Senin, 26 Juli 2010

Tanaman & Halaman

Dini minta di buatkan kue, tapi listrik lagi mati...bahan sudah tersedia, mau kocok pakai tangan capek terpaksa nunggu sampai lampu hidup.

Sambil menunggu lampu menyala aku dan dini melakukan pekerjaan sebagai fotografer di halaman rumah. Sebagai modelnya yaitu tanamanku yang sudah mulai subur dan besar. Karna beberapa bulan yang lalu aku baru saja mengobrak abriknya. Tanaman yang sudah mulai tua dan kurus aku mendaurnya dengan menanam kembali anak-anaknya. Karna aku ingin di hari lebaran nanti tanamanku sudah bisa membuat cantik pekarangan rumahku.

Kata orang rumah yang jelek kalau sedikit banyak terdapat tanaman bunga pasti akan di lirik oleh tetangga yang lewat. Melirik bukan memperhatikan rumahnya yang bagus atau jelek melainkan tanamannya yang ..wahhh bagus ya, itu sih katanya.

Ditemani tetanggaku ' Nia namanya, dia juga sedang membersihkan pekarangan rumahnya. Biasanya kak Nia kalau jam 11 keatas dia sibuk dengan jahitan bajunya, berhubung mati lampu jadi kak Nia gak bekerja makanya kami bisa mengosip dari halaman rumahnya ke halaman rumahku.

Sesibuk nya kita, sempatkanlah sedikit waktu untuk mempercantik pekarangan yang kita huni. Karna bisa membuat rumah kita menjadi indah dan nyaman serta sejuk. Tanaman sama seperti anak kecil karna itu untuk mendapatkan tanaman yang subur kita musti rajin membaur dengan mereka, sedikit berbicara jika kita membersihkan rumput di sekitarnya, membelainya dgn lembut agar daun-daunnya tidak di hinggapi hama, minimal 2 hari sekali di beri minum...yaitu dgn menyiramnya. Air beras lebih bagus karna akan membuat tanaman kita menjadi subur. Meskipun tidak di beri pupuk, yakinlah dgn kita rajin menyapanya pasti tanaman kita akan subur. Karna koleksi tanamanku di rumah tidak ada satupun yang ku beri pupuk. Pernah mendapat pegalaman, kepingin cepat tanamannya subur sengaja aku memberi pupuk yang agak banyak ternyata panas alhasil tanaman bukannya subur melaikan mati. Dari situ aku bisa mengambil pelajaran bagaimana merawat tanaman dgn baik.

Akhirnya lampu hidup juga kira-kira jam 1 siang...langsung cepat kilat, mixer telur , gula di bantu oleh dini, senangnya dia jika aku membuatkan kue untuknya ...selesai , tinggal menunggu masak. Dini pun ketiduran karna menunggu kue, bangun tidur pertama yang di tanyak Bu..kuenya udah masak belum, lansung aja menghabiskan 2 potong kue. Yummy katanya...

Maksud postingannya apa ya..dari kue bisa ke tanaman...

Tamana Anthurium dan Tanaman Lainnya

Bunga Kamboja Merah












Sirih Merah













Lidah Buaya

22 komentar:

Vicky Laurentina mengatakan...

Mbak ini telaten sekali mengurusi tanaman. Dari kecilnya senang berkebun ya?

IbuDini mengatakan...

Vicky : wahh bu docter akhirnya berkunjung juga, bukan senang lagi..mb dri kecil sudah biasa dengan yang namanya menanam..belajar dari Ibu.

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah...bang Pendi juga seneng tuh pelihara tanaman, sayangnya sirih merahnya mati karena batangnya digigit tikus. Sial bener, apa barangkali tikusnya dah nenek2 dan kepengen nyirih kali ya...hehehe

salam hangat & sehat selalu...

catatan kecilku mengatakan...

Hehehe, aku jadi malu nih karena akhir2 ini tanamanku terlantar... Pulang kantor udah capek jadi males ngurusinnya. Dulu waktu masih ada yg bantu2 di rumah masih ada yg bantuin aku ngurus tanaman2 itu, tapi setelah semua pekerjaan rumah tangga diurus sendiri... tanamannya jadi gak kepegang deh... hehehe

the others... mengatakan...

Wah, koleksi tanaman mamanya Dini bagus2 banget. Keliatan kalau terawat dg baik. Penggemar aglonema ya mbak..?

IbuDini mengatakan...

Bang Pendi : ternyata si Tikus tau tanaman yang mahal ya ..dasar tikus..

Mb Reni : sangat Mb, saya sangat suka sama tanaman aglonema...pernah kecewa Mb, sudah subur dan bagus tiba2 mati..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, koleksinya keren semua. bagus banget

senja mengatakan...

selamat siang mba ^^

duhhh,banyak banget koleksi tanamannya mba?
jadi inget ke rumah mamaku di cirebon dan kuningan sana.

mama juga bertangan dingin alias menanam apapun sellau saja subur dan indah.
gak seperti rumahku hiks...kalo lg semangat diuruslah tuh bunga,tp lebih sering dtg malesnya..akhirnya si mpok aja yg rutin nyiram2 .

aku sudah makan mba,...karena msh ada obat yg hrs aku minum ^^

sun sayang untuk dini...:)

Raini Munti mengatakan...

ibu yg kreatif mceriakn dunia :)

slm knl

mperkenalkn sik clothing koleksi 2010 silahkn mmpir ke bajuqueen.blogspot.com

mksih

Reni mengatakan...

Met malam... mampir lagi :D

om rame mengatakan...

jenis tanamannya beragam Bu, sehat-sehat Lagi.
saya juga suka sekaLi dengan tanaman, dirumah ada pohon meLati yang rimbun, kaLau Lagi berkembang tetangga suka pada takut waktu maLam karena wanginya yang semerbak. tapi kaLau siang hari, bunga habis dipetikin.
terima kasih teLah berbagi kisah.

ieyaz mengatakan...

wahh..tanamannya banyak banget yaa..
jenisnya beda2 lagi...

btw.. kuenya masih ada g mbak..??? bagi dunkz kalo masih.. *lhoo..??* hehehe...

salam buat dini ya mbak.. :)

Yohan Wibisono mengatakan...

"Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

IbuDini mengatakan...

Fanny : keren ya..kalau gitu harus di kembangkan lagi nich

Senja : Sun balik dari dini.
Ya kadang mb pun gitu..bila datangnya malas, tanaman sampai kasihan sekali..kekeringan dan banyak daun yang mulai kuning, habis itu baru nyesel..kenapa gak di sempatkan waktu..

IbuDini mengatakan...

Mb Reni : makasih mb gak bosen untuk selalu berkunjung.

Om Rame : Dirumah ada juga bunga melati..kalau musim panas cepat sekali dia mengering, tapi jika musin dingin dan hujan...sumbernya cepat dan hmm bunganya emang wangi..

ieyas : Sayang kuenya udah habis..beberapa hari ini di bawa sama dini kesekolah.

Yohan : makasih..sukses juga untuk Yohan dan terimakasih atas kunjungannya

Lilah mengatakan...

Asyik memeang bersuka ria dg tanaman, spt postingku kmr..tapi sayang mbak, rumput gajah miniku yg di dalem rumah agak mengering, terpaksa ntar nanem baru lg, smg bs tumbuh, diar dpn dapur jg ikut hijau..

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Eh...yang ketiga dari bawah namanya apa bu, lupa saya ! nah..itu susah banget berbunganya kalo ngga ditaruh diatas balkon, maonya panas2an terus...untung bunganya tetep merah dan ngga jadi keling ato item...hehe

Salam hangat & sehat selalu...
Salam buat pak Adi :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

setuju, sekecil dan sesederhana apapun rumah kita bila ditanami bunga jadi lebih indah.

IbuDini mengatakan...

Mb Lilah : cepet mb sebelum semuanya mati..sayang kan kalau mati..

IbuDini mengatakan...

Bang Pendi : Bunga Euphorbia..bunga yang tahan matahari..
bunga ini di tempat kakakku lebih subur dan besar2 bang pen..mungkin pengaruh yg nanam kali ya..karna tuan rumahnya gemuk makanya bisa besar.
Tapi dirumahku kecil..ada yang bunga 8 juga gak mantap hasilnya

Fanny : Setuju...karna indahnya rumah juga dilihat dari bunga-bunga

Yusnita Febri mengatakan...

rajiin mbaa.. di tengah kerjaan masih sempet buat ngurusin tanaman..
klo saya rasanya cm cukup menyiram saja tanamana milik ibu.. :D

IbuDini mengatakan...

Yusnita : sempat gak sempat di sempat2 kan ..soalnya di rumah juga gak ada pembantu..jadi ya, apa2 di kerjakan sendiri.
Mungkin karna hobby juga makanya..rajin

Poskan Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..