Rabu, 20 Juli 2011

Makanan Sehat Ala Rasulullah dan Aku

Aduk tema hari ini adalah makanan sehat , hmmm siapa sih yang gak suka makan pasti semua pada suka. Apalagi kalau makanan gratisan yang menunya ikan saos, kepiting asam manis, capcai, belum lagi sayur asam, soto ayam .....hmmm seger-seger yummy.


Makanan sehat Ala Rasulullah dan aku tentulah tidak sama, padahal ingin sekali aku mengikuti jejak beliau dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar apa yang sudah menjadi aset pada diriku bisa terjaga dengan baik dan tidak mudah terjangkiti oleh penyakit apalagi keracunan.

Meskipun begitu aku harus berusaha untuk tetap bisa mengikuti jejak beliau, “ ya, walaupun tidak sama paling tidak sedikit-sedikit bisa terlaksana agar lama-lama bisa terbiasa. Hanya saja mungkin untuk memakan setiap hari buah kurma tidak mungkin, karna untuk didaerahku bisa dibilang menemukan buah kurna itu kalau pas menjelang bulan Ramadhan saja dan untuk hari-hari biasa atau bulan2 biasa tidak ada kenampakan yang namanya buah kurma baik itu di mini market, supermarket apalagi warung-warung.

Makanan sehat ala Rasullulah dan aku yang dikit-dikit mirip yaitu dimulai dengan pagi hari mengkonsumsi air putih ketika bangun tidur dan sehari-hari. Alhamdullilah itu sudah bisa saya lakukan dengan baik, meskipun awalnya sangat sulit ketika bangun tidur tapi lama-lama menjadi biasa dan bila tidak minum air putih ketika bangun tidur terasa ada yang kurang gitu. Sarapan pagi yang aku isi dengan nasi kini aku isi dengan roti ala dini. Bervariasi tentunya kadang rasa coklat, kadang susu , kadang keju plus meses kadang roti bakar, ...tergantung selera ( meskipun masih suka makan nasi goreng dan mie goreng ).

Nah! Kalau siang aku gak bisa jika tidak makan nasi , jadi menu wajib siang adalah nasi putih meskipun hanya sedikit tetapi harus ada nasi. Jadi aku gak bisa seperti Rasullulah yang bisa mengkonsumsi buah kurma, minyak zait,. “ maafkan aku”. Hingga menjelang malam makanan sehat ala rasullulah dan aku baru sedikit sama yaitu sayur dan buah. Meskipun terkadang masih suka kurang hanya mengkunsumi buah dan sayur. Maklumlah sudah terbiasa dengan nasi tapi akan diusahakan seperti beliau agar badan bisa tetap sehat.

Dan jangan lupa kawan, olah raga!. Rasulullah suka berolah raga. Manfaat dari olah raga ini disamping dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat mengurangi stress, membakar lemak, mencerdaskan kemampuan otak dan lain sebagianya. Yang pasti olah raga itu sangat penting dan baik untuk kesehatan kita..tidak perlu harus keliling kampung cukup dengan berlari-lari kecil di pekarangan atau di depan rumah saja itu sudah hebat.

Semoga apa telah dilakukan Rasulullah dengan hidup sehat dapat kita lakukan dikehidupan kita. Karna tidak ada ruginya bila kita dapat mengkonsumsi makanan sehat dan olah raga pada kehidupan kita justu akan mendatangkan keuntungan bagi kita nantinya. Tidak perlu makanan mahal , olah raga mahal, yang penting sehat, bersih, bergizi dan sesuai dengan isi kantong kita tentunya. Ini hanyalah sedikit yang aku ketahui tentang makanan sehat ala rasullulah , yang sedang aku lakukan untuk diriku dan keluargaku. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Aduk yang diselenggarakan oleh PakDe Cholik di Surabaya.


25 komentar:

pakde Cholik mengatakan...

Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
Akan langsung saya catat
Terima kasih atas partisipasi sahabat
Dari Surabaya saya kirim salam hangat

Orin mengatakan...

Nah...olahraga ini yg masih susah buatku Bu...terkalah rasa malas huhuhuhu.

Gudlak untuk ngADUKnya yaa, kali ini tema kita cukup berbeda Bu hehehee

IbuDini mengatakan...

PakDe : makasih De
Orin : makasih...sama2 juga buat Orin

Amy mengatakan...

Smoga cerita aduk2nya menang y mbk :)

bunda kanaya mengatakan...

semoga menang yaa.... salam kenal ...

Nia mengatakan...

wahh kalo di jakarta mau cari kurma gampang...di pasar tanah abang setiap hari ada kurma.....

kalo minum air putih setiap bangun tidur, aku juga biasa melakukannya.....sejuk di tenggorokan kalo abis bangun tidur langsung minum air putih

sukses utk kontesnya...smoga menang

kang nur mengatakan...

Menu ala Rasulullah, sudah sehat berpahala lagi. salam kenal dari kota Solo.

Call me Batz mengatakan...

aq sich kalo pagi mulai beberapa bulan yang lalu uda wajib oatmeal tanpa gula dan garam.. hehehe

DewiFatma mengatakan...

waa.... keknya menang nih, Mul..
Manteeeppp..!!

Sofyan mengatakan...

wah sudah pada nulis nih,,

semoga sukses dengan ADUK nya Pak Dhe

Bang Pendi mengatakan...

Kalau soal makanan, kayaknya Bang Pendi masih berantakan nih...belum milih2 mana makanan yang sehat atau tidak sehat. Olahragapun kayaknya sudah tidak pernah melakukannya lagi, gimana mo sehat ya...

Semoga sukses deh kontesnya...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

sip keren keren...kalo aku sih makanan sehatnya lebih banyak sayuran dan buah, tempe tahu juga. gak suka daging sih.

IbuDini mengatakan...

Fanny : amin....heheheh

Mama Kinan mengatakan...

Wah mantap nieh makanan sehat ala bu dini, saya juga masih nasi minded, mau beralih ke outmel utk ganti nasi aja nggak bisa bisa..hehehe tergoda nasi terus...:) nah itu dia olahraga nieh saya yang males..hehehe secara senin-jumat kerja, pagi pagi bangun masak memasak, sabtu minggu mau olahraga males, mau ikut aerobik didpan kompleks saya, bapaknya blom kasih ijin karena kinan masih kecil...jadilah...melar.com mbak..hehehe..semoga menang yah mbak..:)

Bunda Loving mengatakan...

Keren...semoga menang...
Alhamdulillah ala Rasullullah ini sudah kami terapkan dalam keluarga...meski bagian olahraganya yang akhir2 ini agak kendor....

Lyliana Thia mengatakan...

Rasulullah memang panutan segala sisi kehidupan... mulai dari akhlak, sampai gaya hidup sehat... Subhanallah...

vitta mengatakan...

memang hidup sehat ternyata tidak perlu mahal....
semoga menang.... :)

lidya mengatakan...

cara Rasul mudah sebenarnya ya bun

IbuDini mengatakan...

Nia : ditanah abang kayaknya emang tempat segalanya ya.

IbuDini mengatakan...

Amy, bunda kanaya, sofyan , mb dewi : amin
Lydia : iya bun
Vitta : bener
Bunda : sama bun
Mama Kinan : amin
Bang Pendi : amin

IbuDini mengatakan...

Kang Nur : salam kenal juga

niQue mengatakan...

Selamat yaaaaa .......menang kontes tuhhh hehehe

aku juga seperti ORIN, yang susah itu olahraganya huhuuh ....*malas*

IbuDini mengatakan...

Nique : makasih

Baha Andes mengatakan...

Selamat ya bu....
Terus berkaya yooo.

Kurnia mengatakan...

klo kerja nya jadi kuli bangunan g kuat bu lo harus sarapan roti

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..