Kamis, 01 Juli 2010

Mie Lendir


Mungkin para sahabat sedikit aneh bila mendengar ada makanan yang namanya Mie Lendir, makanan apa itu ya? Enak apa gak ya ? Gimana rasanya ?..dan banyak lagi.

Mie Lendir ini adalah salah satu khas Pulau Batam, Pulau Bintan / Riau . Makanan yang di sajikan dengan mie, tauge, telur rebus, irisan cabe rawit dan atasnya di siran dengan kuah kacang yang kental..rasanya yang pedes-pedes manis bikin para pengunjung ke kotaku pasti akan ketagihan untuk menikmatinya lagi. Meskipun namanya sedikit aneh tapi tidak mengurangi rasa kelezatan dari Mie Lendir tersebut. Bila kita sekali merasakannya maka pasti para sahabat akan ketagihan untuk mencobanya lagi. Jadi jangan lupa kalau para sahabat berkunjung ke kotaku jangan ragu-ragu untuk mencobanya di Melayu Square di kota Tanjung Pinang, pasti tersedia.

Postingan kali ini aku ingin berbagi resep Mie Lender ala KU dan temenku Yani yang ada di Tanjung Balai, untuk itu tidak usah takut kekurangan bumbu atau kebanyakan bumbu. Karna di sini aku tidak memberi takarannya berapa, karna para sahabat pasti akan kesulitan. Begitu juga dengan aku karna aku mencobanya juga dengan mengira-ngira, namun begitu rasa yang di hasilkan lumayan memuaskan. Jadi mending untuk yang pemula buatlah resep ini bisa untuk di nikmati kira2 4 atau 5 orang. Pasti udah ok hasilnya. Selamat mencoba...sukses..

Bahan-bahannya 1:

1. Mie Kuning ( mie lidi ya 1 bungkus cukup buat pemula di rebus)
2. Tauge ( beli aja 1500 cukup itu )
3. Daun bawang ( iris tipis )
4. Daun seledre ( daun sop iris halus )
5. Telur ( di rebus )
6. Cabe rawit kira2 12 biji di potong kecil-kecil.

Bahan yang di haluskan :

Cabe merah, cabe rawit, bawang putih 1 atau 2, kencur ( di halukan )
Ubi jalar ( keledek ) di rebus kemudian di haluskan.
Kacang tanah di goreng ( di haluskan )

Cara membuat kuah kacang :

Semua bumbu yang di haluskan di masak + air kira 3 atau 4 gelas+ srey yg di geprak + daun salam. Masak sampai mendidih jangan lupa kasih garam dan mie won untuk menambah rasa nikmatnya bumbu kacang tersebut.

Penyajiannya :

Untuk lebih hangat masukkan mie kuning + tauge kedalam rebusan air, sebentar saja dan angkat.
Letak di piring + telur dan siram dengan kuah kacang.
Taburkan daun sop, daun bawang + bawang goreng bila perlu..


Mie Lendir

23 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Wah... jadi pengen nyobain juga nih mbak.. Enak kayaknya.

the others mengatakan...

Enak tuh dimakan saat hujan.. Hemmm...

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wadooooh...sore2 jadi laper nih ! kayaknya emang maknyus nih mie lendirnya apalagi kalau rasanya pedas....mantap deh !

Seiri Hanako mengatakan...

bikin ngiler deh...
padahal tadinya pikirku ini mie dari lendir apaan..
sempat teringat pasien2ku di RS
(^__^)V

IbuDini mengatakan...

Mb Reni : jangan ragu2 untuk mencobanya mb, di jamin gak nyesel..
bener mb, enak sekali kalai di makan pada saat cuaca dingin..rasanya gimana gitu..

Bg Pendi : Rasanya pedes manis gitu...hmm yummy

Mb Hanoko : emang sih ..namanya sedikit aneh, tapi gak ngurangin rasanya mb..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

jadi lapaarrrr

IbuDini mengatakan...

Fanny : Ayo di coba saja jangan sungkan..

Anonim mengatakan...

ohhoo enak tenan

Anonim mengatakan...

mmm,,,pengen nyoba resepnya,,tq ya kak,,

Anonim mengatakan...

makasih buat resep ini, karena dah 13thn tak pernah dpt makanan melayu yg hanya ada di kepri
ini.

Bambang Irawadi mengatakan...

Boleh dong ibunya dini nanti kalo lagi buat,boleh tak kami coba buatannya?pertama kali saya dikenali dan ditraktir sama pak edy,awalnya saya coba menolak tawarannya karena nama menjijikan tetapi ketika saya melihat aslinya hidangan mie ini tak asing lagi bagiku,karena kalo di medan namanya mie rebus,salah satu mie favoritku selain mie tiuw..hehehe

IbuDini mengatakan...

Mas Bambang : Tenang aja mas..nanati kalau buat pasti diundang.

melisa mengatakan...

alhamduillaaahh.. akhirnya ada jg yang posting kan resep mie lendir niy.. makasih y kak.. dah ingin sangat nak mkn mie lendir, kerana skrg tinggal di jawa jd tak ade yg tau. yg ada waktu cerita ttg mie lendir, pd ramai, semuanya bilang "haahh?? namanya kok jorok gitu siih??" belum tau je mreka.. hahaha...

Linda mengatakan...

Mbak Dini, salam kenal,terima kasih banyak ya resep mie lendir nya yaaa....habis ni langsung ke pasar beli bahan dan dipraktekin..tengkyuuuuu....

Anonim mengatakan...

manisnya drmn? d resep g ada bahan gula/gula jawa nya..

nadia amanda mengatakan...

resep yang satu ini udah jadi menu andalan di daerah qu.provinsi kepulauan riau tepat na di kota tanjung pinang tepat na lagi di jalan bintan.
wahh...jadi kangen....

Anonim mengatakan...

thanks resep nya...rencana nya aku mau buat untuk acara ultah anak ku....!! kalo makan mah, sering...biasa aku makan di Jalan Bintan Tg.Pinang....cuma kalo buat belum pernah...makanya mau nyoba nei...

IbuDini mengatakan...

Nadia : saya juga aslinya tg pinang lho.

calicocantik mengatakan...

Makasih ya resepnya...Lagi pengeeee makan mi lendir sampe ngences nih.

afri Mohammed mengatakan...

Asli name masakan nie....Mie rebus....ini bukan masakan khas melayu.....tapi dari cine.Loh mie ...kolo diTanjung pinang yang masak/dagang orang jawa..Tetangga saye.dagang di jalan Bintan....yang merusak nameni Orang malaysia...dengan bahasa menyalah...oleh karena kuah mie ni kental karena campur tepung terigu sebagai pengental jadi kayak lendir....maka di sebut die Mie Lendir....Memang sedap klo dimakan panas.....SAllam TPI.

Anonim mengatakan...

kok ingrediantsnya gag ada ukurannya ? kan jadi bingung mo bikinnya....

#so sad

fardi nurdin mengatakan...

dari kecil saya sdh kenal dg kuliner yg satu ini sejak thn 1963 semasa saya sekolah SD ( SR ) waktu itu di SR no3 jl. sunaryo kampung bukit, nama sebenarnya adalah mie rebus, kemudian lebih sikenal dengan loh mie, yang paling terkenal ada di jl. bintan, rasanya memang nikmat,sayang sejak saya pindah ke jkt thn 1990 saya tdk pernah lg menikmati santapan yang khas tanjung pinang ini.

fardi nurdin mengatakan...

Cik Dini, dapatkah ncik post kan resep dan cara membuat nasi minyak ikan tamban, saya rindu sangat dengan ingin makan nasi lemak dengan ikan taman yang biasa saya beli hampir setiap pagi di toko panjang jl. merdeka, terimakasih ncik dini.. salam kuliner

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..