Kamis, 23 Juni 2011

Laporan Perkembangan Dini diSekolah

Selasa tanggal 21 Juni 2011 lalu Dini udah menerima Rapor dari sekolahnya , dan lanjut ke TK B ( TK Besar ). Mau tau isi rapornya seperti apa..yuk mari....

Pembiasaan

1. Moral dan Nilai-nilai Agama

Kemampuan ananda Dini untuk membiasakan diri berdo'a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan semakin baik. Dapat mengenal dan menyayangi Ciptaan Tuhan. Mau membagikan miliknya dan meminjamkan dengan senang hati. Besikap ramah dan memiliki rasa sopan santun dan saling menghormati sesama. Untuk melaksanakan kegiatan ibadah sederhana ananda perlu dilatih dan motivasi.

2. Sosial, Emosional dan Kemandirian

Mampu berinteraksi dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, menunjukkan rasa tanggung jawab, menunjukkan kemandirian , displin dalam kegiatan sehari-hari. Untuk rasa percaya diri, seiring berjalannya waktu ananda mulai menunjukkan perkembangan yang baik dari sebelumnya.

Kemampuan Dasar

1. Berbahasa

Dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mampu memperkaya kosa kata yang diperlukan dalam berbicara sehari-hari. Memiliki konsentrasi mendengar yang baik dan untuk menceritakan kembali sesuatu cerita ananda memerlukan latihan dan bimbingan . Mulai dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dan tulisan.

2. Kognitif

Memiliki kemampuan untuk mengenal berbagai konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, menujukkan benda berikut fungsinya, mengenal bilangan, mengenal konsep sains sederhana, mengenal bentuk geometri dan dapat memecahkan masalah sederhana. Untuk konsep ruang dan posisi ananda memerlukan bantuan untuk menentukannya.

3. Fisik / Motorik

Kemampuan ananda untuk mengurus diri sendiri sudah lebih baik, dan sudah terbiasa mengurus barang milik sendiri. Ananda mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan, kelincahan dan keseimbangan yang berkembang dengan baik. Dapat melakukan gerakan jari tangan untuk kelenturan otot seperti membuat berbagai macam bentuk dengan menggunakan plastisin, menjiplak dan meniru garis berpola, memegang pensil untuk membuat gambar. Ananda sudah mampu menunjukkan karakteristik sehat fisik dan mengikuti kegiatan harian secara aktif.

4. Seni

Ananda mampu mengekspesikan diri dengan menggunakan berbagai macam bahan dan media dalam berkarya seni melalui kegiatan eksplorasi. Dapat mewarnai gambar sederhana , mencetak berbagai macam bentuk dengan macam-macam pola. Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai bahan yaitu : menyusun bentuk-bentuk balok sederhana, bentuk-bentuk kepingan geometri, merangkai bentuk dari lidi, bermain dan mencampur warna. Untuk dapat menggerakkan anggota badan mengikuti irama musik ananda memerlukan motivasi dan latihan.


***

Alhamdullilah sekali aku sebagai orang tua dapat melihat perkembangan anak yang lumayan membaik dari yang aku tak jangkakan sebelumnya...dan semoga saja untuk kedepannya Dini bisa lebih baik lagi dalam berkomunikasi, berteman, beribadah, berkarya seni dan selalu dapat menjadi anak yang mandiri dalam mengurus dirinya sendiri dimanapun dia berada.

Saat ini aku sedang mengajarinya membaca, menyambung kata....duhhhh bener-bener harus sabar banget menghadapinya. Ternyata tidak mudah untuk anak-anak bisa cepat membaca ya. Untuk sahabat yang punya solusi harus dari mana si Ibu mengajainya agar anak bisa membaca boleh ya share ke aku. Aku pasti sangat berterimakasih sekali.



28 komentar:

Gaphe mengatakan...

sekarang laporan yang diberikan tidak lagi dalam bentuk angka tetapi deskriptif yah, jadi lebih individual dan bener-bener sesuai kondisi siswa.

dulu kalo saya pas TK isinya cuman A+, A, B+, dan B.. hehehe

catatan kecilku mengatakan...

Wah, Dini sudah makin pinter ternyata.. hasil perkembangan Dini bagus tuh mbak. Salam buat Dini ya...

the other mengatakan...

Dini sekarang udah naik ke TK B ya mbak? Cepat sekali waktu berlalu ya...? Nanti tiba-tiba saja Dini sudah mau lulus SD dan mbak Mul serasa tak percaya.. bahwa ternyata waktu bersama Dini berlalu sedemikian cepatnya. (pengalaman pribadi soalnya hehehe)

Lyliana Thia mengatakan...

Wah aku malah nungguin Ibu Dini utk nge share tips2 cara mengajari anak belajar... hihihi...

Alhamdulillah Dini perkembangannya bagus banget ya,... jadi ikut seneng bacanya....

semoga tambah pinter di sekolah ya Dini... :-)

Bunda Loving mengatakan...

Selamat ya mbak..ternyata Dini semakin pintar....
kalau aku pny pengalaman,wkt terima rapor tentang anak...krn anakku blm bisa baca benar, maka dg terpaksa aku bacain dan agak boong dikit...
" kata bu guru, gak boleh ngemut jari dan mimik susu pakai botol, ntar gak bisa msk SD "...Hehe dg begitu akhirnya mau berobah, masuk TK besar tdk lg ngemut dan minum dg gelas...

Bang Pendi mengatakan...

wah, ikut seneng dengan hasil perkembangan belajar dari Dini. Semoga esok masih bisa berkembang lagi, tentunya dengan bimbingan IbuDini...

Batavusqu mengatakan...

Salam Takzim
Dini tambah rajin ya, biar nanti dapat SD Favorit, dan menjadi anak yang pintar
Salam Takzim Batavusqu

Hariyanti Sukma mengatakan...

Alhamdulillah ... pekembangan belajar Dini bagus banget... senang mendengarnya.
Kalau dulu waktu Yoga masih balita, aku mengenalkan huruf secara tidak berurutan, jadi disuruh dia menyebutkan huruf2 yang ada dikemasan makanannya jadi dgn cara itu dia tidak menghafal urutannya saja, tapi tau huruf A itu yg mana, kemudian untuk merangkai jadi kata, dimulai dengan kata dgn 4 huruf kemudian ditambah huruf nya satu demi satu. setelah itu mulai mengajarkan dengan 2 kalimat dan trus ditambah 3 kalimat dan seterusnya.... yang penting SABAR dan MENYENANGKAN... medianya bisa dari kemasan mainan atau makanan... atau buku cerita pendek. jangan lupa beri award setiap kemajuan yang diperoleh Dini... semoga bermanfaat ya, mbak...

AS Budiman mengatakan...

Dulu ibu sering membacakan buku cerita bergambar sebelum tidur, bukunya selain gambar ada kata-katanya juga..

Kalimatnya sedikit dan mudah dipahami, jadi juga dijadikan ibu sebagai alat mengajari saya membaca..

Itu berlangsung selama saya TK, nol kecil sampe nol besar, Bu..

Lidya mengatakan...

Allhamdulillah Dini sudah dapat raport ya. semangat bun untuk mengajari baca DIni.
Aku mengajari Pascal sendiri kok dirumah sementara teman-teman yang lain ikut les.
kalau mau sharing nanti aku bantuin

Sofyan mengatakan...

ternyata isi rapot TK lebih esip ya,,karena berisikan tentang apa yang telah dipelajari dan kemampuan seorang anak mengaplikasikannya dalm kehidupan sehari²

Cerita Tugu mengatakan...

anak pintar dan berbakat

Yunda Hamasah mengatakan...

Wach senangnya, Dini anak sholeh lagi cerdas ya Bu...

Membaca, ya kadang kita ingin ank kita cepat pandai membaca, wlau ternyta tak sepenuhnya baik, justru penting untuk mengajaari mereka GEMAR membaca daripada PANDAI membaca. Nanti kalau dah masanya akan bisa kok Bu...atau kalau mau cobaain pakai metode Raudah...simple tapi biasanya anak suka...

Salam untuk Dini ;)

IbuDini mengatakan...

Gaphe : saya dulu gak masuk TK jadi langsung SD heheh
Mb Reni : kata mb bener...tanpa terasa anak saya udahmulai besar.
Lyliana : amin
Bunda loving : saya pernah juga berbohong saat dini mau bawa mainan kesekolah saya bilang ibu leli tak kasih karna udah telfon.
Bohong utk kebaikan gak apa ya bun.
Bang Pendi : bener bang
Bataviqgu : makasih
Ibu Sukma : saya save sharenya bun
As Budiman : saya save sharenya Om
Lydia : makasih bun saya mau sekali
Sofyan : iya bener
Cerita tugu : makasih semoga saja.
Yunda : makasih utk masukannya Yun

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Semoga Dini nanti menjadi anak yang membanggakan bagi agama & orang tuanya amin, salam buat Dini mbak

M A Vip mengatakan...

terus beri kesempatan berekspresi bu, biar tak canggung menjalani hidup di suasana baru.

Mama kinan mengatakan...

Wah baru menerima raport yah kak dini, dari deskripsi raportnya baik tuh perkembangan kak dini di sekolah...:) ikutan seneng mbak..:)
semoga semakin baik dan lebih baik lagi untuk di TK B nya nanti :) salam buat kak dini

Artha mengatakan...

waw patut di support terus biar tambah meningkat lagi potensi yang ada

Dhe mengatakan...

Asyik ya mba menjadi seorang ibu, apalagi melihat anaknya semakin beranjak pintar :D

smoga dini smakin pintar dan kreatif ya mba

*lam kenal

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

turut senang melihat laporan perkembangan Dini.

vitta mengatakan...

ini tips dari guru anak saya, katanya, yang penting bundanya rajin memberi stimulan, hasilnya gak usah dikhawatirkan, dini pasti akan kasih kejutan..... tau-tau lancar membaca :D

Bgenk mengatakan...

Wahhh... selamat... Itu pasti berkat didikan bundanya yang top-markotop not top-markotobombe..

Itu yang di samping foto anaknya ya bun...?
hihihihi, jadi inget adek saya namanya si Itachi Akhira...

Salam kenal...

IbuDini mengatakan...

Arief : amin
Vip : makasih utk sarannya
Mama Kinan : iya..insyaallah saya sampaikan salamnya
Artha : iya..makasih ya
Dhe : amin
Fanny : makasih fan
Vitta : makasih sarannya
Bgenk : makasih..

Magic Paper mengatakan...

Dek Dini sudah naik kelas Tk B ya...
Hehehe..baru tahu kalau dulu bunda ku suka boong ya...tapi gak apa2 deh kalau itu demi kebaikanku juga...

IbuDini mengatakan...

Magic : Bohong utk kebaikan gak apa..yang penting kita sebagai anak tidak dirugikan justru menjadi lebih baik kan.

Elsa mengatakan...

wah iya ya Mbak
ternyata ngajarin anak belajar membaca itu susah
dulu aku inget, Ibunya Dija sempat mengeluh juga

wah, aku harus siap siap nih

Baby Dija mengatakan...

Kakk Dini.,..
ayoo belajar membaca sama smaa

IbuDini mengatakan...

Elsa : iya tan...kalau gak sabar bawaannya emosi
Dija : iya makasih dija sayang

Poskan Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..