Selasa, 19 April 2011

Dini Mulai Bertanggung jawab

Dini jangan lupa habis maem dibersihkan sisa makanannya yang jatuh-jatuh...iya bu
Dini habis minum susu gelasnya letak di tempat cuci piring ya..iya bu
Dini habis pakai bedak sama minyak jangan lupa letak lagi di laci ..iya bu
Dini kalau ambil baju tidur jangan berantakan ya..iya bu
Dini tolong ibu tutup depan ya..iya bu
Dini kewarung belikan itu tepung bumbu sama daun sop..iya bu

Duhh enaknya kalau punya anak udah bisa disuruh-suruh ya, sedikit ringan beban ibunya dirumah. Tapi tak semua anak dapat melakukannya karna bisanya kalau si anak lagi baik hati mau aja melakukannya tapi kalau udah lagi asik dengan yang lain nonton misalnya...wuhhh jangan harap mau beranjak dari duduknya, dan kalaupun mau pasti mulutnya muncung beberapa centi ( pengalaman pribadi waktu kecil ).

Semua perintah diatas kalau aku meminta dengan baik sambil mengatakan Dini anak pintar maka semua akan dijawab dengan..” iya bu, dan dia akan melakukannya dengan senang hati meskipun terkadang suka ngeledek ' ibu lah. Tapi semua dilakukannya...tanpa merengut muncung bibir, tanpa ngomel atau ngedumel.

Tapi ada satu pekerjaan yang tidak langsung dijawab dengan kata-kata “ iya bu”. Yaitu pada saat dia selesai bermain..boneka, mewarnai, main masakan.......ketiga mainan ini dia akan mengatakan “ ala ibu nich, nanti dini capek gimana, nanti dini lemes gimana, ibu ajalah....siapa yang main, ala ibu nich...tapi nanti ibu bantu ya...( sambil merayu minta aku membantu membereskan juga ).

Beginilah suasananya....kalau dia sudah mewarnai , semua yang ada diatas meja bisa turun.... pertama dari buku , pinsil tulis, pinsil warna, crayonnya ,....belum lagi buku tulisnya dan buku mewarnainya. Terkadang ditambah dengan bermacam-macam mainan barbie dan alat2 masaknya....nanti kalau udah berantakan semua giliran beresin aja perang sama ibunya.

Dini sedang membereskan mainan, buku dan alat tulis

Suka gak tega...apalagi kalau udah lihat dia tak iklas melakukannya...dengan ngedumel, dan ocehannya itu. Dengan ini semua aku hanya bisa senyum2 sebagai pemerhati......yang membuat dia susah karna ia tak mau mengikuti saranku...( pilihlah salah satu mainan apa yang mau dimainkan...bila bosan dengan mainan yang satu makan bereskan baru ganti kemainan lain....nah dengan cara begini pasti anak-anak tidak akan lelah untuk membereskannya ).

Tapi meskipun begitu pada akhirnya aku selalu datang untuk membantunya, karna menyuruh anak2 seperti ini butuh process dan tidak boleh dengan bentakan atau kekerasaan...dengan bentakan atau kekerasaan justru anak2 akan diam tanpa melakukan apa-apa. Beda bila kita datang membantu...dengan bantuan mengajari, bagaimana cara mengumpulkan.....maka ia akan melakukannya dengan senang hati dan dengan wajah ceria juga dia akan mengatakan ibu pintar ya Dini sayang ibulah..( ini kata-kata yang keluar dari mulutnya ).

**

Sebenarnya dari semua ini aku hanya ingin melatih dia agar bisa bertanggung jawab dengan apa yang ia sudah lakukan. Karna jika tidak dengan begini mungkin ia akan malas dan apa2 harus mengandalkan ibunya untuk membereskan apa yang sudah dilakukannya. Dan mungkin akan kebawa sampai kesekolah, rumah pengasuhnya dan juga rumah temannya.

Awalnya sulit dan butuh waktu ....tapi alhamdullilah Dini sekarang sudah lebih bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan dan mulai mengikuti saranku. Meskipun masih suka berantakan tapi biarlah yang penting dia senang dan mau membereskan kembali.


24 komentar:

ancorez mengatakan...

Waduh seneng bgt dech kaya'x udah punya anak..jd pengen cepet punya anak nech

AS Budiman mengatakan...

Salam kenal, Mbak.. ^_^

Anaknya umur berapa ya, Mbak??
Adik sepupu ku kls 1 SD tapi kalo ibunya minta tolong kok ngeyelan bener..

lidya mengatakan...

pintarnya Dini,senang ya bun melihat anak sudah bisa diajak bekerja sama

IbuDini mengatakan...

Uncorez : kalau sudah menikah saya doakan biar cepat, kalau belum menikah saya doakan biar cepat dapat jodoh.

Budiman : salam kenal kembali...makasih atas kunjungannya.
Anak saya usia 5 tahun 1 bulan..dan alhamdullilah dia bisa membantu ibunya walaupun kadang suka angin2nan.

Lidya : benar sekali...sudah bisa di ajak kerja sama, sudah bisa di ajak curhat juga.
jadi kalau saya ada keluhan sakit dia akan mengatakan Minum obatlah bu..biar cepat sembuh.

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Memang mesti diajarin dari kecil mbak biar terbiasa & disiplin serta mandiri....:)

Nyach MMS mengatakan...

Klo dari kecil sudah diajari tanggungjawab, anak akan mengerti kewajiban. Tapi harus hati dalam memberikan perintah atau memakai kata-kata. Anak2 sangat pintar meniru dan membalik perintah.

Info Math mengatakan...

semoga Dini klo besar pinter matematika , amin

Rin mengatakan...

Hihihi.. Dini manis sekali... Tetep rajin sampe besar ya sayang... *kecup*

Muhammad A Vip mengatakan...

asal kalau menolak jangan dibentak-bentak saja bu, atau dijadikan bahan gunjingan dengan orang lain. anak-anak memang seneng disuruh asal dihargai biasanya seneng.

Popi mengatakan...

"Dini, kewarung belikan ibu tepung bumbu sama daun sop!iya bu"...

senangnya ada yang bisa disuruh ke warung! tapi hati2 Bu..takut ada culik! Saya lagi bayangin nih..kira2 ntar Jasmine seperi Dini ga ya? :D

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

memang anak2 harus diajar bertanggung jawab sejak dini biar sudah besar menjadi pribadi yg bertanggung jawab.

asuransioke mengatakan...

salam kenal Dini anak baik sudah pinter, nice post Gan.... lam kenal ya?

Amy mengatakan...

Dini senang membantu ibu nya ya :D . Kadang anak harus dibiasakan mandiri juga :P.

Hariyanti Sukma mengatakan...

setuju sekali .. emang perlu kita ajarkan bertanggung jawab sejak kecil, dan itu gak gampang, perlu kesabaran dan kelembutan. Alhamdulillah Dini mendapatkan itu semua didalam ibunda tersayang....

IbuDini mengatakan...

Arief , MMS : benar sekali

Info : itu yang saya harapkan kelak dia harus pintar dengan matematika

Rin : Amin...semoga saja

Muhammad : Dini anak yang tidak bisa dibentak apalagi dengan suara keras dia akan langsung nagis terisak-isak.

Popi : kebetulan warungnya tidak jauh hanya beberapa rumah makanya saya berani minta tolong seandainya jauh dan perlu menyebrang saya juga khawatir dan tak menyurushnya.

Fanny : benar

Asuransiok : salam kenal kembali

Amy : iya maklulah ibunya dini kan bekerja, kalau dia gak mandiri kasihan sama pengasuhnya

Ibu Sukma : Semoga saya selalu sabar menghadapinya bu

Nufri L Sang Nila mengatakan...

hai dini...semakin besar ya...dan semakin bertanggung jawab...terima kasih lah ke mama...

ok mama?

:)

IbuDini mengatakan...

Nufri : dia suka ajak Tos sama ibunya

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Bener Bunda Dini... emang harus super sabaaar banget yah... tapi kalo udah nurut begitu kayaknya enak baget...

Wah... mencermati kemajuan si kecil tahap demi tahap luar biasa yah Bun... Mudah2an Dini baca blog ini nanti kalau udah besar...

Salam buat Dini, hebat euy udah pinter bantuin Ibunya.. :-)

IbuDini mengatakan...

Lyliana : dulu waktu masih kecil lebih rajin dan banyak maunya...apa2 mau dia yang mengerjakan...umur 5 tahun sedikit berkurang tapi masih bisa lah di kendalikan.

semoga saja sampai besar...

Penghuni 60 mengatakan...

smoga akan menjadi anak yg berguna di masa dpn...
semua hrs dimulai sejak usia msh kcl

IbuDini mengatakan...

Penghuni60 : Amin

Yusnita Febri mengatakan...

kalau abis main suruh beresin lagi..ngeles yaaa.. :D
btw dini udah ngerti yaa kalau suruh belanja ke warung, pinter deh ngerti konsep belanja..

Bunda Loving mengatakan...

duh...senangnya lht dini semakin pinter...

awal2 wkt kita ajarin ank, emg agak angin2an..tp bertambahnya umur..ia semakin bisa melakukan apa2 yg dulu kita suruh tanpa hrs diingatkan lagi..
ini kualami sendiri,sewkt kami tdk lg mempunyai pembantu dirmh...maka akupun mulai minta bantuannya sprt rapiin meja mkn,tmpt tidurnya,dan mengangkat dan melipat jemuran dll..

IbuDini mengatakan...

Yusnita : wahh dia pinter kalau disuru kewarung meskipun udah di kasih catatan tetep aja dia tanyak beli apa bu.

Bunda Loving : salah satu melatih anak supaya mandiri juga ya bun.

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..