Minggu, 02 Oktober 2011

Batikkan Harimu! - Batik Punya Cerita Dan Kenangan

Aku bangga, kamu bangga, semua juga pasti bangga mengenakannya....setelah ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2009 adalah hari yang sangat special buat bangsa indonesia yaitu Hari Batik Sedunia. Ya....Batik yang sudah dipatenkan oleh UNESCO adalah sebagai budaya asli yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Senyum melebar pasti kita layangkan untuk Batik ini.....yang sempat membuat kita kejut hati tentang Seni Batik yang memiliki nilai seni yang tinggi di klaim oleh negara tetangga.

Tapi alhamdullilah ya teman..semua itu terlewat sudah, dan kini kita bisa dengan bangga mengenakannya. Meskipun sebenarnya aku tidak begitu tau asal usul dari Batik tersebut tapi yang kata orang Batik itu berasal dari pulau Jawa bisa aku jawab “ kurasa iya “, karna terlihat ya orang jaman dahulu pada suka mengenakan batik termasuk ayah dan kakek saya.

Batik oh batik ...sekarang banyak terdapat dimana-mana, dari mulai toko kecil sampai toko besar. Batik juga tidak terlihat dalam sebentuk baju melainkan pernak pernik, tas, sandal, sepatu bahkan sampul kado juga sekarang ada yang bermofif batik. Terbilang sudah dua tahun terlewat tapi semakin kedepan ragam batik semakin meningkat dan semakin banyak pula peminat batik di bikinnya...makanya tak sedikit pengusaha batik bisa kewalahan melayani konsumen pada hari-harinya.

Untuk sekarang ini Batik tidak hanya digunakan sebagai pertemuan resmi kala dulu seperti undangan pernikahan, lamaran, jamuan dan sebagainya. Justru batik sekarang banyak dipergunakan sehari-hari oleh masyarakat indonesia, baik itu untuk pakaian rumah, kekantor, seragam sekolah, bahkan tidak sedikit rumah makan , pertokoan yang sengaja batik digunakan sebagai seragam karyawannya.

Terus terang awalnya aku tidak punya baju batik, malah sebelum batik di patenkan Dini anakku sudah banyak memiliki batik begitu juga suamiku...hmmm kalah diriku. Tapi! Pucuk di cita ulam pun tiba , pada saat aku ingin sekali memiliki batik... alhamdullilah ya temanku yang ada di Yogya dengan berbaik hati mengirimkan aku baju batik dan bahan dasar batik. Seneng bukan main tentunya....inilah pertama kali aku punya baju batik.


Batik Pertamaku....asal Yogja

Dini dan Batiknya

**

Batik punya cerita dan kenangan yang mengesankan , bagaimana pengalaman mengenakan baju batik, dan pertama kali mengenakan baju batik. Awal aku memakainya semua temen-temen pada iseng....ada yang bilang, itu kain gendongan kok dibuat untuk baju yan. Ada juga yang bilang...mul itu baju batik kayak kain sarung.

Akhirnya aku beli batik lagi satu...ehhh masih juga di isengin sama temen , ada yang bilang yan kayak bu guru ya..., ada juga yang bilang seperti guru agama.

Sambil senyum-senyum manis dan bergurau saja menanggapinya. Tapi, lama-lama setelah mendapatkan kenyamanan dari batik ini, hampir setiap minggu sekali aku mengenakan batik untuk kekantor.

Selain ada pengalaman pertama mengenakan batik, masih ada yang lebih seru tentang cerita Batik ini....Dulu kami kekantor tidak pernah ada yang menggunakan baju batik, setelah batik mulai beredar dan sudah di patenkan... salah seorang teman kami pulang ke Joyja dan membawa beberapa helai baju batik yang kemudian di jual. Bisa dibilang kamipun semua beli darinya dengan harga Rp. 60.000.

Ketika itu tanggal tua jadi baju batik dijual kridit alias bayar gajian. Jadi ? , untuk merayakan hari batik sedunia yang udah lewat 2 atau 3 minggu waktu itu ...kami pun janjian pada hari jumat untuk memakai baju batik yang tentunya baju batik yang belum di bayar itu. Akhirnya , jadilah di hari jumat kami berbatik ria dengan bunyi batik di badan ...dit..dit...dit ( kalau inget ini lucu juga ).

Dan sekarang koleksi seragam Batikku mulai bertambah di setiap tahunnya, ( yang kata suamiku bilang seperti anak yatim piatu ).



Batik asal Jogja

Ini Batik dari Sari temenku diJogja tahun 2009, aku kenal dia udah lebih 3 tahun melalui internet dan sampai sekarang aku belum pernah bertatap muka dengannya......tapi kami sudah seperti teman akrab yang saling berkirim kabar .



Batik asal Cirebon

Ini Batik dijahit oleh ibu temanku tahun 2010 tepatnya lebaran 1431H, dulu kami teman kerja karna dia menikah trus ikut suami jadi pindah ke Cirebon dan sekarang dia jadi pengusaha pakaian...ini salah satu productnya .


Batik asal Pekalongan

Ini Batik aku beli online pada lebaran kemarin tepatnya new release, paketan sampai di rumah tepat 5 hari mau Idul Fitri...sempet was-was takut gak sampai tepat waktu, karna pesannya juga dadakan tapi sayang Dini anakku gak ada.


Seragam Dasa Wisma

Nah...ini Batik asal Toko Iklas di Tg Uban, pertama kali punya dana terus beli bahan dan akhirnya punya seragam batik juga tepatnya di tahun 2010.

Batik punya cerita dan kenangan yang akan terkenang sampai kapanpun dan disetiap tahun. Karna di balik cerita batik ini selalu mengingatkan akan temen-temen kantor yang sudah menghilang satu demi satu. Lihatlah bagaimana ekspresi wajah mereka hanya untuk unjuk gigi dan unjuk perbatikkan.




Perpisahan salah satu temen kantor di hari Jumat

Model Batik Manis tahun 2010

Untuk itu.....Ayo kenakan batikmu dan jangan simpan batikmu....atau kirim saja padaku. Selamat hari Batik sedunia, semoga dunia perbatikkan semakin maju dan jaya.


Ini cerita Batikku, apa cerita Batikmu.....

Tulisan ini diikut sertakan dalam Kontes Batikkan HarimuLink

Yang diselenggarakan oleh Nia , Putri dan Orin

34 komentar:

hilsya mengatakan...

batik yang pekalongan warna biru itu bagus banget.. ceraah

Ferdinand mengatakan...

Aduh lupa, iya bener hari ini Hari Batik Nasional haha... beneran Mbak yg kuinget cuma Hari Kesaktian pancasila haha... makasih udah diingetin, nanti klo keluar aku pake Batik deh hhe...

btw, tumben si Mbak narsis pisan dipostingan ini haha.. :)

Maaf baru bsia mampir lagi Mbak, happy Weekend...

mabrurisirampog mengatakan...

batik salem/Brebesan-nya bu, belum ngoleksi kayaknya.. :D

riez mengatakan...

Batik keIndahan yang rumit tapi tetap sedap dipandang...Bukan sekedar coretan dalam kain tapi ada makna yang terjalin

zone mengatakan...

wow serba batik....
hari batikkah sekarang...?
:)

Abdul Cholik mengatakan...

Batik itu mirip lagu dangdhut atau nasi goreng
Dinikmati pagi gayeng, dipakai siang hari enak, disantap malam hari juga syuuuur
Jadikan batik bagian dari gaya hidup anda
Semoga berjaya dalam kontes ini bersama saya
Salam hangat dari Surabaya

Geafry Necolsen mengatakan...

Seneng kalau pakai batik, rasanya pengen tiap hari pake batik.
tapi normalnya kalau pake batik tu hari jumat sampai sabtu. kalau di luar itu..

nanti malah dianggap nyentrik hehehe

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

model batiknya manis2 nih/apa kabar bun?

Obrolan Blogger.com mengatakan...

dhini lucu juga kalo lagi pake bathik itu hi hi hi

Tarry KittyHolic mengatakan...

Motifnya keren2 bund,
Dl kalo pake baju kembar emang srng di blng panti asuhan kayaknya hehe

Lyliana Thia mengatakan...

Dini baju batiknya modelnya lucu2.. ^_^
Ah Vania nyontek boleh ya.. Hihihi...

We love batik too... :-)

Crafts_For_Kidz mengatakan...

Salam kenal Bunda...
Memang luwes kalo pake batik..
dimana aja..kapan aja..

yuniarinukti mengatakan...

Batiknya bagus-bagus, coraknya beraneka ragam ga mboseni ya Bu.. :)

al kahfi mengatakan...

smoga kontes batik kan hari mu nya di menangkan y mbak,,salam kenal,,skalian minta izin follow kalo tdk keberatan di follow balik

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah bagi dong batiknya.

Ferdinand mengatakan...

Barusan banyak juga aku baca postingan yg temanya serupa Mbak.. moga menang yach hho... :) eh tapi hari ini aku pake Batik lho, soalnya kemaren libur kan haha.. :)

Baby Dija mengatakan...

kakak Dini baju batiknya sapasang sama topinya yaa...
kereeeen deh

Elsa mengatakan...

so proud of batik yaaa

Nia mengatakan...

Makasih yach Mbak atas partisipasinya......wah koleksi batik sarimbitnya udah banyak yachhh.....tunggu pengumumannya seminggu lagi yachh...

puteriamirillis mengatakan...

wah serunya pake batik ya bu, ke kantor pake batik why not?
makasih ya mbak udah ikutan batikkan harimu

Keluarga Zulfadhli mengatakan...

Dear.

hikksssss jadi pengen ketawa deehhh.... masa yaaa di samaain ama seragam yatim piatu seehhh..... kan seragamn lebarannya keren sekalee... trus setiap tahun asal batiknya [pun beragam...... sekali2 haris nyoba batik dari luar pulau jawa......


Regards.
... Ayah Zahia ...

Muhammad A Vip mengatakan...

ada kontes batik toh? saya gak tahu. selamat berbatik ria deh buat yang di sana-sana

Penghuni 60 mengatakan...

wow, serba batik ya...
^_^
skrg dimana mana lg musim batik

Cyber Katrox mengatakan...

dengan mengenakan batik, berarti sudah ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia.

yayack mengatakan...

kebetulan saya udah punya dua baju batik yg satu warna cokelat kombinasi kuning satunya lagi kombinasi antara warna merah cokelat dan item. Hehe... Semoga menang bu.... :))

Yunda Hamasah mengatakan...

Foto keluarga dengan rupa2 batiknya kompak banget bu :) Sengaja disiapkan untuk kontes ini ya BU, ake dech sucses ya...

ayu mengatakan...

walaupun aku ga yakin ada batik di bumi melayu, aku tetap akan melestarikan budaya bangsa Indonesia

Nchie mengatakan...

hehee..seragam batik yatim piatu..
aha bapaknya dini ada-ada aja..
bagus ..keren...
batik selalu menyimpan kenangan tersendiri di setiap momen..

catatan kecilku mengatakan...

Mbak Mul tahun 2009 terlihat gemuk ya? Sekarang udah bisa slim lagi... Gimana tuh caranya? hehehe.. #Komendiluarkonteks

Duh, sayang sekali aku melewatkan kontes batik kali ini :(

Orin mengatakan...

Huwaa...topinya Dini batik juga, cantiiiik :)

DewiFatma mengatakan...

Itu Dini umur berapa, Mul....??
Cute cekaleeee.....

Mama Kinan mengatakan...

wah mbak koleksi batiknya banyak yah..:) bangga yah mbak memakai batik..rasanya Indonesia banget gitu..:)
semoga menang kontesnya yah mbak :)

IbuDini mengatakan...

Fedinand : hehhehe mungkin demi kontes kali ya jadi sedikit narsis.

Keluarga Zulfadhli : iya..pengen juga, nanti di cari...

Mb Dewi : itu dini waktu umur 3 tahun kak Wi.

Yunda : hehehhe jadi malu

Mama kinan : belum banyak mb...mau nambahin apa. hehehhe

to all : untuk semua yang sudah mendoakan makasih banyak, semoga kalian di panjangkan umur dan sehat selalu.

Obat Sakit Kepala mengatakan...

wah batik dari berbagai daerah di indonesia emang-keren-keren yah ?

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..