Selasa, 01 Maret 2011

Orang Yang Banyak Bicara

Ada dongeng mengenai seorang pemuda yang banyak bicara. Suatu ketika ia berkelana ke dalam hutan. Tiba-tiba ia mendengar suara orang berbicara. Setelah dicari-cari, ternyata yang berbicara adalah tengkorak. Pada mulanya pemuda itu sangat kaget, naum karena tengkorak tersebut kelihatannya tidak berbahaya, ia pun mendekatinya.

Selang sesaat pemuda itu bertanya, " apa yang menyebabkan anda di sini?"...Tengkorak itu menjawab, " yang membawa saya ke sini adalah mulut yang banyak bicara."

Setelah berbicara dengan tengkorak, pemuda itu keluar dari hutan dan berjalan menuju ke kota. Sepanjang perjalanan ia terus menceritakan kepada orang-orang bahwa ia akhirnya bertemu tengkorak yang bisa bicara. Cerita ini akhirnya sampai ke telinga raja. Raja sangat tertarik dengan cerita ini dan ingin membuktikannya. Ia memerintahkan prajuritnya untuk mencari pemuda itu untuk dijadikan pemandu jalan.

Singkat cerita , sampailah rombongan raja ke hutan tempat tengkorak tersebut berada. Untuk membuktikan ceritanya, pemuda itu bertanya kepada tengkorak. Ternyata , kali ini tidak ada jawaban sama sekali. Karena tengkorak itu diam saja, pemuda tersebut bertanya lagi dan lagi. Namun tengkorak itu tetap membisu. Melihat hal ini, raja sangat marah...ia merasa dipermainkan. Lalu raja memerintahkan prajuritnya untuk memenggal kepada pemuda itu. Dalam sekejab putuslah kepalanya.

Setelah rombongan raja meninggalkan tempat itu, tiba tiba terdengar lagi suara tengkorak yang bertanya kepada pemuda itu, " Apa yang membawa anda ke sini?".

Roh pemuda itu menjawab, " yang membawa saya kesini adalah mulut yang banyak bicara.

**
Penyakit masuk melalui mulut, malapetaka keluar dari mulut..karena mulut , orang bisa binasa. Bebicaralah seperlunya, karena bicara yang berlebihan atau yang tidak perlu dan tidak tepat pada tempatnya bisa menimbulkan kesalahpahamam. Tahu kapan kita harus berbicara dan kapan harus diam adalah sikap yang bijak.


Sumber : The Best of Chinese

10 komentar:

Mr TM mengatakan...

Setuju banget dech, jd inget cerita tentang sahabat Nabi yg bertanya kepadanya tentang bagian tubuh yg akan membawa banyak manusia ke neraka, dan salah satu yg di tunjuk Rasulullah adalah Lidah, ya mulut yg asal berbicara.

Mudah2an kita tergolong k dlm orang2 yg selalu menjaga setiap perkataan. Amieen...!!!

Bunda Loving mengatakan...

benar buk..kita harus selalu dapat menjaga mulut dan lidah kita.....agar kita selalu berkata yg lebih baik...

Lisna Lina "Lily" Simangunsong mengatakan...

aku suka ceritanya bu...:D

zasachi mengatakan...

bener banget... mulut kalo gak ati2 emang bs jd sumber malapetaka. nice story Bu Dini...

nita mengatakan...

Betul mba karena dari mulut bisa keluar hal baik dan juga hal buruk. jadi harus jaga mulut dan tutur kata ya.. kalo kata pepatah sih mulutmu adalah harimaumu...

Elsa mengatakan...

hiiiiiiiiiii...
jadi ngeri Mbak,
instropeksi nih, selama ini... banyak ngomong yang kurang baik dan gak perlu.
duuuh, gimana saat nanti MULUT nih dimintai pertanggungjawabannya.
hiks

terima kasih sudah diingatkan

Baby Dija mengatakan...

Dija belom bisa ngomong kok Tante
Heheheee

Susan Noerina (Zulfadhli's Family) mengatakan...

makanya ada pepatah yang bilang "Mulutmu adalah harimaumu. Maka jagalah kebersihannya dengan menggosok gigi sehari 3x" *lho?!?!*

Apa kabar Mba Mul? Sehat kan? Dedk Zahia tanggal 7 ini udah 16 minggu :-)

IbuDini mengatakan...

Mr TM : Amin...semoga saja kita termasuk orang2 yang memiliki mulut terpelihara.

Bunda Loving : betul..meskipun katanya cewek itu bibirnya 2 tapi jika kita bisa menjaganya insyaallah kita bukan orang2 yang suka banyak bicara yg tak bermanfaat.

Lisna : terima kasih atas kunjungannya...semoga kita bisa menjadi teman ya.

Zasachi & Nita : betul 3x kata upin.

Elsa : cerita ini emang buat kita untuk selalu menjaga apa yg tidak seharusnya dilakukan.

Dija : Nah dija sayang...nanti kalau udah besar cerewet boleh tapi gak boleh yang macam2 ya...


Bunda susan : Alhamdullilah kabarnya baik, Wahhh syukurlah semoga sehat2 aja kandungannya ya.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

makanya ada ungkapan silent is golden ya?

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..