Jumat, 18 Juni 2010

Menghafal Nama

Dini pingin sekali masuk sekolah, hampir setiap hari bila kami mengantarnya kerumah Oma dia selalu bilang Dini sekolah bu. Aku hanya jawab iya nanti kalau Dini sudah besar.
Dan setiap hari juga dia selalu memberhentikan perjalanan kami kerumah Oma bila lihat anak-anak TK yang sedang berbaris di halaman sekolah, Dini main bu..katanya gitu. Aku bilang kalau Dini mau sekolah gak boleh nakal, gak boleh nagis, gak boleh minta susu..dia jawab " iya bu..

Tapi ya namanya anak-anak, sebentar aja udah lupa ..mana tahan kalau gak minta susu, nagis apa lagi, nakal hmmm gak usah di bilang. Dini juga sudah mulai menghafal nama aslinya..meskipun agak kesulitan. Ternyata memberi nama yang panjang buat anak sangat susah juga untuk si anak menghafal nama. Apalagi aku selalu menggunakan nama pangilan dan bukan nama aslinya. Ini salah satu kesalahan ku..namun begitu aku berusaha agar dia bisa mengenal nama aslinya.
Karna aku takut jika dia masuk sekolah saat di panggil nama aslinya Dini tidak tahu.

Caraku mengajarkannya dengan mengikuti cerita Ipin dan Upin yang sering di tontonnya setiap hari. Ternyata sangat berkesan..dalam waktu 2 hari dia sudah mulai bisa menghafalnya. Tapi namanya juga anak-anak ya..kepengennya ikut katanya. Sekarang dia sudah hafal nama aslinya, nama ibunya, ayahnya, juga tempat tinggalnya. Meskipun tidak jelas tapi sudah hebat menurutku.
Aku bilang : Dini kalau ibu guru panggil Marsya Putri Adhini, nanti dini angkat tangan ya.." saya bu.
trus katanya : bukan gitu bu..gini.." bangun..
" selamat pagi cekgu
" selamat pagi murid-murid
" marsya putri adhini
" saya bu

aku pun ketawa, sambil bilang bukan gitu nak..kalau guru nya sudah masuk ucapin selamat pagi..
trus kalau gurunya panggil nama Dini , baru jawab ' saya bu..
bukan semuanya Dini yang ngomong....

Dini sekarang juga sudah mulai bisa menghafal doa makan, bagaimana cara duduk yang bagus. Tapi kembali lagi ke yang namanya anak2 menurut dia mungkin semua doa sama, meskipun udah di ajarkan doa tidur seperti ini, atau doa yang lain. Dia tetep aja dengan hafalannya yang pertama..jadi meskipun udah di bilang doa makan tidak sama dengan doa tidur, tetep aja dengan keinginan dia..kadang di kamar mandi pun kalau lagi mandi baca doa makan. ^_^ hmm Dini..dini..

Namun begitu aku niatkan untuk Dini masuk sekolah, Sabtu besok baru bisa di lihat apakah bisa masuk TK A atau TK B mengingat umurnya yang masih 4 tahun. Karna informasi yang di berikan oleh ibu Atika guru TK dimana Dini mau sekolah mengatakan kalau untuk sekarang anak usia 7 tahun baru bisa masuk SD, kalau belum 7 tahun gak bisa masuk SD. Jadi kasihan kalau kelamaan di TK.

Yang pasti aku selalu berusaha untuk yang terbaik buat anak....meskipun aku tau keinginan anak-anak itu sebenarnya bisa berubah. Mungkin hari ini si anak sangat bersemangat ingin sekolah, nanti kalau sudah masuk sekolah pasti akan rasa bosan karna sudah kenal yang namanya main.

7 komentar:

Vicky Laurentina mengatakan...

Eh, Mbak, aku kirain Mbak yang punya blog ini yang namanya Adhini, ternyata itu nama putrinya ya?

Aku di TK 2,5 tahun, Mbak. soalnya aku sudah masuk TK dari umur 3,5 tahun. Tamat TK umur enam tahun (coz ulangtahunku kan bulan Mei), jadi ya cukup lama itu. Tapi aku nggak merasa bosan sih. ;-)

Aku juga nggak ngira memberi nama terlalu panjang buat anak itu bisa menimbulkan kesulitan kepada anak itu sendiri. Tapi ya kurasa itu berkaitan dengan usia anak, coz pada usia tertentu kan daya hafal mereka belum terlalu kuat.. :-)

catatan kecilku mengatakan...

Lho... mirip nih dengan namanya Shasa. Kalau Shasa namanya Marsha, makanya dipanggil Shasa. :)
Salam utk Dini yg makin pinter ya mbak...

the others.. mengatakan...

Shasa masuk Playgroup umur 4 tahun dan umur 7 tahun dia masuk SD. Jadi... 3 tahun Shasa di sekolah itu... hehehe. Untungnya gak bosen.

Adhini mengatakan...

Vicky : sebelumnya maaf kalau menggunakan nama anak..tadinya blog ini hanya buat cerita anakku saja, ternyata jadi campur-campur.

Mb Reni : Wah..iya mirip, tapi lebih mirip dengan ponakan ku, pangilannya juga shasa.
alhamdullilah Dini sudah bisa di terima di TK A.

Yusnita Febri mengatakan...

Ternyata nama Andini itu nama belakang yaa..
hmm tar bingung juga kalau sekolah..
biasanya klo sekolah di panggil nama depannya..
harus di kasih tau mulai sekarang nih, nanti protes lagi ke gurunya.. =)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

anak yg lucu ya....

Ibu_Dini mengatakan...

Sangat lucu..di karenakan lucunya itu suka di marahin hehehe

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..