lidya mengatakan...

baru tau ada tutor hehehe. Pascal biasanya pakai laptop betulan

paud paidia mengatakan...

Betul bu, benda yang bermanfaat bila digunakan berlebihan akhirnya bisa merugikan. Tapi ibu bijaksana kok mengatasinya.

nita mengatakan...

Nyam..nyam wortel dibwt soup dengan macaroni uenak mba. salam bwt dek dini yg rajin belajar dengan computer tutor baruna..

IbuDini mengatakan...

Lyliana : kebetulan di kota saya tinggal juga gak ada mb saya dapatnya di kota kelahiran saya tg pinang.

Joe : saya dulu kenal komputer setelah SMA Om..

IbuDini mengatakan...

Ipin : boleh2 aja tapi harus tanyak dini dulu ya...heheh

Fanny : ide nya boleh juga , kapan2 di coba

Yusnita Febri mengatakan...

waaah saya taunya selama ini Ipad yang biasa di pake anak-anak dg program bermain..
ternyata ada toh lappi khusu anak-anak..
seru juga bisa main itu yaa..
Jelas aja dini tertarik..

btw Krayon Dini banyak deh..
jadi inget krayon saya yg sering patah.. :D

IbuDini mengatakan...

Yusnita : Dini selalu tertarik dengan mainan baru...

Kangmas Joko mengatakan...

Hmmmm...alhamdulillah..Ternyata Produk2 saya dapat di minati banyak orang, soale produk ini sangat bermanfaat Lho...Oh ya skarang dah Muncul Komputer Anak terbaru terbaru...Merk OSHIYAMA..dengan penambahan Program Belajar Alqur'an....Hub kamu di 085 226 322 040

Chello mengatakan...

komputer tutor ini bisa di pesan dmn yah bu...??
saya lagi nyari buat keponakan tapi di daerah saya tidak ada...

Lina Marliana mengatakan...

aku malah baru tahu ttg komputer tutor ini.. ditanyai adikku yg mau beli untuk anaknya, aku jd nyari2 info hingga menclok di blog ini.. :)
usia dini brp mb ?? anaknya rajin banget yah.. beda sm anakku yg usia 3.5thn.. sulit banget klo disuruh belajar2..

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..