Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Mudik Pengguna Sepeda Motor.

Kalau bicara soal Bulan Ramadhan pasti kita akan menjalankan ibadah Puasa, habis puasa 1 bulan .... hal yang paling ditunggu-tunggu apalagi kalau bukan hari raya Lebaran ...nah kalau bicara soal Lebaran kebanyakan kita semua pasti pada mudik kekampung halaman. Ada yang menggunakan pesawat terbang , kapal laut, mobil, sepeda motor , sepeda dan banyak lagi. Tips Mudik pulang kampung ini yang harus disiasati oleh para pemudik.....ya supaya semua berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Bagi sahabat yang gak pulang kampung mungkin agak santai, tapi bagi sahabat yang tiap tahunnya pulang kampung disaat lebaran ( kayak saya ) jangan takut untuk melakukannya...meskipun mudik menggunakan sepeda motor.

Inilah enaknya lebaran, selain kue-kue yang beraneka macam rasa dan bentuk, ketupat beserta kawan-kawannya, di tambah lagi mudik menjadi ciri khasnya. Untuk itu sebelum kita mudik pulang kampung , pastikan sahabat semua sudah mempersiapkan segalanya dari bawaan barang dan kondisi kesehatan. Yang terpenting jangan sampai ketinggalan siaran atau kabar tentang jalur perjalanan yang aman di beritakan oleh Pemerintah , supaya kita bisa sampai ke kampung halaman dengan aman, nyaman dan selamat.

Saya ada beberapa Tips Mudik pengguna sepeda bermotor ( biasanya ini yang gak punya mobil hehehhe kayak saya )...meskipun saya tidak yakin apakah hal ini nyaman buat sahabat tapi insyaallah bila kita melakukannya dengan hati-hati, tenang serta disiplin maka kita akan sampai dengan selamat di kampung halaman.

Tips Mudik pengguna sepeda motor , biasanya pengguna sepeda motor ini menuju kampung halaman yang tidak terlalu jauh tapi tidak ada salahnya bila kita memperhatikan hal-hal berikut:


1. Pastikan kendaraan kita baik digunakan, periksa dari segi mesin, rem, oli , ban, semua hal dalam keadaan baik. Bila ada yang harus di ganti maka segeralah mengganti dan bawa kendaraan untuk di servis terlebih dahulu.

2. Minyak terisi full , STNK, SIM dan surat-surat yang diperlukan jangan sampai tertinggal.

3. Kurangi bawaan barang yang tidak di perlukan, karna itu bawalah barang-barang sesuai kebutuhan kita selama beberapa hari di kampung halaman.

4. Penyusunan baju hendaknya di mulai dari yang besar di bawah sampai keatas barang-barang kecil seperti Celana, baju, pakaian dalam dan lain2.

5. Sebelum baju di susun rapi kedalam tas hendaknya dilapisi dahulu dengan plastik besar bagian bawah ditutup kembali bagian atas untuk menghindari dari kehujanan di jalan atau bila perlu susun barang bawaan kedalam kantong ukuran besar baru masukkan kedalam tas ( ini lebih aman meskipun hujan pakaian tetap kering hanya tas aja yang basah ).

6. Pastikan jangan membawa tas lebih dari 3 karna kapasitas motor dan mobil sangatlah berbeda...cukup 2 tas saja. Satu tas untuk bawaan baju dan satu tas lagi untuk oleh-oleh dan keperluan di jalan seperti obat pusing dan mabuk, air minum, susu anak ( bagi yang punya anak ), handuk ukuran sedang, minyak kayu putih, bedak dll ( pastikan dalam ukuran sedang ) , dan jangan lupa Mantel/ Jas Hujan Baju untuk suami, kita dan anak ( sapa tau hujan di jalan tiba2 ).

7. Periksa kembali seisi rumah ...pastikan semua dalam keadaan aman di mulai dari keran yang menetes, lampu, pintu dan lain2 aman untuk ditinggal.

8. Gunakan Jaket atau switer untuk pelindung kulit, sarung tangan dan helem pelindung kepala.

9. Berdoa keluar rumah, langkah kaki kanan kunci pintu pagar....Berdoa naik kendaraan dan mulailah perjalanan mudik kita. Karna kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama kita di perjalanan.

10. Jangan paksakan bila kondisi tidak memungkinkan, karna itu istrirahatlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan dan beristrirahatlah sebentar bila sudah melakukan perjalanan untuk menghilangkan lelah.

Akhinya....tibalah di kampung halaman yang di nanti-nanti, jangan lupa untuk periksa kembali kendaraan kita, dan lakukan persiapan yang sama saat kita akan kembali kerumah idaman.

" Repot ya ? makanya beli mobil biar gak repot atau pilih naik Bas, travell dan jasa angkutan lainnya dijamin gak kehujanan kalau hujan tiba-tiba.

Tapi sahabat....jangan jadikan ini semua repot bagi kita, justru kita harus bersyukur walaupun dengan sepeda motor kita masih bisa di bawa kemana-mana olehnya. Tanpa kita sadari Kendaraan milik kita apapun itu bentuknya jasanya sangat banyak bagi kehidupan kita.

" Kenapa gak! bila Mudik lebaran dengan sepeda motor jauh lebih menyenangkan.” Ini saja yang saya bisa saya bagikan tentang tips mudik pengguna sepeda motor....bila ada yang kurang atau kurang praktis mungkin sahabat bisa mengurangi dan menambahkannya asal dalam hal kebaikan, aman dan selamat.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Aduk PakDe Cholik di Surabaya...semoga hari ini kita masih bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik hingga di hari kemenangan. Selamat menjalankan Ibadah Puasa....dan

Selamat Mudik Lebaran??



21 komentar:

yuniarinukti mengatakan...

Mbak.. judul kita hampir sama TOS dulu deh.. hihi..

Sofyan mengatakan...

terima kasih tip's nya Bu heheh...berguna banget untuk saya

Semoga menang ya Bu dengan aduknya,,

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Bunda,
Jadi inget taon lalu, waktu itu masih ada Beliau
tapi sekarang ga kemana-mana dirumah aja.

Ttg tas, kalo aku cuma bawa 1 itupun carier, biar simple, cuman yang kufikirkan bila berat, pegel juga ini tangan, kesian juga anak sama ibunya.

Ada tempat favorit buat istirahat saat berangkat maupun pulang, tapi perlu juga di fikirkan jam berangkat / pulang biar ga kita ga ketemu sama macetnya jalan terlebih di P. Jawa

Oke gitu - bye.

Lidya mengatakan...

jangan lupa menyalakan lampu sepeda motor bun, ada ketentuannya seperti itu sekarang walaupun disiang hari

Orin mengatakan...

Ibuuu...aku pernah jg naik motor pulang ke rumah, touring gitu sama temen2, dan berhasil membuat dimarahin Mamah hihihi...

amela mengatakan...

Banyak yang bahas mudik pake sepeda motor ya.. kalau saya sih belum pernah,, jarak jauh soalnya...
Sukses juga buat ADUKnya ya Bund..

puteriamirillis mengatakan...

tipsnya oke banget..tp anak saya masih kecil saya ga berani mudik pake motor ibu,,,salam saya ibu,,,

keluarga zulfadhli mengatakan...

Dear,

nah ini yang paling banyak di pake orang bekasi dan jakarta kalo mudik sekarang karena lebih praktis dan murah..... tips,nya lumayan jitu juga... tapi di kalimantan orangnnya jarang mudik pake motor... karena jauh banget seperti dari putusibau ke pontianak itu sekitar 900 km.... nah.. kebayang kalo pake motor kan.... haaa.... kalo dari singkawang - pontianak kita sering pake taksi aja... hanya 70 ribu per head.... dijemput di rumah dan diantar ampe tujuan.... aman dan lumayan murah.... selamat dan sukses ikut kontes....

Dhymalk dhykTa mengatakan...

wah jd kangen mudik naik motor bunda..
sayang tahun ini gak ada plan by motor, tipsnya kudu dilaksanakan..siaappp !!!

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah, tips ya lengkap nih, gud lak aja wes,,,hehehehe

Pakde Cholik mengatakan...

Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
Akan langsung saya catat
Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Dari Surabaya saya kirim salam hangat

DewiFatma mengatakan...

Aku gak bisa mudik pake motor..hahah..
Kecuali mudik ke rumah mertua di Sebung dan Pinang. Caca tidur aja tuh selama di motor. Emaknya yang capek nahan kepalanya :D

Lyliana Thia mengatakan...

setuju Mbak.... apapun itu yg kita miliki hrs disyukuri yah Mbak... org yg terbiasa berfikir repot pasti naik apa aja jadi repot... jadi dibawa fun aja deh.. hehehe... semoga mudik besok menyenangkan yah Mbak :-D

pri crimbun mengatakan...

moga menang ya mbak.... salam

Doggy oh doggie mengatakan...

wahhhh bagus nih buat saya tipsnya. tiap mudik gak hanya pas lebaran emang sll pake armada motor, abisnya gak punya mobil dan kalau pake bus umum bisa² keluar jadi tape...acemmmmm xixixixi

Cikal mengatakan...

Jadi pengen cepet'' mudik nieh,,
tipsnya bagus bun,,.
makasi ya,.

Bunda Loving mengatakan...

Wow..punya tip yg ok nih...
tetangga ku banyak yg mudik naik sepeda motor...moga nanti saat kuberitahu pd mereka jd bermanfaat..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah kontes lagi. moga berhasil ya sis

attayaya-cerpen mengatakan...

hadddddoooh semua pada mosting tentang mudik
huaaa... aku mau mudik kemana ya???

IbuDini mengatakan...

Untuk yang bilang bagus tips ini terimakasih banyak, meskipun ada yang paling bagus....

Untuk konters ini selamat juga utk para pemenangnya..

Hmmm iya udah gak sabar mau mudik lebaran.

Rian mengatakan...

dan jangan ugal-ugalan pada saat berkendara :)

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..