Jumat, 19 Agustus 2011

Tumpeng Ngetril61 " Borobudur Mini "

Bulan Agustus pada tahun ini adalah bulan yang penuh dengan kegembiraan, karna dibulan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan. Dimana semua umat Islam sedang menjalankan Ibadah Puasa. Alhamdullilah sekali tentunya hingga hari ini kita masih diberi kesehatan dan kemurahan rejeki hingga dapat menjalankannya, karna itu jangan lewatkan malam-malam berikutnya yang banyak sekali keuntungan buat kita. Karna Allah akan memberikan HADIAH untuk kita semua yang tulus iklas melakukan kebaikan.

Disamping bulan Agustus kita menjalankan Ibadah Puasa, saya sekeluarga juga sedang merayakan hari kebahagiaan...dimana pada tanggal 1 Agustus adalah Hari Kelahiran suami saya yang ke 32 tahun, pada tanggal 7 Agustus adalah hari Ulang Tahun Pernikahan saya yang ke 6 tahun dan 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan RI yang ke 66 tahun. Rasa bahagia tak sampai disitu...masih berlanjut dengan Anak saya yang usianya kini 5 tahun sedang belajar menjalankan Ibadah Puasa meskipun hanya sampai jam 12 tapi dia begitu semangat sekali untuk menjalankannya dan Sholat Tarawih 11 rakaat yang tak putus dilakukannya....meskipun terkadang dia suka mengeluh “ Dini capek bu”.

Alhamdullilah rasa syukur yang tak terhingga disamping kebahagiaan ada pada keluarga kami , kebahagiaan juga diterima oleh keluarga sahabat. Salah satu sahabat itu adalah dia yang mungkin akan merayakan ulang tahunnya yang ke 61 ( hanya kira-kira semoga benar ), bisa di bilang bukan sahabat tetapi beliau adalah PakDe saya yang berada di Surabaya.

Karna itu untuk tidak menghilangkan dan melupakan moment penting di bulan Agustus tahun 2011 ini saya akan memberikan suguhan yang selalu dilakukan oleh orang jawa dalam menyambut perayaan hari bahagia , biasanya berupa Nasi Tumpeng.
Alhamdullilah Nasi Tumpeng karya saya selesai juga, karna bentuknya kecil-kecil sesuai keluarga kecil saya maka Nasi Tumpeng saya beri nama Tumpeng Ngetril61 “ Borobudur Mini “

Tumpeng Ngetril61 “ Borobudur Mini “


Untuk bahan dan cara membuatnya juga gak susah kok sahabat, jadi bagi pemula gak usah khawatir bakal gagal karna saya akan memberikan resep mudah murah meriah untuk sahabat di bawah ini.

Tumpeng Mini

Bahan-bahan :

1. Beras 450 gram
2. 1/2 kelapa parut ambil santannya
3. 3 kunyit kupas kulitnya di bagi 2 bagian
4. 2 lembar daun salam
5. 1 buah serey
6. Sedikit garam

Cara membuat :

1. Beras di cuci bersih kemudian masukkan santan setinggi ukuran 2 garis tangan , irisan kunyit, daun salam , serey dan garam
2. Setelah semua jadi satu masak hingga mengering dan matang, angkat pindahkan ke dandang kukusan yang sudah diberi air
3. Nasi kuning siap di sajikan.

Nasi tumpeng tidak akan meriah bila tidak disajikan bersama kawan-kawannya...karna itu kita juga harus menghadirkan kawan-kawannya yaitu : Mie Goreng, Urap, Perkedel Kentang Mini , Roda Telur Mini , Sambal Goreng Tahu dkk juga kerupuk.

Mie Goreng Sosis

Bahan – bahan :

1. Mie telor atau mie kriting ( bisa juga menggunakan indomie goreng 2 bungkus , bila sahabat malas untuk membuat bumbu halus).
2. 2 buah sosis di potong bulat2 kecil
3. 2 buah bakso ikan dipotong bulat kecil
4. sedikit irisan daun sop dan daun bawang

Bumbu halus :

1. 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, sedikit merica, 1 buah kemiri.

Cara membuat :

1. Mie direbus terlebih dahulu, tiriskan
2. Bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak, kemudian disusul dengan bakso dan sosis.
3. Masukkan mie goreng aduk rata beri sedikit masako atau penyedap rasa, taburkan irisan daun sop dan daun bawang
4. Aduk kembali dan siap di sajikan.

Jadi deh....Mie Goreng Sosisnya

Mie Goreng Sosis

Urap


Bahan-bahan :
1. Tauge 1000
2. Kacang panjang 1000
3. Kangkung 1000
4. 3 lembar sayur Kol ( semua sayur di rebut terlebih dahulu di mulai dari tauge, kacang, kol , kankung baru ke sayur2 lainnya, bila sahabat ingin menambahkan daun pepaya, daun ubi, cipir silahkan lebih enak dan mantap).
5. 1/4 kelapa parut.

Bumbu halus :

1. 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 10 cabe rawit, 2 cabe merah, 1 bungkus terasi kemasan yang 500, sedikit asam jawa, seruas kencur, sedikit gula merah dan gula putih.
2. Setelah halus campurkan dengan kelapa parut
3. Baru ditumis sebentar dengan sedikit minyak tambahkan 1 lembar daun jeruk, masako atau penyedap rasa sesuai selera
4. Angkat siap di sajikan bersama sayur.

Jadi deh....Urap sayur-sayuran.

Bumbu Urap dan sayur mayur yang sudah masak

Perkedel Kentang Mini

Bahan-bahan :

1. 2 buah kentang yang besar di rebus sampai empuk dan di haluskan ( bisa juga di goreng ).
2. Sedikit bawang goreng, irisan daun sop dan daun bawang
3. 1 butir telur.

Cara membuat :

1. Kentang yang sudah di haluskan beri sedikit merica halus, sedikit masako atau penyedap rasa, daun bawang, daun sop dan bawang goreng...aduk rata dan bikin bulat2 kecil seperti bola.
2. Setelah selesai bola kentang di masukkan kedalam kocokan telur dan goreng hingga kecoklatan.
3. Angkat siap untuk di sajikan.

Roda Telur Mini

Bahan- bahan :

1. 2 butir telur di kocok lepas , sedikit garam dan goreng menggunakan teflon
2. Masak angkat dan di gulung dari ujung yang satu kesatunya lagi.
3. Dipotong-potong menjadi roda
4. Siap untuk di hidangkan.

Jadi deh... Perkedel Kentang Mini dan Roda Telur Mini


Perkedel Kentang dan Roda Telur Mini


Sambal Goreng Tahu dkk

Bahan – bahan :

1. 1/2 buah tempe potong dadu
2. sedikit teri medan
3. 2 buah tahu dipotong dadu ( semua di goreng hingga kecoklatan )

Bumbu halus :

1. 10 cabe merah
2. ½ tomat merah
3. 1 siung bawang merah
4. 2 siung bawang putih.

Cara membuat :

1. Masak bumbu halus dengan minyak goreng sampai matang, beri seikit gula putih, masako.
2. Setelah masak angkat diamkan sebentar
3. Baru masukkan irisan tempe goreng, teri medan, tahu goreng aduk rata dan siap untuk di sajikan.

Jadi deh....sambal goreng tahunya


Sambal Goreng Tahu dkk

Mudah kan …..kalau sahabat merasa sulit atau banyak sekali pelengkapnya sahabat bisa mengurangi salah satu menu pelengkapnya. Dan ? Resep Nasi Tumpeng yang saya buat di atas bisa di nikmati untuk 4 orang tapi kalau lauk pauknya bisa lebih......

Nah ini dia Tumpeng Ngetril61 " Borobudur Mini ", 1 porsi Tumpeng Ngetril61 saya berikan kepada PakDe Cholik yang sedang punya hajatan dalam Mengadakan Kontes Tumpeng Ngetril61.

Tumpeng Ngetril61 " Borobudur Mini "

Karna itu saya sengaja mendaftarkan diri untuk tulisan ini diikutsertakan dalam acara Tumpeng Ngetril61 yang diselenggarakan oleh PakDe Cholik di Surabaya.



Selamat mencoba, Selamat menikmati, dan Selamat Ulang Tahun yang ke 61 untuk PakDe atau Bude Ipung atau sopolah seng merayakannya ….semoga panjang, umur , sehat selalu dan dimurahkan rejekinya. Amin.

Salam hangat dari Bintan - Riau.





26 komentar:

Pakde Cholik mengatakan...

Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
Akan langsung saya catat
Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Dari Surabaya saya kirim salam hangat

advertiyha mengatakan...

Wow kereeeeen... cantik banget tumpengnya mbak.. jadi ngeces pagi2 gini.. hehehe (untung lagi gak puasa..) hehe...
moga sukses boyong hadiah.. *kirim-kirim tumpeng kerumah ya...*

sering mondar mandir tapi aku baru mampir,, hehe...

Nia mengatakan...

wuiihhh udah jadi aja tumpengnya..
keren mom tumpengnya....
smoga menang yachhh...

Orin mengatakan...

Wahhh...judulnya pas bgt bu...dan sepertinya maknyus hohoho... Sukses ya bu ngetrilnya, saya blm bikin huhuhuhu

monda mengatakan...

tumpeng model Borobudur, cantik bun
idenya oke banget

Muhammad A Vip mengatakan...

satu tumpeng untuk satu orang bu? wah, langsung tidur seusai makan.

niQue mengatakan...

huaa mau dong urabnya ...
kirimin yaaa ...
jadi inget lomba bikin tumpeng di trans tadi malam, sepertinya tumpengku paling sepi hihihi ...

sukses yaaa

Sofyan mengatakan...

wah ternyata bulan Agustus adalah bulan special buat Bu Dini....

Sukses dengan kontesnya ya Bu....

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Wallah BUnda.....
kagak nahan...liat yang begituan...
mak glek' ludah ketelen, perut kelipet ngileeer...

Yaa, ALlah Bunda DIni menggoda dengan makannya
hi hi hi

kado untuk ayah mengatakan...

wah ...

pergedel kentang ama mie gorengnya mao donk .....
tumpengnya cantik ya ..

hehee ..
goodluck ya :)
salam kenal ..

DewiFatma mengatakan...

Aku nggak berani ngelawan Mulyani kalo soal masak memasak. Pasti maknyosss..hehe.. Ntar kalo menang, minjam bukunya yaaa...hihi..

Mul, itu beras untuk nasi kuning beneran 450 liter? Banyak amat.... Aku bikin 1 liter aja, nggak habis bertiga. Dibagi-bagi tetangga ya? Kok gak manggil akyuuuu??? :D

Lily Simangunsong mengatakan...

pasti enak nih bun...hmmmm laperrrrrrrrrrrrrrrrr....

Tarry KittyHolic mengatakan...

Eh bunda, berasnya ga salah tuch ksh ukuran? Liter apa gram yak? Hehe

Unik n enak2 lauknyaEh bunda, berasnya ga salah tuch ksh ukuran? Liter apa gram yak? Hehe

Unik n enak2 lauknya

Art Blogger mengatakan...

Sepertinya lezat banget ini,. jadi ngiler ngelihatnya,.

ita mengatakan...

tumpengnya cakep..
boleh nyendok barang 2kali nggak :P

Lyliana Thia mengatakan...

wah ternyata banyak event di bulan Agustus ini yah Mbak... ^_^

Ide tumpengnya unik nih.. modelnya Borobudur.. *wah aku mentok, model apa yah?!* hihihi...

sukses selalu utk Mbak Mulyani dan keluarga...^_^

Majalah Masjid Kita mengatakan...

woww keren banget... namanya juga lucu....... ngetril ckkckckckck..

dunia kecil indi mengatakan...

aiiih, lucu banget tumpengnya, hihihi.. imut :D

attayaya-gajah mengatakan...

abis imsyak
sesudah subuh
eeeh ngeliat postingan ini
kok aku jadi laper ya???

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Di sini ketemu tumpeng juga. Tapi yang ini penuh dengan telor dan sayur, mantap deh...

Elsa mengatakan...

minder aku ngeliatnya Mbak

top banget deh

Lidya mengatakan...

semua peserta mempersiapkan tumpengnya dengan seksama ya

Prasetyo mengatakan...

Nice blog posting

Dont forget to visit me back, wokey !!!

catatan kecilku mengatakan...

tumpengnya bagus mbak.. aku malah belum pernah buat tumpeng nih :)

IbuDini mengatakan...

Untuk yang mengatakan tumpengku canti terimakasih banyak .....

Mb Dewi : heheheh salah kak wi ukurannya gram, kalau liter bisa satu kampung yang makan.

Rak Stainless mengatakan...

Yummy.....mantab mas ndro...pesen satu...kidding

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..