Selasa, 28 Juni 2011

Menjadi Pribadi Sukses

Hidup adalah pilihan...pilihan kita setiap manusia bagi yang ingin menjalankannya, ingin sukses maka ia akan berusaha keras untuk bekerja, ingin duduk2 dirumah maka ia hanya akan menghabiskan harta warisan keluarga ( bila ada ), ingin makan enak tinggal pilih mau apa yang kita santap tinggal sesuaikan dengan isi kantong kita.

Dari semua pilihan yang kita inginkan hanya beberapa pilihan saja yang mungkin akan membawa kita kepada kebaikan untuk diri sendiri dan berguna untuk orang lain, dan bukan sebalinya. Jadi bila kita ingin kesuksesan ada pada kita langkah yang kita ambil mungkin bersemangat, termotivasi, berani.

Sementara jika kita tak bertekad untuk kesuksesan kita sendiri dan semangat untuk melakukan sesuatu maka peluang pun akan berakhir dengan sia-sia.

Aku pernah membaca sebuah buku ..yang dituliskan hal-hal yang perlu kita usahakan untuk menjadi pribadi yang sukses untuk diri sendiri.

  1. Sejak kecil kita sudah harus mempersiapkan diri dengan menuntut ilmu dan memperluas wawasan...( tapi ada dalam pertanyaan saya bagaiman yang keluarganya kurang mampu...makan saja susah bagaimana anaknya mau sekolah ).

  2. Kesehatan jasmani dan rohani serta stamina yang baik adalah faktor penting yang akan mendukung kita mencapai kesuksesan. Karna itu hargailah hidup kita dengan seimbang..jika kita kehilangan uang ..kita hanya kehilangan sebagian . Jika kehilangan ketenangan ( cemas, khawatir, depresi, stress) kita akan kehilangan banyak...dan jika kita kehilangan kesehatan ( jasmani, rohani , maka kita kehilangan segala-galanya.

    Ada orang yang ketika muda bekerja sangat keras dan mengorbankan kesehatannya untuk mencari uang. Tetapi, apa yang terjadi ketika ia tua, ia harus membeli kesehatan dengan harga yang sangat mahal, dengan uang yang ia kumpulkan sepanjang usia mudanya..karna itu harus ada keseimbangan.

  3. Dimanapun dan kapanpun kita harus berusaha tampil lebih baik dari yang lainnya : entah itu pekerjaan, tindakan, keahlian, sikap, tutur kata dan sebagainya. Jika kita tidak bisa menjadi yang terbaik maka jadilah yang terbaik sebelum yang terbaik.

  4. Kita harus mempunyai semangat dan ambisi dalam hidup ini untuk mencapai prestasi dan kesuksesan..kita juga harus selalu berusaha untuk berfikir positif dan mengambil hikmah/pelajaran dari setiap kegagalan dan kekalahan. Jangan pernah takut dengan kegagalan...karna orang sukses bukan lah orang yang tidak pernah gagal, melainklan orang yang tidak pernah menyerah.

  5. Hidup adalah pilihan...pilihan kita menentukan nasib kita..karna itu bijaklah dalam mengambil keputusan.

  6. Cerdik dan mampu mengatasi masalah serta berani mengambil risiko.

Akhirnya kembali kepada kita pribadi apakah kita bisa menghargai diri kita sendiri atau tidak, jika ia maka keberhasilan akan kita raih dengan sempurna. Insyaallah ...semoga saja kita semua bisa menjadi diri sendiri dengan baik dan menciptakan kehidupan kita lebih berguna dan tentunya diiringi dengan Do'a dan berusaha.


Sumber : Buku

25 komentar:

Ardian Bumi mengatakan...

subhanallah...
Banyak pelajaran yang bisa diambil.
Mungkin proses hidup yang menjadi pilihan. Dan insya Allah akan menjadi manusia pilihan.
amin.subhanallah...
Banyak pelajaran yang bisa diambil.
Mungkin proses hidup yang menjadi pilihan. Dan insya Allah akan menjadi manusia pilihan.
amin.

Lidya mengatakan...

Thanks masukannya bun, tulisan ini bisa dijadikan penyemangat loh buat aku

Muhammad A Vip mengatakan...

kiat yang bagus bu, semoga manfaat bagi siapapun yang membacanya biar kian banyak orang hebat.

Sofyan mengatakan...

sep...bahkan kesehatan itu sangat mahal Bu,,terima kasih infonya

Penghuni 60 mengatakan...

setuju bgt, Do'a dan usaha itu hrs berjalan beriringan...
semoga sukses ya..
:D

Ferdinand mengatakan...

Ass. Mbak :) Betul aku setuju hidup ini memang adalah pilihan yg diberikan secara bebas oleh Gusti Alloh tinggal tergantung gimana kita memanfaatkan dan memilih.... tapi jujur aja point pertama agak2 bikin aku sedih Mbak hhe... maklum ayah sama Ibuku emank cuma tamat SMP, tapi tetep dari kecil mereka bilang mau nyekolahin aku sampe jenjang lebih tinggi dari mereka, dan klo inget kata2 itu jadi pengen nangis karena yg mereka bilang kesampean :'(

Maaf lama gak muncul Mbak :) apa kabar nie?

attayaya-car mengatakan...

berani mengambil risiko...
itu yg biasa dilakukan oleh org yg sukses
baik mengambil resiko dalam memilih maupun menentukan suatu keputusan

Bang Pendi mengatakan...

setuju banget...hidup adalah pilihan. bila ingin berhasil atau sukses, semua tergantung pada diri sendiri dan tergantung pilihan sendiri mau berhasil atau tidaknya...

matavip mengatakan...

sukses aku ingin sukses. hidup sukses

Nia mengatakan...

setuju dgn poin no. 1, kalo uangnya cuma cukup utk makan, gimana bisa memperluas wawasan yachhh...wong sekolah skrang mahal....dibilang gratis tetap aja ada uang ini itu....

tapi ada juga yg orangtuanya susah tp anaknya sukses....tp itu butuh perjuangan yg sangat kerasss...beda dgn yg orangtuanya kaya...segala fasilitas ada....jadi kalo dia sukses pun sudah sangat wajar hehehhe......

r10 mengatakan...

manusia harus bertahan eksis dari dunia yg kejam ini

Senja mengatakan...

postingan yg bagus mba,...menginspirasi,trima kash mba.

maaf baru singgah kembai mba, lama mood menghilang untuk bloging...alhmdulilah semangat berbagi itu kembali lagi :)

salam untuk dini mba, fotonya lucu sekali :)

hilsya mengatakan...

i like it.. makasih udh sharing

Rin mengatakan...

Ah, tips yang bagus, mbakkuu.. masalah semangat itu lho yang susah. Sering naik turun. Jarang stabil :'(

tunsa mengatakan...

bekerja, bersungguh2 dan berdoa, hehe..itu saja buatku

Gaphe mengatakan...

can't agree more.. setuju banget lah pokoknya ^_^
lebih baik menjadi versi kelas satu dari diri sendiri daripada versi kelas dua dari orang lain..

sukses yaa harus kerja keras dan kerja cerdas

Lyliana Thia mengatakan...

Setuju sama Ibu Dini... dan yg paling penting mnrt ku yah itu ya... berusaha lebih diatas orang lain... Makasih sharingnya yah Bu Dini :-)

Meidy mengatakan...

semoga kita semua bisa sukses ya mb... sukses dg cara kita masing2 dan ukuran kita masing2... salam kenal mbak...

Hariyanti Sukma mengatakan...

makasih ya, mbak sdh ingatkan ...
emang gak ada yg pekerjaan yg sempurna .... tapi bisa maka yang kita lakukan adalah mengerjakannya dgn sempurna, mengerjakan deg sebaik2nya ..iya khan mbak..

attayaya-pasword mengatakan...

jika kita tak menghargai diri sendiri, maka org lain pun ga akan menghargai kita
keep spirit

Mama Kinan mengatakan...

Hmm..bener bener ibu dini..segalanya tapi harus balance....jangan sampai terjadi kayak poin yang ibu dini ceritakan diatas..muda kerja keras mengabaikan kesehatan pas hari tua sakit sakitan..intinya kita bisa menghargai diri kita sendiri dan menakar kemampuan dan kerja keras kita..:)
sipp mantap bu dini setuju banget :)

Nyach MMS mengatakan...

sangat bener2 setuju, membangun kesuksesan harus mulai dari awal, terus dilakukan terutama terhadapap anak.
hidup harus seimbang, gak boleh keterlaluan. Karena semuanya harus menganut hukum keteraturan,

pencari jejak mengatakan...

wah. poin2 yang begitu penting buat sukses tuh mba. :D
saya ijin copas ya buat catatan. ;)
oiya, lama juga tak main kesini lho. aku hibernasi yang sangat panjang. :D

catatan kecilku mengatakan...

Menjadi pribadi sukses memang harus diusahakan masalahnya tak banyak orang yang sabar menjalani usaha itu.. :)

Maaf mbak baru bisa mampir sekarang. Apa kabar? Miss you..

IbuDini mengatakan...

Emang semua harus dimulai dari pada diri kita sendiri, baru semua bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Poskan Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..