Senin, 04 Oktober 2010

Tips Bagi Ibu Pekerja

Biasanya aku selalu kerepotan bila menghandle pekerjaan rumah di pagi hari, dari membersikan rumah, membuat sarapan, pakaian Dini, bekal Dini dan lainnya.
Maklum aku adalah ibu sekaligus pekerja, dikarenakan tidak ada pembantu jadi semua kerjaan rumah aku yang kerjakan.

Lima hari bekerja Senin ~ Jum'at, jatahnya Dini di asuh oleh Omanya, namun begitu aku selalu menyiapkan makanan untuk Dini makan siang. Begitu juga dengan pakaian...setiap pagi aku selalu membawa pakaian bersih dan sore hari aku bawa pulang pakaian kotor..

Kasihan juga bila Omanya yang harus mengurus semua...karna itu Oma dini hanya cukup menjaga dan memperhatikan saja...
Awalnya aku begitu kerepotan dan selalu saja kesiangan..sampai akhirnya aku sedikit menemukan cara termudah untuk menyiapkan sarapan dan makanan.

Sabtu ~ minggu adalah hari liburku, hari itu adalah hari kesempatanku untuk membuat stok makanan berupa sayur, lauk dan bumbu yang sudah aku cuci bersih tentunya dan simpan dikulkas...begitu juga dengan makanan apa yang akan dibawa dini kesekolah...

Sedikit cara yang membuat aku menjadi ringan :
1. Aku harus belanja berupa ikan, ayam, sotong, udang, ati ayam atau lain-lain bila perlu untuk stock selama 1 atau 2 minggu. Untuk sayuran biasanya stock 1 minggu.

2. Sebelum semua bahan disimpan sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu...dan untuk ikan, ayam agar mudah sebaiknya dibumbui terlebih dahulu..

3. Bila semua sudah bersih , baru bisa disimpan didalam kulkas...jadi kapan saja kita butuhkan semua sudah tersedia tanpa harus belanja setiap hari...

4. Untuk bumbu....biasanya aku sediakan bawang merah dan bawang putih stock 1 minggu yang sudah dikupas kulitnya dan cuci bersih tentunya.

5. Bumbu halus biasanya aku selalu menyiapkan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan sedikit cabe kering yang sudah aku haluskan dan aku tumis untuk disimpan didalam kulkas..jadi bila dadakan ingin membuat nasi goreng, atau sambal goreng aku bisa langsung memakainya tanpa harus mengulek atau blender bumbu pagi-pagi.

Dengan cara ini alhamdullilah aku tidak begitu kerepotan lagi bila harus memasak di pagi hari...sebelum kekantor...dan persediaan yang dibuat dalam satu wadah sebaiknya jangan terlalu banyak dan berlebihan cukup untuk dimakan 1 anggota keluarga.

Seperti ayam 6 potong, ikan 4 ekor...udang 4 ons dan menu lainya...begitu juga dgn sayur...1 wadah untuk 1 jenis sayuran...seperti sawi hijau, bunga kol, kangkung mungkin, sayur bayam juga..dan sayur lainnya..dgn wadah yang berbeda tentunya.

Ini adalah sedikit tips bagi ibu pekerja atau wanita karir yang semua dilakukan sendiri....Dan...bila sahabat ingin sehat, tahan lama dalam penyimpanan makanan sebaiknya gunakanlah Product-product yang terbuat dari Tupperware, Karna product Tupperware disamping cantik-cantik dan unik Tupperware juga sangat baik dan sehat untuk seluruh anggota keluarga kita.


Cara baik menyimpan Sayuran di dalam kulkas
Cara baik menyimpan Daging di dalam kulkas

Selamat mencoba

20 komentar:

Ladyonthemirror mengatakan...

tipsnya boleh juga dicoba...maklum suka acak adul dalam menyiapkan makanan sehari-hari..he..he..

dina mengatakan...

TIps yg berguna sekali bun, sama sy jg pekerja, toss dl hehe. Duluu anak2 pernah dititip neneknya, tapi skrng ama pengasuh, kasihan neneknya

catatan kecilku mengatakan...

Tips yg mantap mbak... ^_^

Senja mengatakan...

duhh rajin bgt mba ku ini,...makasih tipsnya ya mba...

sebetulnya gak beda jauh jg dgn cara saya,tp kalo sdg males ke pasar ya saya lebih suka nyuruh si mpok belanja di tukang sayur yg lewat dpn rmh hihihi....

IbuDini mengatakan...

Lady : semoga bisa mencobanya mb...insyaallah lumayan membantu..

Dina : toss juga ya..
Dini anak saya pernah juga sama pengasuh dirumah, ya mungkin karna pengasuhnya blm menikah jadi dia suka absen....akhirnya ke omanya lagi...

Mb Reni : makasih..

Senja : Wahhh kalau ada tukang sayur lewat didepan rumah enak..
Tempat mb warung gak jauh sih, cuma kalau musti belanja dulu tiap pabgi agak repot karna Dini sekolah masuk jam 7.30

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

rapi banget nih. sampai dimasukin ke wadah gitu.

pakde Cholik mengatakan...

suka duka wanita karir yo nduk
pokoke kelola dengan baik agar dua-duanya lancar.
salam hangat dari Surabaya

IbuDini mengatakan...

Fanny : Ya kalau tidak dimasukin ke wadah baunya makanan bisa kemana-mana...jadi gak nikmat rasanya..

PakDe : Iya PakDe...beginilah kalau ibu rumah tangga sekaligus pekerja ya PakDe...
Ya PakDe....
Salam hangat juga dari Riau

kira mengatakan...

kalo buat bapak pekerja apa buk?
hehehehehe

joe mengatakan...

istriku, tolong dicatat tips-nya ya...

IbuDini mengatakan...

Kira : apa ya...nanti dech di pikir dulu apa yg pas buat bapak2 pekerja...
soalnya suamiku cuma terima bersih aja tiap hari...Palingan bantu2 nyuci baju..hikhikhik..

Joe : iya mama Joe jangan lupa di catat ya..

dina mengatakan...

Mba, ada award buat Mba, silahkan diambil
http://bundadanaku.wordpress.com/2010/10/11/kenali-teman-anda/

IbuDini mengatakan...

Dina : Mb Dina makasih ya dengan segera akan kuambil

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met pagi..met beraktivitas

Arnie mengatakan...

Info dan tips yang bermanfaat,...thx yach??

IbuDini mengatakan...

Fanny : pagi juga fan..

Arnie : Salam kenal dan hangat...

Anonim mengatakan...

tips nya ok teh,tp klo mau rapih bgtu berarti harus beli wadah/toplesnya ya,hmmm mungkin baiknya pake tupperware...bisa tuh sekalian beli di penulis heee...

IbuDini mengatakan...

Dee : iya bener, kalau tidak menggunakan wadah tetep aja berantakan dan mencarinya sedikit kesulitan.
Meskipun tidak harus menggunakan product Tupperware tapi alangkah lebih bagus jika menggunakannya

fathonah mengatakan...

terimakasih untuk tipsnya... sepertinya fath juga harus segra menerapkan ini agar si ayah tidak perlu repot2 beli nasi kuning atau bubur untuk sarapan kami berdua... hehe...

IbuDini mengatakan...

fathonah : lebih cepat lebih baik...menerapkan isi sangat membantu kita dalam urusan rumah tangga ketika pagi hari.

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..