Kamis, 04 Agustus 2011

Dini, Puasa dan Tetangga

Hari ini adalah hari ke 4 Dini belajar puasa...alhamdullilah lah , lumayan meskipun hanya sampai jam 12 tapi dia masih semangat untuk berpuasa dan ke masjid untuk Sholat Tarawih.

Awalnya aku berharap Dini bisa kuat ikut puasa 1 hari dan ternyata ngak, kata pengasuhnya jam 11 kurang udah minta makan....akhinya di hari pertama dia buka jam 11. Lanjut di hari kedua, ternyata ada kemajuan naik 1 jam lagi jadi bisa sampai jam 12....begitu juga di hari ketiga hanya bisa sampai jam 12 karna mulai Rabu dia udah kesekolah lagi mengikuti Pesantren Kilat mungkin capek jadi gak tahan untuk bisa nambah 1 jam kebawah. Habis jam 12 buka ...trus tidur dan lanjut lagi puasanya....( lucu-lucu )

Untuk Sholat Alhamdullilah Dini bisa diacunngin jempol, kalau tidak langsung tidur subuhnya masih bisa sholat berjama'ah, begitu juga Magrib dan Isya belum pernah absen. Untuk Sholat Zuhur dan Ashar dia melakukannya sama Nenek di tempat pengasuhnya.

Untuk jadwal mengaji alhamdullilah dia juga gak protess meskipun dia pernah bilang " bu, Dini liburlah mengajinya ". Tapi karna sengaja aku meminta untuk tetap mengaji akhirnya dia mengaji sendiri sama Umi. Karna jadwal mengaji ikutan libur juga seperti libur sekolah, takutnya 1 bulan tidak mengaji bisa-bisa dia lupa lagi.

Untuk Sholat tarawihnya juga masih lancar sampai tadi malam, tapi terasa capek kalau masuk satu atau dua salam terakhir dan sholat witir pasti dia udah protes minta berhenti dan baring " Bu...Dini ngantu sama capek. Ya sudah gak papa....duduk diam atau baring aja. Karna itu sengaja aku ambil posisi paling sudut jadi kalau pas kebetulan dia udah capek jadi tidak memutuskan saf sholat.

Untuk sahur...awalnya dia ngantuk2 tapi aku paksa buat bangun dan duduk, karna ngantuknya jadi makannya sambil baring bantalnya sedikit di tinggikan. Dalam keadaan kerdip-kerdip setengah tidur setengah sadar baca doa makan sama niat puasa.....tiba masuk suapan ke 3 atau 4 baru matanya mulai terbuka. Selesai makan minum air putih satu gelas, dan selang 10 menit minum susu satu gelas....sambil nunggu subuhan dia selalu dengerin lagu membaca, nahh kalau udah subuhan dia agak seger jadi mau di ajak jalan2 pagi. Tapi hari ini dia langsung tidur....capek mungkin.

Sekarang dia sudah sedikit tau..apa saja yang gak boleh dimakan ketika puasa. Setelah 3 hari terlewati dia tau kalau makan, minum , minum susu itu tidak boleh...kalau mau masuk surga jadi harus puasa dan gak boleh makan katanya. pertama-tama begitu masuk awal puasa dia selalu bertanya :

Dini : bu kalau puasa eek ( BAB ) boleh , bu boleh main gak....bu nanti dini boleh dengerin lagu, Menulis boleh gak bu. Nonton ipin upin boleh....bu. Mandi boleh gak bu....., main rumah mela boleh bu....( pertanyaan yang bertubi-tubi ).

Ada cerita lucu : semalam sore pas pulang kerja seperti biasa aku beres-beres rumah dan dia main sepeda di depan rumah. Disana dia melakukan percakapan dengan tetangga depan yang punya anak bayi ( dini paling suka apalagi bayinya cewek ).
Jadi Dini bertanya : tante..tante puasa, jawab tante yang punya bayi...' gak Din, tante gak puasa.

Dini : ihhhh gak bolehlah gak puasa nanti Allah marah, kata ibu kalau gak puasa itu nanti masuk api neraka lho...panas ada apinya.
kalau puasa itu masuk surga ..disurga itu dingin, enak ada banyak buah ...ada sate juga kata ibu.

( anakku gak sopan .....jadi tetangga ku teriak , mamak Dini....mamak Dini kata dini gak puasa masuk neraka sambil ketawa ngakak tetanggaku itu..... hehehheheheh ).

Dini ku yang lucu dan mengemaskan...semoga sehat selalu ya Nak.


11 komentar:

Mama Kinan mengatakan...

Hehehe...kakak dini pinter..walah walah..untung tetangganya baek yo..hehehe.:) masih ngekek ngekek nieh....walah kayak kita jaman kecil pas puasa..selalu tanya ..ini boleh tak ini boleh tak..itu boleh tak...hehee....mungkin nanti kalo kinan gede juga kayak kak dini yah..
wah kak dini rajin yah sholatnya..:) senangnya ..
mbak makasih banget yah buahnya..udah dimakan kemarin...enak rambutannya..sawo-nya kita tunggu dulu matang ..wah kinan pasti suka..suka sama sawo dia..empuk mungkin yah..:)..kemarin pas ditanya sama ayahnya "Buah apa itu dek?" dia jawabnya.."Apa tuh yah...buah kayak rambut" hehehe dia suka lupa kalo mau menyebut rambutan jadi keluarlah kata kata itu.."buah kayak rambut"hehehe..:)
Jazakummullah khairon yah mbak yani..:) Allah yang mbales, semoga rejeki selalu terlimpah untuk mbak yani sekeluarga *amien

Lidya mengatakan...

Dini pintar ya, kalau ga puasa masuk neraka :)

Elsa mengatakan...

HEBAAAAAAAAAAAAAT
kakak Dini udah puasa sampe jam 12
pinter banget Mbak.....

untuk umur segitu, udah hebat banget loh

Baby Dija mengatakan...

hihiihih malu deh sama kakak Dini

soalnya Dija gak puasa
hihihi

Sofyan mengatakan...

Hehehe,,,selamat ya Bu, Dini sudah belajar puasa,,,

Dhymalk dhykTa mengatakan...

good job dini, do it , u can!!!

niQue mengatakan...

hehehe Dini masih polos ya
gpp, pasti tetangga juga ngerti dong
kan Dini belum ngerti hehehe

semoga puasanya Dini bisa sampai akhir ya!

hilsya mengatakan...

hebat dini udh belajar puasa..
tingkah anak-anak emang polos..lucu..

h35ti Ibunya Zidan mengatakan...

Sama nih dengan anak saya, kami juga mengajarkan dia untuk berpuasa sejak kecil, dan Alhamdulillah dia pun senang dan ikhlas menjalaninya... :D
Selamat menjalankan ibadah puasa ya bunda!

Lyliana Thia mengatakan...

pasti tetangganya geli mendengar celotehan Dini yang lucu yah MBak... hihihi.,..

salut eh sama usaha Dini utk makan sahur... dan berpuasa sampai tengah hari... subhanallah yah... pasti Mbak Mulyani bangga banget deh... ^_^

mudah2an semangat Dini berpuasa bisa menular ke Vania... amin... ^_^

IbuDini mengatakan...

Mama Kinan : sama2 mb..kebetulan pas ada, dan tetangga semua kebagian...kecuali tetangga kantor hehehe.

Lidya : hehhe

Elsa : alhamdullilah tante
Dija : adek Dija kan masih kecil

Sofyan : iya Kang
Dhiktyamakasih Om

Nique : heheh
Hilsya : iya
Ibu Zidan : iya bun...
Lyliana : amin...amin

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..