Rabu, 31 Maret 2010

Tips Pemilihan dan Pemeliharaan Barang

* Pilih bahan yang berkualitas baik, tidak berkutu, mencantumkan waktu kadaluarsa.

* Bila diwaktu lampau anda membeli bahan pas dengan yang anda butuhkan saat itu, cobalah sekali-kali anda membuat stok. Keuntungannya, anda tidak akan panik ketika membutuhkan barang yang di perlukan karena selalu tersedia. Terutama bila rumah anda jauh dari tempat berbelanja barang bermutu baik.

* Bahan seperti tepung, sebaiknya di sangrai dulu agar lebih tahan lama dan menghindarnya dari berkutu. Ketika menyangrai, beri daun pandan. Selain menambah harum, daun pandan juga dapat ,menjadi patokan kapan tepung cukup waktu menyangraiannya.

* Bila bahan makanan yang tersisa masih banyak, hal tersebut merupakan pemborosan yang sia-sia. Oleh sebab itu, masukkan kedalam wadah kedap udara begitu anda membuka kemasannya. Ada beberapa bahan makanan yang baik di perlukan extra, akan menambah aroma, di samping memperpanjang umurnya. Misalnya : kacang tanah, lebih baik dijemur dulu supaya tidak mudah tengik. Pilih gula jawa yang benar-benar kering.
Jangan meletakkan sendok di dalam wadah, agar bahan makanan tidak terkontaminasi dan selalu terjaga higienisnya.

* Tandai masing-masing wadah sesuai dengan isinya, misalnya dengan menempelkan label, untuk mempermudah dan mempercepat anda menemukan yang di butuhkan.

* Penting mempelajari dan memberikan informasi kepada anggota keluarga yang lain untuk mengetahui cara membuka atau menutup yang benar, juga tentang perawatannya, agar Tupperware Anda lebih tahan lama, dan bahan makananpun lebih tahan lama terjaga kualitasnya.

Sumber : Buku Tupperware
'Kulkas dan gaya hidup sehat

0 komentar:

Posting Komentar

Kunjungan sahabat sangat berarti buatku, terlebih lagi bila sahabat mau mengomentarinya....Terimakasih..