Kamis, 25 Agustus 2011

Persiapan Lebaran

Rasanya baru kemarin kita memasuki bulan Ramadhan dan memulai berpuasa. Hari ini tanpa terasa pula sebentar lagi kita akan memasuki bulan Syawal yang tinggal menghitung hari dan kita semua umat islam akan merayakan kemenangan dengan berhari Raya Idul Fitri. Hari Lebaran yang sudah di nanti-nanti bagi kita semua. Sehingga segala sesuatu untuk Persiapan Lebaran pada jauh-jauh hari sudah dipersiakan....dari mulai rumah, baju baru, kueh-mueh, mudik , thr buat ponakan serta sodara mara....dan banyak lagi.

Tapi jangan sampai lupa yang wajib....selain membayar Zakat Fitrah , selagi kita bisa dan mampu bantulah sedikit hartamu untuk orang-orang yang ada disekeliling kita yang sangat membutuhkan. Karna tidak semua orang bergembira untuk menyambut hari kemenangan ini karna ada yang tidak mampu untuk membeli baju baru, kueh-mueh dan lain sebagainya...( kisah nyata tetanggaku yang mengeluh bila hari lebaran tiba ….ia tidak suka bila ada hari raya ).

Kembali kepada Persiapan Lebaran...

Pada postingan hari ini aku ingin menceritakan sedikit tapi panjang tentang Persiapan Lebaran yang dimulai dari Mudik, Rumah, Baju baru, Kueh-mueh, THR, buat ponakan serta sodara mara, ketupat, gulai dan rendang....dan banyak lagi.

1. Mudik

Untuk sahabat semua pasti sebagian udah pada siap ya untuk acara mudiknya....kalau aku seperti biasa di lebaran pertama sholat pagi di daerah komplek tempat aku tinggal, trus berlebaran bersama Ibu Mertua dan selepas Zuhur baru Mudik ke Tg Pinang. Untuk persiapan mudik sudah disiapkan sejak malam lebaran tentunya. Bisa berlebaran di kampung halaman pasti sangat menyenangkan...

Seperti Mama Kinan salah satu sahabat dunia mayaku ...hmmm pasti Mama Kinan udah sampai kampung halaman. Aku tau Mama Kinan mudik karna sebelum ia berangkat ia sempat main ke kantorku tapi cuma bentar banget....jadi bisa di bilang itu kopdaran pertama kami setelah yang sebelumnya gagal * sayang gak ada fotonya, tapi janji habis mudik kami mau ketemuan lagi *.

Bicara sebentar tanya kabar dan bla-bla...ujung-ujungnya Mama Kinan pamitan sekalian ngasih THR buat Dini,....duhhh Mama Kinan ini ya aku jadi malu tapi gak bisa menolaknya, meskipun sebentar ngobrolnya tapi aku tau dia pasti orangnya ramah banget. Alhamdullilah Dini dapat THR...makasih Mama Kinan moga dimurahkan rejeki dan selalu sehat walafiat...Amin.

2. Rumah

Rumah kita adalah segalanya bagi kita...meskipun kecil tapi bila punya sendiri pasti hal yang menyenangkan.....gak ada salahnya bila kita mempercantik rumah pada saat lebaran, dari mulai cat kembali, ganti gorden, kaca di lap sana-sini, rumput di halaman jangan sampai ada yang bernyawa..genteng-genteng jangan sampai ada yang bocor, bunga-bunga harus segar ( maksa ) dan banyak lagi.

Alhamdullilah tahun ini rumahku masih seperti yang dulu tidak ada pengecatan ulang. Tapi meskipun tidak di cat ulang seperti rumah-rumah tetanggaku dari mulai ujung kiri sampai ujung kanan...tidak membuat hatiku goyah untuk ikutan juga * alahhh Mul...bilang aja gak punya duit buat beli cat rumah, heheheh lho kok tau *.

Kata Dini...bu rumah kita di catlah biar cantikkkkkk....iya nanti kalau Dini udah rajin nulis di buku ya. Anakku sekarang lagi rajin-rajinnya nulis sama coret-coret tapi tanpa sepengetahuan aku dia melakukannya di seluruh tembok ruang tengah...hmmm mau bilang apa semua sudah terjadi, jadi ya sudahlah.

Yang penting sekarang bukan cat rumahnya tetapi hati yang iklas, juga penghuni rumahnya yang harus ramah tamah untuk menjamu tamu-tamu disaat lebaran nanti. Meskipun rumah gak di cat...lebaran tetap sampai kerumah kita kan???

3. Baju Baru

Wahhh sahabat semua udah pada beli baju baru ya..” lho IbuDini kok tau”. Ya taulah habis setiap pagi suka lihat berita mudik pulang kampung sama persiapan lebaran....dari mulai daerah jawa sampai luar jawa jadi kelihatan dikit-dikit sahabat-sahabat pada nawar baju.....( Puasa gak boleh ngawur bicaranya bu...) hehehhehe “ maaf “.

Dini : Adek Dija sama DD Walu udah beli baju belum? , Pascal sama Calvin pasti udah ya....Valeska gimana udah juga tuch, apalagi mbah Kung Abdul Cholik pasti udah banyak baju sama sarungnya yang baru-baru. Oh iya....Om Bayu Family...adek bayinya udah beli sepatu belum? kakak Shaha pasti bajunya udah banyak ya....Dan semua kawan-kawan ibu kami pasti udah pada beli baju baru ya......

Dini udah beli baju ....di belikan dari ibu, mbah uti, dari bude juga ada...mbah dewi juga ngasih..bibi sama mamak sasa juga ngasih. Baju Dini udah banyakkkkk...karna Dini puasa jadi bajunya banyak. Hmmm ...anak-anak seperti ini ya, di kasih baju di belikan baju promosinya sampai kemana-mana.

Tapi buat semua orang tua dan saya tentunya...hal yang diutamakan selain untuk keluarga adalah untuk anak. Paling tidak kebutuhan anak kita penuhi terlebih dahulu baru kebutuhan kita. Yang penting sesuai dengan kemampuan kita dan jangan terlalu berlebihan karna dengan sangat memanjakan anak juga gak baik buat ia kelak.

4. Kue Lebaran

Kue lebaran sudah menyebar dimana-mana dari mulai toko kecil sampai toko besar, tinggal bawa duit trus pilih apa aja kue yang mau kita beli bila tak sempat membuatnya. Jadi sahabat gak usah kuatir lagi karna mau buat gak bisa atau kalau pesan mahal 1 kilonya. Hidup ini makin lama makin praktis dan lebih mudah. Hanya cari duit aja yang gak mudah.

Alhamdullilah ini adalah tahun ke 4 aku membuat kue lebaran sendiri, dulu di tahun pertama dan kedua aku selalu saja pesan sama kakak Ipar...tapi setelah selalu mendapatkan kunjungan tamu dan saudara-saudara yang banyak serta suami dan anak yang suka makan mau gak mau aku harus belajar membuat kue. Alhamdullilah berkat usaha dan kemauan dan bermodal nekat akhirnya aku bisa membuat kue...meskipun awalnya berat banget ya karna semua dimulai dengan bersamaan...dari membeli peralatan dan memperaktekkan.

Berkat usahaku itu meskipun kurang mantap tapi lumayanlah buat sahabat-sahabat mencobanya juga...bila ingin mencoba resep kue dan masakan olahanku sahabat bisa berkunjung ke MARI. Insyaalah bila aku tak bekerja nanti aku akan memperdalam tentang Masakan dan akan mencoba menerima Orderan kue lebaran. Tahun ini aku menolak rejeki lagi.....habis takut gak sanggup teman.Tautan

5. THR

THR sudah di terima 10 hari menjelang lebaran dan kalau menurut hitungan aku udah dapat THR dong. Iya udah dapat THR tapi udah habis, tinggal sisa beberapa ratus ribu aja buat THR para ponakan dan saudara mara yang di Pinang dan Batam. Resiko keluarga besar seperti ini...tapi meskipun rame enak juga punya banya saudara, jarang-jarangkan semua keluarga bisa bertemu dan ngumpul kalau gak pas suasana lebaran seperti ini. Rasa udah tak sabar mau ketemu sama mereka-mereka.....

6. Ketupat, Ayam kampung, Sambal goreng, nasi kuning dan Rendang

Wanginya Gulai dan rendang bentar lagi tercium, sibuknya merebus ketupat dan lontong tinggal bentar lagi. Biasanya menjelang besok hari raya semua menu di atas dimasak secara bersama-sama aku dan Ibu Mertua. Tapi sejak 1 tahun yang lalu kami udah gak tinggal sama mertua lagi jadi aku mulai memasak sendiri. Meskipun hanya sedikit tapi itu harus di lakukan karna syarat kata suamiku. Tapi biasanya menu aku gak selengkap menu ibu mertuaku buat.

Tapi tahun ini sebagian menu masakan diatas harus aku yang mempersiapkannya setelah aku melakukannya sendiri 4 tahun yang lalu. Tahun ini ibu mertua kerja di kantin sampai malam lebaran jadi gak sempat buat masak. Jadi kami membagi tugas.....dirumah aku yang masak ayam kampung 3 ekor, dan sayur lodeh. Sementara ibu nyambil kerja juga ngerebus ketupat......

Harap maklum meskipun suamiku anak tunggal tetapi saudara dan ponakan Ibu banyak juga di daerah bintan ini jadi kalau masak gak bisa sedikit....karna setiap lebaran pertama semua pada ngumpul dirumah ibu dan makan bersama-sama.

Karna itu aku selalu gak tega kalau meninggalkan ibu mertuaku pada saat menjelang lebaran jadi biar adil habis lebaran sama ibu mertua baru pulang ke pinang.

Sebenarnya masih banyak lagi persiapan lebaran aku, yang ingin di ceritakan dipostingan ini....tapi udah kepanjangan banget ternyata. Pasti sahabat juga udah pada pegel dan bosan baca celotehanku. Moga persiapan lebaran sabahat berjalan lancar dan selesai sesuai dengan perencanaan yang sudah di rencanakan.

****

Aku sudah biasa melakukan hal rumah sendirian, suamiku paling mau bantu-bantu nyuci baju aja selebihnya aku semua yang melakukan utk hal rumah. Apalagi pada bulan puasa dan menjelang lebaran seperti sekarang....otomatis nambah banyak pekerjaan.

Gara-gara gak inget waktu dan kurang istrirahat kemarin sempet teler 3 hari...gara-gara kecapean beres-beres sama buat kue. Sekarang udah alhamdullilah tinggal bantuk dikit aja...moga aja menjelang lebaran aku sehat dan gak sakit. Amin....

Pernah 4 tahun lalu gara-gara aku kecapean semua masakan aku yang nyiapin karna ibu mertua kerja sampai malam lebaran, jadi dari lebaran pertama sampai 4 hari lebaran aku terbaring sakit gak bisa kemana-mana.

Untuk itu...bagi sahabat yang punya naluri ibu rumah tangga banget kayak aku, dan semua ingin dilakukan sendiri..boleh-boleh aja tapi jangan lupa jaga badan, usahaan istrirahat dan jangan paksakan diri. Karna sakit itu tidak enak....apalagi pada saat Idul Fitri.

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat ya....Amin...Amin...



35 komentar:

Call me Batz mengatakan...

iya mbak..tak terasa lebaran sudah sangat dekat..untuk yang merayakannya.. semoga semua persiapan lebarannya lancar-2 ya..

7 taman langit mengatakan...

wah persiapannya banyak juga ya
kalau saya cuma persiapkan baju lebaran saja
ha ha
semoga sehat selalu

Muhammad A Vip mengatakan...

selamat menyongsong idul fitri. cepat sekali rasanya memang, baru kemarin puasa sudah mau selesai saja. selamat sibuk dan capek bu

Orin mengatakan...

Wahh...cukup banyak nih Bu persiapannya :) semoga lancar2 aja ya Bu sampai hari H nanti ^^

Ferdinand mengatakan...

Aku ingin menceritakan sedikit tapi panjang.

terbukti kata-kata diatas Mbak, soalnya setelah tak baca emank panjang juga haha... untung kelar.

Fiuh! senengnya yg bisa mudik hhe... aku tahun ini ndak mudik Mbak, cutiku udah abis soalnya, jadi aku masih jagain Jakarta tahun ini hahaa..

klo THR Alhamdulillah udah dapet dari kantor, dari Mbah Google, dan buku dari sahabat2 blogger hhe... klo baju kayanya gak perlu soalnya masih bisa dipake.... mungkin cuma ketupatnya yg aku tunggu haha... :)

Aduh cepet banget ya, gak kerasa euy...

Gaphe mengatakan...

eww ketemu sama Dini, dikasih THR sama mama Kinan. kalo saya yang ketemu mama Kinan kira-kira dikasih THR juga gak yaa.. hahaha..

wah, soal mudik, ntar sore barusan berangkat.. kalo soal THR, samaaa udah abiss.. maklum, kalo bulan puasa gini kebutuhan meningkat.

kue lebaran, tiap hari mah dikasih sama klien. asik yah, nggak perlu beli-beli :P

dina mengatakan...

senengnya Dini dapat THR ama baju baru ya, bun , ditunggu kiriman kue dan ketupatnya ya ;)

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Hiks... lebaran taon ini, aku ga punya schedulle mo kemana.

Sofyan mengatakan...

wah lengkap sekali nih ulasannya,,,selamat bermudik Bu semoaga selamat sampai tujuan

Lyliana Thia mengatakan...

Wah persiapannya lengkap jg ya... Untung aku gak pake mudik, berkurang satu kerepotan.. Hehehe...

Mudah2an hari raya ini sehat selalu ya...
Salam utk Dini, mbak.. ^_^

IbuDini mengatakan...

Call : makasih
7 Taman langit : amin
Muhammad : makasih
Orin : amin
Ferdinand : iya
Gaphe : asik dong
Dina : insyaallah
Obrolan : enak dong gak repot
Sofyan : amin
Lyliana : Insyaallah disampaikan nanti salamnya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kirimin rendang dong...hiks..ngiler deh..

DewiFatma mengatakan...

Beluuuuummmm... Valeska belom beli baju baru Tante, minggu kemarin mau ke Pinang tapi gagal gara-gara mama sakit perut..huhuhu...

Mama bilang minggu ini mau ke Pinang lagi, mudah-mudahan aja jadi. Kakak Dini pasti udah punya baju dan sepatu baru ya? Ihh...ngiri lahhhh....

Antaresa mengatakan...

bukan lebaran rasanya kalo belum makan ketupat sambel goreng, hahaha

DewiFatma mengatakan...

Kami juga nggak ngecat rumah keseluruhan, Mul. Cuma dapur ama dinding samping. Kalo dalam rumah nggak dicat, sayang hiasan dinding yang udah dibuat Valeska pake lipstikku hilang..hahaha...

Kalo kue udah diantar semalam, kan aku pesen ama tetangga dan kakak ipar ajah. Nggak bikin. :D

Dewi mengatakan...

Salam kenal, Buk....
Saya orang baru :)

Selamat hari raya idul fitri.. Mohon maaf lahir dan batin...

zone mengatakan...

persiapanmenyambut bahwa kita akan disucikan.... :)

attayaya-trembesi mengatakan...

zakat mal udah
zakat fitrah udah
kue ada dikit mayanlah
baju baru ntar-ntar ajalah

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
mohon maaf lahir bathin

kang nur mengatakan...

NURHAYADI

BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

MENGUCAPKAN

TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM

MINAL 'AIDIIN WAL FAIZIIN

HAPPY IEDUL FITHRI 1432H

AS Budiman mengatakan...

Kalo di kota saya nambah satu: minuman kaleng, entah yang pake soda atau yang biasa.. Rasanya aneh aja kalo berkunjung atau dikunjungi tapi suguhannya nggak ada itu tadi.. ^_^

Oiya, met lebaran ya, Bu, maafkan lahir batin..

Merliza mengatakan...

lengkap sudah.. melajuu!!!

Selamat Idul Fitri 1432 H
Mohon maaf lahir dan batin
Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni segala dosa
dan kesalahan kita serta menerima semua amal ibadah kita
Amiiin.

Bunda Loving mengatakan...

Taqoballah minna wa minkum, taqabbal yaa karim...
Minal aidin wal faizin...

selamat mudik mul...wah jadi iri deh lihat kel yg bisa mudik..sayang sekali kali ini aku gak jadi kemana2 lebarannya...krn 8 hr yl, ibu mertuaku sedang koma di ICU...

Muhammad A Vip mengatakan...

selamat iedul fitri bu. maaf lahir batin

abeng beng /arjopedal mengatakan...

Selamat hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.

Tarry KittyHolic mengatakan...

Wow, padat bngt acaranya ya bu. Memang sesibuk apapun kesehatan kudu diutamakan. . .

Met idul fitri.
Minal aidin wal faizin
Mohon maaf lahir dan batin

top 1 oli sintetik mobil-motor indonesia mengatakan...

selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin.....meskipun telat semoga tidak mengurangi nilai silaturahmi dan ukhuwah nya yaa....

catatan kecilku mengatakan...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H
Mohon maaf lahir batin...
Salam utk adek Dini, baju barunya berapa biji dek? :)

~Reni dan Shasa~

Hariyanti Sukma mengatakan...

Ibu Dinii.... selamat hari raya idul fitri, Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum .
Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin”
meskipun telat semoga tidak mengurangi nilai silaturahmi dan ukhuwah nya yaa....

puteriamirillis mengatakan...

wah ibu persiapan yang oke banget...saya pengen deh pinter masak kaya ibu..ajarin aku dong...tp udah suka juga kunjungi blog masak ibu...

maaf lahir batin ya bu...

bu ikutan sharing pernikahannya yuk bu ...http://puteriamirillis.blogspot.com/2011/08/blog-quiz-story-pudding-for-wedding.html#more

IbuDini mengatakan...

Untuk sahabat yang merayakan Hari Raya Lebaran saya juga mengucapkan selamat hari raya idul fitri , mohon maaf lahir dan bathin.

Dan Blog saya juga gak bisa di buka.....ini balasnya melalui facebook.

Nia mengatakan...

wahh persiapannya bener2 mantep....

Dd Walu udah beli baju baru, biar emaknya ngga beli yg penting anak2 dulu dech eheheh....

aku dulu waktu belum merid suka bikin kue sendiri bareng tetangga...kalo skrang ngga sanggup soale ada krucil-krucil....takut diacak-acak adonan kuenya hehehe....

7 taman langit mengatakan...

selamat Sore !
Minal Aidin wal faidzin ya Mbak !

Ferdinand mengatakan...

Sore Mbak :)

Kena masalah Login juga ya Mbak? sama kaya aku hihihi... Pertanyaan Mbak tentang galat Login aku jawab di blogku yg satunya, dipostingan ini:

http://dj-note.blogspot.com/2011/09/inilah-solusi-untuk-anda-yang-terkena.html

Klo kurang jelas kirim Email ke aku aja djnand.dj@gmail.com, biar aku balesnya lebih cepet, soalnya lagi belum sempet ngurus blog yang DJ Site, pengen balesin pertanyaan di blog2 yg sebelah dulu hhe... :)

Aku pamit Mbak, moga berhasil Login lagi pake caraku itu... :)

Muhammad A Vip mengatakan...

lebarannya sudah selesai bu

IbuDini mengatakan...

Muhammad : berhubung puasanya 1 bulan jadi lebarannya 1 bulan juga hehhehe

Nia : iya...kebetulan aja Dini udah gede sekarang jadi bisa dibuat sendiri. Tahun pertama dan kedua juga saya pesan.

Ferdinand : makashi banyak ya...berkat bantuannya blog ini bisa aktif kembali.

7 taman langit : sama2 ya...selamat idul fitri

Putri Amirilis : sama2 ya put...

Untuk sahabat semua selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin....

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..