Selasa, 12 April 2011

Dini Mulai Pandai Mengaji

Keinginan Dini untuk mengaji sudah sangat lama bisa dibilang sejak ia berumur 4 tahun, waktu itu aku selalu mengajaknya untuk Sholat Tarawih ke Masjid.....maka itu ia ingin sekali mengaji di mesjid dan bukan dirumah dengan Ibunya. Aku tak punya waktu karna bekerja, Omanya juga tak punya waktu karna banyak kesibukan....( Oma ini adalah adek dari Ibu Mertuaku ) sebenarnya aku ingin sekali ia mengaji tapi apa mau di kata aku harus bekerja untuk membantu Suami. Aku juga tak bisa memaksa untuk Omanya mendaftarkan ngaji dan mengantarnya sore hari...karna banyak alasan yang ia uatarakn ...yang dini masih kecil, dini juga sekolah nanti pusing katanya ..ya sudahlah mau gimana lagi ada yang menjaga anakku dengan baik saja itu sudah syukur alhamdullilah.

Akhirnya yang dapat aku kabulkan adalah Dini masuk sekolah TK Kecil.....dia senang karna punya banyak teman dan tempat bermain. Bisa dilihat sebagian anak2 pertama kali masuk sekolah minta ditemani sampai kedalam sementara Dini tidak mau, dan aku juga tak diijinkan masuk olehnya...dua hari setelah itu aku sudah melepasnya dengan naik jemputan sekolah...meskipun begitu aku masih memantaunya selama 1 minggu apakah ia baik2 saja. Syukur alhamdullilah dia tidak banyak menyulitkan para guru dan sopir.

Tepatnya Desember 2010, Dini tidak lagi dijaga oleh Omanya..sempet bingung juga seperti yang kuceritakan disini. Dan alhamdullilah ditempat yang baru ini aku mendapatkan pengasuh dini yang baik dan sabar dan kebetulan juga ditempat yang baru ini aku dapat mengabulkan permintaannya yaitu mengaji.

Akhirnya Dini mulai mengaji pada 1 januari tahun ini di TPA Sabilul Mutta'Qin....setiap hari dia begitu bersemangat dan selalu saja bercerita ketika aku datang menjemputnya. Apa yang ia lakukan disekolah, dirumah nenek dan di tempat mengaji bersama teman-temannya. Sebentar lagi Dini sudah mau Iqro 3 , dia mau membalap Sasa yang sudah Iqro 5....Amin , belajar yang rajin dirumah juga pasti bisa sampai Iqro 5 sama dengan Sasa ya nak....Asikkkk..katanya ( dia paling tak suka kalau aku bilang Dini tak pandai, dan pandai adek Sasa...nanti dia akan bilang Dini juga pandai dan bentar lagi Dini mau Iqro 5...iya..sebenarnya hanya untuk menyemangati dia aja ).

Dini mulai pandai mengaji dan hafalan sudah terbukti karna sudah 2 jumat ini ia selalu saja mendapatkan hadiah buku tulis, dan pinsil. Kebetulan setiap hari jumat TPA tempat dini mengaji selalu diisi oleh para remaja Masjid atau dari Majlis Taqlim. Mereka sengaja menyediakan beberapa hadiah yang akan diberikan kepada anak2 TPA bagi yang berani maju kedepan dan menjawab pertanyaan yang diberikan dan dijawab dengan benar.

Alhamdullilah Jumat sebelumnya Dini dapat menghafal dan membaca dengan benar huruf Hijaiyah dan Jumat kemarin Dini dapat menghafal dan berhitung 1 – 10 dengan menggunakan bahasa arab.

Sebenarnya Dini anakknya sedikit pemalu jika banyak orang meskipun cerewetnya minta ampun, tapi ia selalu berani untuk tampil jika ia menginginkan sesuatu...ini yang aku salut, Pernah pada acara ulang tahun temannya demi mendapatkan balon ia rela menyanyi dan kemarin demi mendapatkan buku juga pinsil ia dengan malu2 mau maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak-kakak Majlis Taqlim.

Aku senang semangat ia untuk mengaji benar2 ada.....dan bukan untuk main2 hanya bertemu teman banyak, Harapanku semoga ia selalu rajin terus dan terus untuk mau mengaji hingga ia dewasa. Karna aku dapat merasakannya jika pandai mengaji dan membaca Al'quran....pikiran ruwet bisa jadi tenang hanya dengan membaca Ayat-ayah Al'quran.

28 komentar:

Bunda Loving mengatakan...

Alhamdulillah....selamat buat Dini udh mulai ngaji...meski agak telat dari jadwal putraku dulu, mulai mengaji..saat ia usai 2th7bln (wkt itu udh msk paygroup sklh Islami) jd otomatis belajar iqra....dan akhirnya usia 8th udah Qatam Al Quran... dan sampai usia 14 th,Alhamdulillah udah sering Qatam...hehehe gak kyk ortunya....

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Alhamdulillah mbak.... membaca Al quran memang perlu ditanamkan sejak kecil biar punya pedoman hidup dizaman serba penuh tantangan yang membuat kita sebagai orang tua mesti mawas diri & ekstra berhati-hati dalam mendidik & mengarahkan anak.......:)

Noeel-Loebis mengatakan...

salut sama anaknya ibu, si dini... hehee..

zasachi mengatakan...

Subhanallah... senangnya ya mbak liat semangat Dini :) Semoga sholehah sampai besarnya nanti ya Din.. :)

isnuansa mengatakan...

Seneng ya Mbak, Dini udah TK kecil dan pinter ngaji. :)

Nia mengatakan...

wah senangnya Dini udah ngaji...aku juga pengen masukin anakku ngaji....tapi mungkin nunggu dia 4 tahun kale...sementara ini anakku udah belajar Iqro di PAUDnya........

Muhammad A Vip mengatakan...

setelah ngaji di luar di rumah juga kalo bisa rutin bu, pasti tambah oke. apalagi anak2 daya ingatnya lagi tumbuh

Gaphe mengatakan...

alhamdulillah, hasil Ngaji Dini udah mulai tampak hasilnya.. semoga bisa berlanjut kebiasaannya sampai ntar gede yak. asal mama papa juga tetep motivasi dan ngingetin aja sih.

Nova Miladyarti mengatakan...

wah, alhamdulillah banget ya mbak dini dah pinter banget ngajinya. mudah2an bertahan sampe gede ya mbak=)

lidya mengatakan...

Allhamdulillah ya anak2 sudah giat mengaji, Pascal aja protes kalau harus bolos mengaji diTPA karena hujan.Allhamdulillah 2 hari lagi masuk Iqro 5

IbuDini mengatakan...

Bunda : benar bun...padahal dia sudah lama sekali ingin mengaji.

Arief : bener Om

Lidya : Dini baru saja mau Iqro 3.

Nova : amin..semoga saja

Gaphe : tentunya Om...

Muhammad : benar sekali..

Nia : ide bagus...anak2 biasanya lebih cepat nagkapnya.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hbeat...hebatt.harus sejak kecil memang belajar agama

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Alhamdulillah, Dini sudah pandai mengaji sekarang...
Dimulai sejak kecil memang lebih bagus. Bang Pendi jadi inget lagu Qasidahan "belajar di waktu kecil bagai mengukir diatas batu. belajar sesudah dewasa, bagaikan mengukir diatas air" syalalalalala...hehe

Pakde Cholik mengatakan...

Very good step. Mengaji memang harus diajarkan sejak dini karena anak2 biasanya cepat bisa.
Kelak setelah agak besar juga harus diajak untuk memahami terjemahannya dan mengamalkannya.

Banyak diantara muslim yang ngajinya yahud tetapi sayangnya belum mau memahami isinya.
Mereka hafal benar kalimat " inna ma'al 'usri yusraa ", tetapi ada yang tidak memahami artinya sehingga mudah putus asa ketika kesulitan datang.

Salam hangat dari Surabaya

DewiFatma mengatakan...

SEmangat belajar Dini tinggi juga ya Mul. Umur segitu udah bisa ngaji.
Top markotop dah, Dini!

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Subhanallah DIni udah pinter yah... Semoga Vania jg cepet pinter ngaji spt kakak Dini... Amin :-D

Cut Maha Ratu mengatakan...

duh pinternya Dini... salam sayang tuk Dini yaa... :-)

Ardian Bumi mengatakan...

wah... Keren th ada kakak2 majlis ta'lim juga, tapi jangan dini terus yang maju, ntar temennya gak kebagian donk...hehe. Setuju banget ama statement yang terakhir th..
Salam kenal mbak, sekalian izin follow.

muhJrs mengatakan...

semoga cept gede dan pinter si dini,,,amin

jumialely mengatakan...

dini, yang rajin ya sayang, biar jadi putri yang soleha

Clara Canceriana mengatakan...

wahhh~~ semoga Dini makin rajin dan pinter baca alqurannya ^^

Hariyanti Sukma mengatakan...

Alhamdulillah .... Dini sdh bisa ngaji. Dan smg Dini dapat menjadikan itu kebutuhannya untuk selalu mengaji dan shalat 5 waktu.
InsyaAlah Dini akan jadi anak yg sholeha,Aamiin

dunia kecil indi mengatakan...

wah, hebat. masih kecil kemauannya kuat. semangat ya, dini :)
memang betul tuh, kalo anak2 harus disemangati. jangan dibilang ada yg lebih pandai/lebih bodoh supaya terpacu tp tetap tanpa beban. jangankan anak2, aku juga begitu kok, lebih senang kalau dbiarkan apa adanya dan gak perlu tau ada saingan, hihi..

IbuDini mengatakan...

Fanny : bener fan

Bang Pendi : sepertinya Bang Pendi mantan penyayi cilik nich

PakDe :' benar PakDe, hanya bisa membaca tapi tak di amalkan.

Mb Dewi : terkadang malas juga kak Wi..

Lyliana, Cut maha, Muhjrs, Jumialely , Clara , Sukma : terimakasih untuk doa nya..semoga dini jadi anak yang Sholehah

Ardian : Salam kenal juga

Dunia kecil : benar sekali...anak kecil musti dipuji2 dan gak boleh dibilang bodoh nanti dia marah dan jadi gak mau belajar.

mama pat mengatakan...

Pasti ibu senang sekali karena putri kecilnya pintar dan sholeha ^^

IbuDini mengatakan...

Mama Pat : tidak ada orang tua yang tak bahagia bila melihat anak-anaknya pintar dan sholeh , sholehah..mam, begitu juga dengan mama pat kan

Zulfadhli's Family mengatakan...

Dini hebat!! Hayooo Sayang belajar terus. Insya Allah ga lama lagi Dini bisa minta dibeliin Qur'an besar ko :-)

IbuDini mengatakan...

Bunda Susan : Amin...sepertinya Iya, dia suka sekali mau pinjam AlQu'ran ibunya.

Poskan Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..