Kamis, 27 Januari 2011

Amandel pada Anak

Beberapa hari ini Dini badannya kurang sehat, setelah 2 hari deman panas....tapi sekarang dia sudah bisa masuk sekolah lagi.
Penyebab Dini deman dikarenakan Infeksi Amandel...jadi untuk saat ini dan seterusnya mungkin Dini dilarang untuk makan-makanan yang bisa menyebabkan Amandelnya besar. Mungkin bukan Dini saja yang mengalaminya pasti banyak anak-anak lain yang mengalaminya....dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji seperti snak2, es krim, agar2 kemasan dan minuman yang sekarang bermacam merek buat anak2 pada suka dan terdapat di warung2....karna makanan yang tidak terjaga oleh orang tua mengakibatkan Amandel pada anak usia dini sering didapati...( ini sih kata dokternya ).

Aku sedikit kuatir, karna Dini masih kecil keinginan dia untuk memakan sesuatu sangat banyak dan bila tidak pintar membujuknya apa yang dilarang pasti sangat sulit di mengerti olehnya.
Atas saran dokter banyak hal yang aku larang untuk dimakan oleh Dini...tapi Ayahnya suka gak tega....kasihan katanya...
Dini bilang...semua...semua gak boleh..Jadi Dini makan apa..katanya,...makan nasi aja
makan nasinya sama apa...makan mie boleh gak bu, minum susu boleh gak bu...makan ayam goreng boleh gak bu...trus nanti kalau udah sembuh boleh makan mie bu, boleh makan es krim, boleh makan semua-semua bu......boleh..boleh..kalau udah sembuh semua-semua boleh makan..

Selain obat dan jaga makanan aku juga mulai memberinya Kunyit dan madu...setiap pagi dan malam sebanyak 1 sedok makan. Ada beberapa teman mengatakan dengan cara ini Amandel tidak membesar dan hilang karna anak2 mereka sebelumnya juga pernah mengalaminya.

Dengan catatan : Kunyit yang digunakan adalah kunyit Induk, kemudian di parut diambil airnya jangan ditambah air...air kunyit asli. Kemudian diberi sedikit madu atau madu bisa diganti dengan jeruk nipis. Insyaallah dengan cara katanya anak yang punya Amandel bisa hilang dan tidak perlu dipotong. Amin...semoga saja berjalan lancar.

Dan alhamdullilah banget Dini itu dari kecil tidak takut dengan yang namanya obat, justru dia akan mengingatkan ibunya kalau kelupaan kasih dia obat ketika sakit. Jadi aku kasih dia minum kunyit tidak sulit namun dengan alasan biar cepat sembuh dan boleh makan semua akhirnya dia mengikuti dan mau minumnnya........kesian..kesian..

Ayahnya tetep gak tega dan kasihan karna setiap pulang kerja ayahnya selalu belikan susu coklat dll dan sekarang gak lagi karna aku melarangnya...walaupun sebenarnya aku gak tega juga tapi ini juga buat kesembuhan Dini biar gak keseringan Demam. Sampai saat ini dia belum bosen dengan menu yang aku bawakan kesekolah dan ketempat penjaganya.....dan sepertinya aku harus mulai pintar dan berkreasi tentang makanan sehat yang bisa disukai untuk di bawa kesekolah dan dirumah.
Apakah sahabat semua punya ide untuk ini jika punya minta sarannya buat aku ya...makanan apa saja yang bisa dibuat sendiri tapi sehat...karna aku gak mau dia mengatakan kalau aku adalah ibu pelit. Karna dia pernah bilang ke aku...Ibu nich pelitlah apa-apa gak boleh, semua-semua gak boleh.....

11 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

jelasi aja kalo ibu bukan pelit tapi itu semua demi kesehatannya.

catatan kecilku mengatakan...

Wah sama spt Shasa yg juga sering infeksi amandelnya. Tapi sekarang tubuh shasa sudah lebih kuat mbak. Jadi meski berjam-jam di kolam renang, berhujan-hujan ataupun makan es... shasa tak langsung drop.

the other mengatakan...

Untung ya Dini pinter minum obatnya... jadi sakitnya bisa langsung diobati. Aku baru tahu lo mbak kalau kunyit bisa untuk mengobati amandel.

Place to Study mengatakan...

Dik Dini punya sakit spt Shasa ya ternyata, tante?

Ladyonthemirror mengatakan...

anakku Rizky dulu ngga amandel sih cuma bolak-balik batuk dan sakit tenggorokan, kadang kasian juga liat dia mandang gimanaaa gitu sama anak yg makan permen atau es...he..he..

7 taman langit mengatakan...

saya setuju kalau es krim dapat menyebabkan amandel
semoga Anaknya cepat sembuh ya Mbak, amin.

Senja mengatakan...

semoga gak harus dioperasi ya mba ku :(
dini nya nurut dulu nak jgn jajan sembarangan dl ya....

Elsa mengatakan...

anak anak ya gitu Mbak...
sebagai ibu kepinginnya melindungi mereka dari jajanan di luar sana, tapi apa daya... meskipun kita sudah bikinin yang lebih enak, anak anak lebih suka makanan di luar sana.
harus pinter pinternya kita mengawasi makanannya yaa

baby dija mengatakan...

semoga Kakak Dini gak sakit deh

dina mengatakan...

Amira juga pernah bun panas ampe kejang malah huhu, karena Amira pas minum obat malah dikeluarin lg, dan kata dokter ada infeksi amandel gt deh... jadinya skrng yah gt deh sama , ada pantangan makanan, menjaga spy tidak panas lg.

IbuDini mengatakan...

Fanny : terkadang dia mengerti karna mau sembuh tapi jika dia sudah menginginkannya maka dia akan bilang ibu pelitlah..

Mb Reni : Alhamdullilah..dari kecil dia emang udah suka yang namanya obat jadi gak kesulitan kalau dia sedang sakit untuk minum obat. Meskipun terkadang timbul juga rasa dia tidak mau minum obat mungkin terlalu pahit...

Kakak Shasa : iya kakak...tante juga baru tau pas baca blognya bunda Syaya..

Lady : Dulu dini juga sering terkena batuk bun...bisa dibilang sembuh 2 minggu trus kambuh lagi, akhirnya dibawa kedokter anak dan ikut sarannya alhamdullilah sampai skg dia udah jarang banget yang namanya batuk.

7 taman langit : Amin...makasih doanya Om...

Senja : Semoga saja ya tan...dini lekas sembuh.

Elsa : bener banget...meskipun kita udah buat yang enak dan baik menurut kita belum tentu anak2 seleranya sama dgn ibunya.

Dija : Amin....

Dina : Semoga Amira sama Dini cepat sembuh dan gak panas2 lagi ya..

Poskan Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..