Jumat, 04 Februari 2011

Keterampilan Itu Perlu

Langit cerah.....ditemani angin yang kencang....Udara yang dingin sangat terasa diruangan ini, sepi tanpa suara dan keributan. Lagu Obbie Messakh yang merdu menemani kesendirianku saat ini.

Jadi teringat akan obrolanku tadi pagi pada seorang teman yang bertanya padaku, dia bertanya sejak kapan aku mulai merasa bisa mandiri.

**
Hmmm mandiri ya...kakak sudah mulai mandiri ketika kakak duduk di kelas 2 SMA. Ya...kelas 2 SMK, masa SMA ambil sekolah kejuruan dan bidang yang diambil adalah Tata Busana. Sebenarnya gak suka... pengennya masuk SMA atau SMEA...tapi lantaran Bapak menginginkan masuk jurusan Tata Busana akhinya nurut aja. Sejak kecil juga kk sudah mandiri..membantu Ibu jualan , terkadang jualan juga di sekolah...Kripik sambal, Eslilin , buah rambutan juga.....tapi kalau lagi musim. Keluarga kk adalah keluarga sederhana tidak sempat bermimpi untuk sekolah tinggi, dan bila itu ada kasihan dengan orang tua jadi musti berusaha untuk ambil kejuruan dengan bekerja.....Ya meskipun hanya bisa 1 tahun tapi sudah lumayan dari pada tidak bisa sama sekali. Dan sekarang kk menikmatnya....bisa bekeja dengan posisi yang lumayan.
( Cerita ku pada temanku ).


Kembali........
Awalnya sedikit sulit tapi setelah mempelajari dan mulai mengetahui aku menikmatinya, tentang Tata Busana, merubah pola, model sampai keperagaan. Karna setiap baju yang kami hasilkan harus diperagakan diluar kelas dan Aula.
Mulai kelas 2 aku mencoba untuk menerima jahitan dari tetangga rumah...lumayan juga jadi aku gak perlu lagi membeli bahan untuk praktek di sekolah. Setelah merasa senang dan nyaman dengan hasil jahitanku lama2 aku mulai punya langganan...dan yang paling menyenagkan kalau hari haya tiba...pasti banyak yang nempah jahitan. Sejak saat itu aku tidak lagi meminta uang dari Ibu...tapi kalau Ibu memberikannya aku juga gak nolak.

Nasehat dari Bapak ketika itu ..." jika kita memulai sesuatu dengan iklas dan niat maka kita akan menyukai pekerjaan itu. Tata Busana itu tidak jelek...karna suatu hari kamu bisa menggunakannya bila berada dirumah dan tidak bekerja lagi. Maka kamu bisa membantu suami dengan bekerja dirumah yaitu dengan usaha menjahit".
( Inilah nasehat dari Alm Bapak ).

Apa yang beliau katakan itu benar...bila melakukannya dengan iklas dan niat maka tidak ada rasa terbebani justru pekerjaan itu akan berjalan dengan lancar...insyaallah.
Dan sekarang meskipun sudah lama aku tidak melakukannya lagi karna pekerjaan luar yang menyita tapi aku ingin melakukannya lagi dirumah....
Sekarang aku sadar..ternyata Keterampilan itu sangatlah diperlukan, baik itu dalam bidang menjahit, tata boga, kecantikan dan keterampilan lainnya. Karna dengan kita memiliki salah satunya dan bakat maka kita tidak perlu takut untuk menuju kedepan yang suatu saat mungkin kita tidak bisa lagi bekerja pada orang lain atau tenaga kita sudah tidak lagi diperlukan oleh Perusahaan...beda dengan PNS ya...masa depan terjamin.

Bosan jadi Pegawai???? atau Hidup ini Indah....( program Trans TV aku suka ).

19 komentar:

Ferdinand mengatakan...

Ass. Mbak

Aku juga sama, awalnya gak suka gambar sama sekali malah, yg aku bisa waktu sekolah juga cuma gambar gunung tp lama2 malah suka dan malah jadi kerjaan hhe... sayangnya gak kaya Mbak yg ilmunya terpakai, soalnya ilmuku selama Kuliah kayanya lebih banyak untuk jadi Tutorial ketimbang kepake Kerja hhe... ndak apa2 lah nikmatin aja...

suatu saat nanti aku pengen berhenti jadi pegawai :P

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aku malah ga dpt pelajaran tata busana wkt sekolah. pernah sih disuruh nyulam wkt SD tapi pas SMP gak diajarin lagi.

Ladyonthemirror mengatakan...

ketrampilan itu perlu. apalagi itu sejalan dengan hobby kita, selain jadi guru aku suka menulis fiksi, walaupun tidak menghasilkan banyak uang tapi memberi kepuasaan batin bagiku

Muhammad A Vip mengatakan...

saya rasa hidup Ibu bahagia, saya ikut bahagia membaca betapa ada orang yang menjalani hidup ini dengan yakin. Selamat, semoga Dini mengikuti jejak langkah ibunya dan bahagia juga...

Henny Yarica mengatakan...

hidup ini memang seharusnya kita jalani saja apa adanya. nggak perlu memaksa, toh semuanya sudah ditulis oleh Tuhan kemana arahnya. Insyaallah kalo kita ikhlas..semuanya akan terasa lebih bahagia

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

bener banget tuh sob, jadilah orang yang terampil. tetap semangat ya sob :)

Edo mengatakan...

Hebat, sudah mandiri smenjak kecil...

Mudah2n aq jg bsa...

Lam kenal...

Muhammad A Vip mengatakan...

sedang belajar apa hari ini Bu? Dini?

zasachi mengatakan...

Nyokap saya penjahit juga mbak... :)

Kang Sugeng mengatakan...

betul sekali bu... bila kita melakukannya dengan iklas dan niat maka pekerjaan itu akan berjalan dengan lancar dan selesai tanpa beban....

Hariyanti Sukma mengatakan...

betul banget mbak .... sesuatu yg dikerjakan dgn iklas dan sungguh2 akan memberikan hasil yg luar biasa dan tak di sangka2.

sikucingbi mengatakan...

Waaah...
Sayang sepertinya saya kebalikan dari mbak...
Hhehe... :)

catatan kecilku mengatakan...

Setuju mbak... ketrampilan itu sangat penting. Itu makanya aku mendorong shasa utk punya ketrampilan, meskipun sampai sekarang shasa masih mencari2 bakat dan minatnya.

the others.... mengatakan...

Nasehat ayahnya benar2 oke mbak. Memang tak ada orang tua yang ingin menyengsarakan anaknya ya..?

Agung Aritanto mengatakan...

kalo saya malah kebalikannya mba pengen masuk smk jurusan komputer eh ga masuk coz terbentur nilai dan jarak k sekolahannya yang jauh dan sekarang saya sekolah d MAN (madrasah Aliyah)

place to study mengatakan...

Shasa juga ingin punya ketrampilan yang berguna bagi hidup shasa kelak, tante.

jejak langkahku mengatakan...

Orang2 yang punya ketrampilan bisa cari uang dengan ketrampilannya itu kan?

IbuDini mengatakan...

Ferdinand : Waalaikumsalam...
tapi itu sudah termasuk hebat, yang penting jangan pernah putus asa...

Fanny : waktu SMP saya masih sapat pelajaran ini yaitu menyulam. Tapi bisa aja karna tidka kepikiran kalau bakal ambil kejurusan tata busana.

Lady : Karna minat dan usaha ya bun..makanya bisa berjalan dengan lancar.

Muhammad : dibilang bahagia gak juga..justru saya dari keluarga sederhana, mungkin saya dari dulu bukan tipe wanita menuntut jadi menjalani hidup ini tidak terlalu terbebani meskipun susah.

Henny : bener banget..karna semu ayang kita atur dan rencanakan udah ada yang mengaturnya lagi.

Ajlani : Amin..

Zasachi : Wahhh hebat tuch...karna punya keterampilan menjahit bisa dipakai sampai tua yang penting pinter kita bagaimana supaya pelangan kita betah.

Sukma : bener mb..

Mb Reni : Iya Mb, saya selalu inget apa yang beliau katakan.
Dini pun akan saya didik supaya bisa lebih mandiri mb.

Kucingtengil : Bisa menjadi lebih mandiri hanya tunggu waktu saja.

Agung : Masuk Madrasah juga gak jelek...yang penting niat kita apa yang mau dilakukan dan kembangkan makan jangan ragu untuk melakukannya.

Shasa : Harus..perjalanan Shasa masih panjang dan masih banyak waktu serta pilihan yang menurut Shasa nyaman dan asik. Jangan pernah malas ya kakak Shasa..

Zulfadhli's Family mengatakan...

Bener Mba, keterampilan itu perlu. Gw juga baru sekarang punya niatan belajar jait, biar bisa bikin baju untuk Zahia :-)

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..