Jumat, 15 Juli 2011

Dini , Buku-buku & Rumah Barbie

Dini berjanji jika aku membawanya jalan-jalan dan memenuhi permintaannya maka ia akan mulai belajar lagi dengan melancarkan membacanya. Soalnya aku rada khawatir masuk SD anak2 lulusan TK harus sudah bisa membaca.

Ada beberapa buku yang sudah aku beli dari pinang, disamping beberapa buku bacaan aku juga membeli beberapa buku berhitung. Dan sengaja aku membeli buku dari sekolahnya juga untuk dia agar bisa belajar dirumah. Karna semua alat tulis tidak bisa dibawa pulang melainkan tinggal disekolah...setelah tamat sekolah baru semua dikembalikan, mungkin untuk menghindari rusak atau hilang, kecuali buku semester setelah selesai baru dibawa pulang.

Agak sulit emang untuk mengajarkan anak bisa membaca dengan cepat, meskipun dalam pemberian makanan yang baik dan susu yang bagus tapi jika anak tersebut tidak ada kemauan untuk belajar emang susah. Jadi kudu sabar dan pelan2....yang harus ditanamkan di hati ibu adalah kesabaran tingkat tinggi.

Semoga beberapa minggu kedepan Dini sudah terlihat perkembangannya....untuk saat ini ia baru bisa mengambungkan kata yang mulai dari A ~ D.

Seperti : bibi, bobo, bola, buku, caca,cace,cici,cabe,coco, didi,dede,dodo,dodi ( 4 kata dari awalan b ~ d udah lumayan meskipun terkadang suka lupa ).

Untuk dikte A ~ Z alhamdullilah sudah bisa, untuk menulis Ibu, nama sendiri , Ayah juga sudah bisa.

Untuk berhitung sudah lumayan, cuma dia suka kasih permintaan bilangan di atas 6 jangan ya bu..hehehhe karna tangan nya gak cukup katanya...seperti 6 + 4, atau 6 + 5...padahal dia cukup menggunakan alat hitungan. Dia bilang kalau 2 + 3 kan enak...gak susah2 jarinya ..lucu2.

Beberapa buku yang aku beli sendiri dan buku dari sekolah serta satu permintaan yang sudah lama belum tertunaikan, akhirnya tertunaikan sudah.



Giat belajar ( beli di sekolah harga Rp. 75.000 jumlah buku 13 buah) terdiri dari :

Giat belajar semester 1 dan semester 2, belajar membaca dan menulis, belajar sains, aku terampil, taat beragama, menelususri maze, bentuk warna ukuran dan pola, melanjutkan cerita, bergerak dan bermain, belajar membuat kalimat, belajar berhitung, anak hebat.

Lancar membaca melalui Lagu Metode Cantol Roudhah( beli disekolah harga Rp. 130.000 jumlah buku 2, 3 CD, 2 buku bacaan) terdiri dari :

Terdapat 3 CD untuk ejaan seperti guru mengajar kemduian diiringi dengan lagu, 26 Abjad penyambung kata, menebak kata dengan gambar, buku menulis A dan B.

( Dua metode diatas dipelajari dalam 1 tahun, dan masih ada beberapa buku tambahan ...karna menurut aku tidak begitu sulit makanya aku sengaja tidak membelinya ).

Oleh-oleh dari Pinang berupa buku2 dan hiasan kamar.

Rumah Barbie Dini

Nahhh ini dia Rumah Barbie yang sudah diimpikan sejak lama, kebetulan jalan2 ke Ramayana sedang ada diskon... karna yang besar udah habis jadi dapat yang ukuran sedang. Gembiranya minta ampun..begitu apa yang ia inginkan sudah dapat gak sabar lagi minta pulang ( pengen cepet2 dibongkar ). Akhirnya permintaannya tertunaikan sudah.

Bu....Ayolah pulang.......( istrirahat dulu ahhhh )


***

Sebenarnya aku kasihan juga sama Dini...buku yang harus ia pelajari banyak sekali. Terutama membaca yang terkadang aku suka gak sabar dibuatnya, padahal itu semua butuh process agar sang anak bisa mudah mempelajarinya. Yang seharusnya diisi dengan bemain kini pada waktu malam selesai sholat magrib sudah start dengan belajar.

Dini..semangat ya, ayo kamu pasti bisa......

17 komentar:

Bang Pendi mengatakan...

Mengajari anak seumuran Dini memang mesti pelan2 dan sabar Bu, karena kendala yang paling sulit ialah si anak lebih senang bermain daripada belajar. Untuk itu perlu sesekali membuat situasi belajar itu seperti sedang bermain, seperti menjadi guru2an misalnya...:)

Sofyan mengatakan...

Enak dunk Bun belajar sekarang bisa dipelajari lewat CD..

Salam untuk Dini,,semangat ya...

Ferdinand mengatakan...

pelan2 aja Mbak diajarin bacanya, lulus TK udah bisa ngeja kata aja udah bagus menurutku, lha orang dulu aja aku waktu kecil klo suruh ngeja kata sama bu guru langsung keluar kelas haha... :)lagian SD kelas 1 kan malah baru diajarin baca juga toh? klo disini sih gak tau disana....

Muhammad A Vip mengatakan...

yang baca ibunya dulu kayaknya. baca dengan keras cerita yang menarik biar dini penasaran dan ingin membacanya sendiri. sabar bu.

Nia mengatakan...

waduuhh buku pelajaran dini banyak amat mbak? Dini masih TK kan? serba salah yachhh.....katanya emang skrang masuk SD anak harus udah bisa baca...makanya dari Tk digembleng pelajaran membaca...tapi kasihan anak juga yachh takutnya mrk tertekan, harusnya masih main-main.....

Ina juga di PAUD udah diajarin mengeja lochh....belajar menulis juga...ina udah hafal a-z....menulis dikte juga udah bisa...tinggal belajar membaca nech...tapi aku ngga pernah ngajarin...biar dia beljar di sekolah aja....kalo anaknya ada kemauan, biasanya langsung bisa meskipun di rumah ngga belajar lagi.

Lidya mengatakan...

banyak ya DIni belanjaan bukunya. semoga senang belajarnya.
Bun, kayanya aku ga akan beli rumah barbie dirumah hehehe kecuali untuk kado

Yunda Hamasah mengatakan...

Aku juga pake metode Raudhah dulu Mbak untuk anak2ku, tapi tak terlalu rutin apalagi serius mengajarinya Mbak...saat mereka mau saja ;)

Tapi kalu membacakan buku aku usahakan rutin, agar mereka gemar membaca :)

Semoga Dini makin rajin membaca ya...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

siapa tahu dg diberikan banyak buku, Dini jadi makin rajin membaca dan lancar bacanya....Tindakan yg bagus memberinya hadiah buku.

attayaya-usg mengatakan...

ayo semangaaaaaaat
Dini pasti bisa

masuk sekolah skerang harus pake tes mbaca segala.
jaman dulu cuma pake ukur tangan nyampe ke telinga aja

Cikal Ananda mengatakan...

LAmulikuum,,...
Kunjunan pertama di t4 ini,,
salam kenal ya,,..
ijin follow jg,, link nya pun sdh tersimpan rapi di t4 saya.. makasi sblmnya..

Mama Kinan mengatakan...

mbak maaf baru mampir kemari yah, maaf juga blom bisa nyamper kemarin pas ke sakerah, rencananya emang mau nyamper di sakerah hari minggu, tapi nasib berkata lain, sabtunya saya jatuh dari motor sama keluarga, jadi maaf yah mbak..
wah baru liburan dari pinang yah mbak?? dah mulai masih TK B yah kak dini, semoga cepat lancar membaca yah kak dini, udah disiapin semua sama ibu buku bukunya untuk belajar, begitu juga hadiahnya, rumah barbie kesukaan kak dini :)

dina mengatakan...

Amira baru memulai sekolah bun, semoga anak tidak terlalu terbebani ya dengan banyak bacaan itu

Amy mengatakan...

Dini, tambah pintar baca ya... rumah barbienya bagus :)

Bunda Loving mengatakan...

Dini lucu deh...rumah barbie juga lucu (mau donk)...pengalaman ku dulu, waktu umur 2,5 th anakku udh sibuk minta sekolah (mklm dulu di depan rumah ada sekolah SD)..jd cara ia bisa pinter baca...aku menempelkan didinding kamarnya dg berbagai poster yg gede2 dari gambar2 binatang, buah2an,huruf2,angka2 dll, jd setiap hari ia asyik nanya bacaannya/ sampai hafal...jd pas usia 4th udh jago baca dan juga bisa bhs inggris...
Salam utk Dini ya mbak....moga tetap semangat dan tambah pinter....

r10 mengatakan...

lucu, bilangan diatas 6 jangan ditanya he he

IbuDini mengatakan...

Bang Pendi : usulan bagus akan saya coba bang.
Sofyan : semangat
Nia : iya TK...he eh, banyak banget bukunya, tapi itu utk satu tahun mom
Lydia : anak nya jagoan semua ya bun
Yunda : makasih...moga dini makin bisa
Fanny : moga aja fan dia bisa menyukai buku
Bang Atta : iya...nich semangat
Cikal : makasih
Mama Kinan : gak ama mb lain waktu juga bisa
Dina : iya bun
Amy : amin
Bunda : ada juga di rumah bun..mungkin saya aja yg kurang ngajarinnya
R10 : HEHEHEH

Tri Novianto Ilham mengatakan...

Kalo kamu beli buku dan kaset y dimana ya bu.mohon informasi y.soal y di sekolah sudah jarang ada. Trimakasih salam untuk dini

Poskan Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..